Di beberapa kesempatan Anda pasti pernah melamar sebuah pekerjaan yang mensyaratkan mengirim foto berformat JPG dengan membatasi ukurannya. Nah, jika Anda masih bingung bagaimana cara mengecilkan ukuran file JPG dengan mudah dan cepat. Berikut ini penjelasannya :

 

Compress JPG

 

Cara Mengecilkan Ukuran File JPG
Cara Mengecilkan Ukuran File JPG

Compress JPG adalah istilah yang sering digunakan untuk mengecilkan ukuran sebuah gambar dengan melalui beberapa proses. Tujuannya untuk memudahkan seseorang dalam melakukan upload di website agar tidak mengalami kegagalan.

Atau bisa juga untuk attachment pada email untuk menghindari loading yang terlalu lama. Seperti contoh gmail yang memberikan batasan sebesar 25MB untuk setiap file yang diupload. Apabila lebih dari itu maka harus menggunakan google drive.

Nah, jika Anda menginginkan agar file bisa diupload sebagai attachment. Maka compress file harus dilakukan. Apalagi jika nantinya file yang Anda kirimkan akan didownload oleh orang lain. Pastinya lebih memudahkan dan menghemat paket data.

Baca juga: 7 Tips Memilih Platform Email Blast Terbaik Untuk Bisnis

Juga bisa menghemat memori penyimpanan. Apabila Anda ingin memback-up data dalam jumlah yang banyak. Dengan melakukan compress, komponen, kualitas, atau informasi apapun akan tetap ada seperti halnya file original.

Contohnya pendaftaran CPNS yang dilaksanakan baru-baru ini. Panitia seleksi menetapkan ukuran maksimal file yang boleh diupload adalah 200 kb. Memang lumayan kecil, tapi hal ini sangat bermanfaat untuk penyimpanan data secara maksimal. Apalagi dengan pendaftar yang lumayan banyak. Sehingga bisa menghindari eror pada website.

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara mengecilkan ukuran file jpg. Simak penjelasan di bawah ini

Cara Mengecilkan Ukuran File JPG

Mengecilkan JPG pada umumnya bisa dilakukan melalui tiga cara. Yaitu offline dengan komputer, website, dan aplikasi Android. Biasanya jika menggunakan website, Anda tidak hanya akan mendapatkan fitur compress saja. Tetapi juga lainnya seperti menggabungkan, memotong, dan mengubah jpg menjadi format lain.

Apabila dilakukan secara offline langkahnya lebih cepat serta bisa menghemat kuota internet. Berikut ini adalah cara mengecilkan ukuran file jpg menggunakan aplikasi komputer/laptop :

1. Mengecilkan Ukuran Foto Menggunakan Adobe Photoshop

Adobe photoshop logo
Adobe photoshop logo

Cara yang pertama terlebih dahulu Anda harus menginstall aplikasi adobe photoshop pada komputer/laptop. Apabila sudah punya, tinggal dibuka saja. Dan ikuti langkah di bawah ini :

  • Klik file, kemudian open. Pilihlah gambarmana yang akan Anda kecilkan ukurannya
  • Setelah itu buka file lagi. Kemudian klik menu save for web. Lalu akan muncul pop up window. Dalam photoshop Anda hanya perlu memperhatikan tiga hal yaitu quality, preset dan image size
  • Lihat ke Preset, pastikan yang digunakan adalah “JPG Medium” dengan quality medium
  • Kemudian Anda dapat mengatur ukuran gambal. Misalkan 1920 x 1282
  • Kemudian klik save
  • Anda juga melihat estimasi ukuran pada preview gambar bagian kiri bawah layar photoshop

Lebih baik gunakan aplikasi adobe photoshop tahun 2019. Karena pada keluaran Tahun 2015. Menu “save for web” belum disediakan.

2. Paint

logo ms Paint
logo ms Paint

Salah satu aplikasi bawaan microsoft windows ini juga bisa menjadi alternatif apabila Anda tidak memiliki aplikasi adobe photoshop. Berikut ini caranya :

  • Buka aplikasi paint
  • Klik file, lalu open dan cari gambar yang ingin dikecilkan
  • Klik tombol resize
  • Kemudian isikan ukuran yang Anda inginkan. Misalkan horisontalnya 6016 dan vertikal 4016
  • Jika sudah kemudian klik oke
  • Simpan gambar dengan mengklik menu file lalu save as
  • Atau bisa juga menggunakan ctrl S
  • Namai file sesuai dengan keinginan

Bagaimana,cukup mudah kan? Lalu bagaimana mengecilkan ukuran jpg secara online menggunakan website? Anda bisa menggunakan tinyjpg, i love img atau compreesjpeg. Simak penjelasannya di bawah ini :

 

3. Tinyjpg

Website ini dibilang sangat sederhana. Anda cukup membukanya. Kemudian unggah gambar yang ingin dicompress. Boleh lebih dari satu. Tunggu prosesnya, kemudian jika sudah selesai, Anda bisa langsung mengunduhnya dengan mengklik menu download. Anti ribet kan?

 

4. I Love Img

Pada website ini, Anda akan menemukan banyak menu. Tidak hanya compress tetapi juga resize, crop, convert, photo editor, watermark, dan masih banyak lagi yang lainnya. Klik “compress image”. Kemudian “select image”. Sama seperti tinyjpg, Anda juga bisa mengupload beberapa gambar sekaligus.

Tunggu prosesnya. Kemudian klik menu “compress image” di sebelah kanan bawah. Dan selesai, file ukuran jpg kecil tanpa mengurangi kualitas bisa Anda download.

 

5. Compressjpeg

Sama dengan lainnya, Anda hanya cukup mengetikkan “compressjpg.com” pada mesin pencarian. Lalu pilih menu unggah file. Anda bisa meletakkan maksimal 20 file jpg sekaligus. Tunggu prosesnya, hingga semua terkompres dengan sempurna. Lalu klik menu “unduh semua”.

Baca juga: 13 Situs Pembuat Logo Online Untuk Mempercantik Tampilan Website

Anda bisa mendownloadnya secara terpisah. Atau sekaligus dengan format ZIP. Sekedar catatan, jika menggunakan website ini Anda bisa mengontrol kualitas gambar. Dengan cara menggunakan thumbnail untuk mengaktifkan mode manual.

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa menggunakan andoroid untuk mengecilkan gambar. Tapi memang caranya lebih ribet dibanding offline atau website di atas :

 

6. Aplikasi Resize MyPic

Berikut ini langkah-langkahnya :

  • Install aplikasi Resize MyPic di smartphone Anda baik melalui play store atau app store
  • Pada menu awal Anda akan disuruh untuk memilih gambar mana yang akan diperkecil ukurannya. Bisa foto langsung atau mengambil dari galeri
  • Klik ikon empat tanda panah yang ada di kiri atas
  • Anda bisa bebas memilih size yang diinginkan
  • Klik icon save
  • Kemudian selesai

 

7. Aplikasi Photo Compress

Berikut ini yang harus Anda lakukan :

  • Install aplikasi photo compress di play store
  • Pada dashboard Anda akan diminta untuk mengunggah foto. Sama dengan sebelumnya, bisa mengambil dari galeri atau langsung foto kamera
  • Klik resize, Anda bisa mengaturnya. Misal di awal ukuran foto Anda adalah 1000 x 1000. Bisa diperkecil menjadi 500 x 500.
  • Klik resize lagi

Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk memperkecil. Tapi juga mengurangi kualitas foto. Pilihlah kualitas dari yang rendah hingga tinggi dengan menggeser ke kanan dan ke kiri. Klik compress. Jika sudah klik save dan foto yang sudah dikecilkan tersimpan dalam galeri.

 

8. Aplikasi Qreduce Lite

Aplikasi yang satu ini adalah yang paling direkomendasikan. Karena Anda bisa langsung mengetikkan ukuran yang diminta. Tanpa mengubah sizenya. Caranya cukup gampang.

  • Install aplikasi Qreduce Lite di android
  • Kemudian klik pilih foto
  • Lalu ketikkan ukuran yang diinginkan
  • Klik Mulai
  • Klik save

 

Kesimpulan

Itulah beberapa trik cara mengecilkan ukuran file jpg. Metode mengecilkan file foto secara online biasanya merupakan cara yang paling banyak digunakan karena lebih praktis tanpa perlu instalasi sotware. Selain itu, Anda juga tidak perlu bingung lagi karena berbagai kemudahan yang ditawarkan. Atau, juga bisa menjadi peluang usaha dengan membuat website tandingan yang dilengkapi dengan fitur yang belum disediakan pada beberapa website di atas.

Bicara soal website untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, Qwords.com sendiri memiliki layanan VPS Indonesia berkualitas yang lumayan terjangkau dari egi harga. Dengan menggunakan VPS sebagai server penyimpan file situs Anda, maka akses dan resource yang didapatkan otomatis bakal semakin besar meski diakses oleh banyak orang.

Jadi, tunggu apa lagi, segera cek paket VPS Murah di Qwords.com untuk mendapatkan penawaran ekstra khusus untuk Anda.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *