PDF merupakan salah satu format dokumen yang paling banyak digunakan setelah DOC. PDF dipilih karena salah satu keuntungannya file yang dikirim tidak bisa dirubah lagi, berbeda dengan format DOC saat dibuka pada komputer/laptop lain bisa berubah karena berbagai hal.

PDF (Portable Document Format) menurut Wikipedia adalah format berkas buatan dari Adobe Systems pada tahun 1993 dengan tujuan pertukaran dokumen digital. PDF bisa memuat file berisi teks, huruf, gambar dan juga vector.

Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200kb
Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200kb

PDF sampai sekarang ini banyak digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen, bahkan untuk syarat melamar kerja biasanya pihak recruiter meminta pengiriman file dalam bentuk PDF dengan ukuran yang kecil. Ini dilakukan agar file yang dikirim lebih cepat, tidak ada perubahan isi dan saat dibuka file PDF bisa lebih ringan karena ukurannya yang kecil.

Contoh saja saat keperluan melamar kerja Anda disuruh untuk melampirkan scan ijazah, transkrip nilai, KTP dan berkas lainnya dalam bentuk PDF. Caranya gampang Anda tinggal melakukan scan semua berkas tersebut, tetapi yang jadi masalah ukurannya sudah ditentukan misal dibawah 200KB. Nah kalau sudah seperti ini Anda perlu mengecilkan ukuran file PDF dengan cara dikompress.

Keuntungan File PDF Kecil

Sebelum melanjutkan ke cara kompres file PDF, ada beberapa keuntungan memiliki file PDF dengan ukuran kecil. Jika tidak dilakukan compress file, ukuran file PDF bisa mencapai puluhan MB bahkan ratusan MB tergantung dari tulisan, banyak gambar dan halaman.

Nah berikut keuntungan file PDF yang kecil:

  • Lebih mudah dibuka karena tidak banyak load file yang ada pada file PDF.
  • Untuk urusan copy, file PDF lebih cepat jika dibandingkan jenis file lain.
  • Lebih responsive dokumennya
  • Lebih cepat saat attachment file pada email
  • Aman dari batasan attachment file pada gmail yaitu 25MB
  • File PDF lebih fleksibel bisa dibuka dimana saja

Lalu bagaimana cara merubah file PDF menjadi ukuran yang lebih kecil? Tetapi perlu dicatat bahwa tidak semua file bisa dibawah 200KB, jika isinya banyak halaman dengan gambar, untuk mencapai 200KB rasanya sulit, tetapi jika tidak banyak dokumen dan gambar untuk bisa mencapai ukuran 200KB sangat mudah, bahkan bisa dibawah 200KB.

Baca juga : Cara Merubah PDF ke Word Dengan Mudah

Silahkan simak pembahasannya dibawah ini:

Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200KB Online

Cara compress file PDF yang pertama adalah menggunakan sistem online, jadi Anda hanya perlu upload file dokumen saja kemudian akan dikompres secara otomatis. Sebelum melanjutkan kami menggunakan contoh dengan file PDF berisi artikel 1000 kata dengan tambahan gambar, kami menggunakan contoh artikel dari “6 Template WordPress Terbaik Untuk Pemain Google Adsense”. Kira-kira seperti ini detail lengkapnya.

Nah untuk cara lengkapnya silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini:

  • Siapkan file PDF yang akan Anda compress
  • Setelah itu silahkan buka browser dan ketikan url smallpdf.com, kira-kira hasilnya akan seperti dibawah ini.

    Compress PDF
    Compress PDF

  • Jika sudah silahkan pilih menu “Compress PDF” dengan warna kotak merah.
  • Silahkan pilih menu “Choose Files” dan cari file yang sudah Anda siapkan sebelumnya tadi, tunggu proses upload hingga selesai.
  • Setelah itu akan muncul 2 hasil yang berbeda yaitu Basic compression dan Strong compression, untuk yang basic bisa melakukan compress hingga 40% dan untuk versi Pro/berbayarnya bisa compress sampai 75%.
  • Silahkan pilih “Basic compression” dan dilanjutkan dengan pilih button “Choose Option”.

    Hasil compress file
    Hasil compress file

  • Silahkan klik button “Download” dan tunggu prosesnya hingga selesai.
    Download file PDF
    Download file PDF

    Hasil compress pdfcompressor
    Hasil compress pdfcompressor

Selain compress file, smallpdf.com juga memiliki fitur untuk PDF Converter, PPT to PDF, PDF to JPG, Excel to PDF, PDF to Excel, PDF to PPT, JPG to PDF, Edit PDF, PDF Reader dan masih banyak lainnya. jika Anda membutuhkan fitur yang berhubungan dengan PDF bisa langsung saja membuka smallpdf tersebut diatas.

Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200KB Offline

Selanjutnya cara kedua untuk mengkompress ukuran file PDF ini menggunakan offline. Nah untuk caranya silahkan ikuti tutorial mengecilkan file PDF secara offline berikut ini:

  • Sebelumnya silahkan download dahulu software yang akan kita gunakan pada URL website berikut freepdfcompressor.com, kira-kira gambarnya seperti dibawah ini.
  • Nah setelah itu silahkan pilih button “Download Mirror” dan tunggu proses download hingga selesai.
  • Silahkan install dulu software yang sudah Anda download tadi.

    Tampilan pdfcompressor
    Tampilan pdfcompressor

  • Jika sudah silahkan buka softwarenya, kemudian pilih pada “PDF File” dan Browse lokasi file PDF yang Anda simpan.

    PDF Compressor
    PDF Compressor

  • Jika sudah terupload pilih button “Compress” pada bagian bawah dan tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Hasil compress file lokasinya akan secara otomatis sama dengan file asli, langsung saja cek hasilnya. Untuk contoh ini file awal ukurannya 252 KB setelah dikompress menjadi 99 KB.

    Ukuran file PDF
    Ukuran file PDF

Nah bagaimana mudah bukan cara mengecilkan file PDF menjadi 200 KB? Jika ada kendala atau permasalahan silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah.

Sebelum diakhiri, untuk sahabat Qwords yang sedang mencari layanan penjualan domain hosting harga murah untuk website dan blog, kami memiliki rekomendasi di Qwords.com. Qwords telah berpengalaman dalam menangani puluhan ribu klien dengan uptime server mencapai 99.99%. Langsung saja buka websitenya dan dapatkan paket sesuai dengan keinginanmu.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *