Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps

3 min read

Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps

Pernah mendengar istilah Google Maps marketing? Nah, istilah tersebut kini semakin populer di kalangan marketers dan menjadi salah satu bukti akan pentingnya Google Maps bagi bisnis Anda. Yuk lanjutkan membaca! Artikel ini akan menyajikan tutorial cara menambahkan lokasi di Google Maps, serta menjelaskan beberapa alasan mengapa aplikasi tersebut sangat berarti bagi perkembangan bisnis Anda.     

Pentingnya Menambahkan Lokasi di Google Maps

Google Maps tidak hanya sekedar membantu Anda menampilkan lokasi bisnis ke pelanggan. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari aplikasi tersebut. Diantaranya adalah:

1. Meningkatkan Visibilitas Bisnis Anda Secara Online

Lebih dari 60% penduduk dunia adalah pengguna internet dan 87% pembeli melakukan riset online sebelum membeli/memilih suatu produk/layanan. Di sini, Google Maps menjadi salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa bisnis Anda mudah ditemukan oleh calon pelanggan di internet. 

2. Sarana Membangun Profil Bisnis

Selain website dan sosial media, Anda juga bisa memanfaatkan Google Maps untuk membangun profil bisnis. Faktanya, informasi yang bisa Anda sajikan pun sangat lengkap—mulai dari nama bisnis, alamat, jam operasional, kontak, website, daftar menu, hingga foto produk/layanan. 

3. Memudahkan Customer untuk Menjangkau Bisnis Anda

Salah satu fitur terbaik Google Maps adalah Directions—sebuah fitur yang akan memberikan petunjuk/arah jalan ke lokasi fisik bisnis Anda. Nantinya, calon pelanggan juga bisa mengetahui jarak mereka dengan lokasi tersebut, serta dapat menyesuaikan directions berdasarkan mode transportasi yang digunakan. 

Baca Juga: Cara Membuat Email Bisnis Dengan Domain Sendiri Gratis

4. Membangun Kepercayaan Pelanggan 

Baik ratings, reviews, maupun beberapa fitur lainnya dalam Google Maps akan membantu Anda membangun kepercayaan pelanggan. Faktanya, 84% orang lebih percaya kepada online reviews atau apa yang teman mereka katakan tentang suatu produk/layanan, daripada apa yang brand katakan tentang produk/layanan mereka.   

5. Meningkatkan Local Search Engine Optimization (SEO)  

Google Maps membantu Anda mengoptimasi performa local SEO bisnis Anda. Nantinya, profil bisnis Anda mempunyai kesempatan untuk mendapatkan posisi teratas di mesin pencarian. Sebagai contoh ketika menuliskan kata kunci “restoran terdekat”, Google akan menampilkan Google Maps di bagian atas halaman disertai dengan beberapa profil restoran yang direkomendasikan.  

Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps            

Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps

Setelah mempelajari bagaimana pentingnya Google Maps bagi sebuah bisnis, sekarang mari kita bahas beberapa cara mudah menambahkan lokasi bisnis di platform tersebut. 

1. Melalui Perangkat Komputer

Jika Anda menggunakan perangkat komputer, berikut adalah cara menambahkan lokasi di Google Maps yang bisa Anda ikuti:

  1. Buka halaman Google Maps melalui browser.
  2. Jika Anda belum masuk ke akun Google, klik tombol Login di pojok kanan atas halaman.
  3. Kemudian, tekan menu hamburger (tombol garis tiga) di pojok kiri atas halaman (atau di samping fitur Search).
  4. Pilih Add a missing place/Tambahkan Tempat. 
  5. Isi seluruh informasi yang diperlukan—seperti nama bisnis, kategori, alamat, jam operasional, kontak, dan website. Agar titik lokasi Anda lebih akurat, Anda bisa mengklik Update location on map/Update lokasi di peta dan mengarahkan ikon lokasi ke titik bangunan fisik bisnis Anda. Jika sudah sesuai, klik Done/Selesai.Tambahkan Informasi Bisnis di Google Maps
  6. Terakhir, tekan Send/Kirim

Baca Juga: Ide Bisnis Digital Menjanjikan Untuk Generasi Milenial

2. Melalui Aplikasi Google Maps di Ponsel

Jika ingin menambahkan lokasi melalui ponsel, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Google Maps.
  2. Akses menu Contribute di bagian bawah halaman.Pilih Contribute
  3. Kemudian, pilih Add Place.Pilih Add Place
  4. Isi seluruh informasi bisnis Anda—mulai dari nama, kategori, alamat, jam operasional, kontak, website, dan sebagainya. Sebagaimana di komputer, Anda juga bisa mengklik Update location on map/Update lokasi di peta agar titik lokasi bisnis Anda lebih akurat > klik OK.
  5. Jika semua informasi sudah terisi, tekan ikon Kirim yang ada di pojok kanan atas. 

Baca Juga: Panduan Lengkap Google Bisnisku Untuk Pemula

3. Melalui Google My Business

Anda juga bisa menambahkan lokasi bisnis melalui Google My Business. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Halaman Google My Business dan klik tombol Manage Now/Kelola Sekarang. Nantinya, Anda akan diminta untuk login ke akun Google Anda.
  2. Klik Add Your Business to Google/Tambahkan bisnis Anda ke Google.Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps Melalui Google My Business
  3. Lalu, tulis nama bisnis Anda dan tekan tombol Next/Berikutnya.
  4. Pilih kategori bisnis Anda dan klik tombol Next/Berikutnya.
  5. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih apakah akan menambahkan lokasi ke Google Maps atau tidak. Pilih Yes/Ya > Next/Berikutnya.Tambahkan Lokasi Bisnis Anda
  6. Isi alamat atau lokasi fisik bisnis Anda—yang meliputi negara, alamat, kota, provinsi, dan kode pos > klik Next/Berikutnya.
  7. Arahkan ikon lokasi (berwarna merah) ke titik bangunan fisik atau kantor bisnis Anda > tekan Next/Berikutnya
  8. Setelah itu, konfirmasi apakah Anda akan menerima customer dari luar lokasi atau area Anda atau tidak > klik Next/Berikutnya.
  9. Jika Anda memilih Yes, I also serve them outside my location/Ya, saya juga melayani pelanggan di luar lokasi saya, Anda akan diminta untuk menambahkan area layanan > tekan Next/Berikutnya.Tambahkan Area Layanan Bisnis Anda
  10. Kemudian, tambahkan detail kontak bisnis Anda, yakni nomor yang bisa dihubungi serta alamat website (jika ada) > klik Next/Berikutnya.
  11. Lalu, tentukan apakah Anda akan menerima info terbaru dan rekomendasi seputar bisnis Anda dari Google atau tidak > tekan Next/Berikutnya.
  12. Terakhir, tulis nama Anda di kolom contact name > klik tombol Mail. Langkah ini bertujuan untuk memverifikasi/mengkonfirmasi bahwa Anda adalah pemilik bisnis tersebut. Nantinya, Anda akan mendapatkan surat fisik berisi kode verifikasi dari pihak Google.Verifikasi Kepemilikan Bisnis 
  13. Setelah itu, Anda juga akan diarahkan ke halaman lainnya di mana Anda bisa menambahkan informasi tambahan—seperti jam operasional, deskripsi bisnis, foto, dan sebagainya.             

Tambahkan Lokasi Bisnis Anda Sekarang!

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menambahkan lokasi dan profil bisnis Anda di Google Maps. Selain meningkatkan visibilitas serta performa local SEO, Google Maps juga bisa membantu Anda membangun kepercayaan customer. Dan tak kalah penting, pelanggan juga akan lebih mudah menjangkau lokasi fisik bisnis Anda berkat fitur-fitur unggulan yang ditawarkan oleh Google Maps.

Cara menambahkan lokasi di Google Maps pun cukup mudah. Anda bisa melakukannya melalui halaman dan aplikasi Google Maps, atau dengan memanfaatkan platform Google My Business.

Ingin belajar tips dan tutorial lainnya seputar bisnis online? Yuk kunjungi terus blog Qwords.com dan dapatkan materi terlengkap tentang digital marketing, sosial media, hosting, web development, domain, serta topik kekinian lainnya. 

Dan bagi Anda yang berniat memulai website bisnis, Anda juga bisa memanfaatkan penawaran domain murah, hosting terbaik, dan unlimited hosting dari Qwords.com.

Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *