Panduan Lengkap Cara Memulai Sebuah Blog

2 min read

Panduan Lengkap Cara Memulai Sebuah Blog

Cara memulai blog sebenarnya tidak sulit, Anda bisa bereksperimen menggunakan platform gratisan maupun berbayar dimana masing-masing menawarkan keunggulan dan kekurangan.

Pemilik blog atau biasa disebut sebagai blogger sendiri saat ini sudah menjadi profesi baru yang banyak diminati.

Pasalnya, aktivitas blogging bisa memberikan beragam manfaat, mulai dari menambah penghasilan tambahan lewat iklan, untuk keperluan branding, hingga memperkenalkan produk baru ke calon pelanggan.

Blogging sendiri juga kerap dijadikan sebagai hobi. Jika ditanya tentang hobi, apa yang akan Anda jawab? 

Kalau blogger Qwords menjawab hobi menulis dan bingung untuk membagikannya secara publik. Salah satunya adalah dengan cara blogging. 

Anda dapat menuliskan tentang apapun dan membaginya kepada dunia luar. Jika masih ragu memulainya, Qwords merangkum beberapa langkah cara memulai blog yang baik dan benar khusus untuk Anda.

Panduan Lengkap Cara Memulai Sebuah Blog

cara memulai blog
cara memulai blog

Berikut ini merupakan panduan cara memulai blog yang bisa sahabt Qwords jadikan sebagai rujuan.

Tahapannya mulai dari menyiapkan platform, menulis konten, hingga melakukan branding.

1.Menyiapkan Nama Domain

Cara memulai blog pertama-tama bisa dengan menyiapkan nama domain yang akan digunakan. Nama bisa diambil dari nama pribadi, jenis produk, atau nama brand. 

Tidak perlu khawatir soal biaya, beli domain dan hosting di Qwords.com harganya sangat terjangkau. Anda bisa mendapatkan hingga 500 ekstensi domain yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Rekomendasi nama domain yang paling murah sendiri ada MY.ID seharga Rp 12 ribu, sementara jika ingin terlihat lebih profesional bisa memakai ekstensi .ID atau .COM dengan biaya kurang dari Rp200 ribu per tahun.

Baca juga: Pengaruh Ekstensi Domain Terhadap SEO

2.Mulailah dari Minat Anda

Mulailah dengan menulis dengan hal yang Anda suka. Blogging kelihatannya mudah, namun bukan perkara sepele. 

Blogging perlu adanya konsistensi dalam memproduksi konten. Agar konsistensi menulis dapat terbangun, maka sangat penting untuk memanfaatkan hal-hal yang menjadi minat dan konsentrasi.

Contoh sederhana, bagi sahabat Qwords yang suka memasak bisa mulai dengan menulis konten resep masakan dan cerita-cerita menarik didalamnya.

Tidak perlu menyajikan informasi yang wah, fokus dulu dengan originalitas konten karena hal ini sangat penting untuk membangun mindset blogging yang baik dan benar.

3.Tentukan kategori blog

niche blog
niche blog

Saatnya tentukan kategori konten blog Anda. Apakah ingin menulis reportase umum, review brand, bisnis, online marketing, fashion blog, kuliner, atau yang lainnya. 

Pemilihan kategori ini akan kembali lagi pada minat dan hal yang Anda suka. Jika topik yang dipilih bukan bidang yang dikuasai atau tidak Anda sukai, maka sangat sulit untuk mendapatkan pembaca loyal.

4.Konten tips & trik

Perbanyak konten tips and tricks di blog Anda. Menurut survei UNESCO, indeks minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001 yang berarti hanya ada satu peminat baca tinggi dari seribu orang. 

Dengan tips and trick, pembaca akan lebih tertarik karena dekat dengan praktik kehidupan sehari-hari. Artikel seperti ini juga bersifat abadi karena biasanya dibutuhkan oleh semua generasi.

Baca juga: Cara Promosi Blog Untuk Meningkatkan Pengunjung

5.Less Theory, More Practice

Jangan sampai Anda hanya mengumpulkan teori tentang blogging, praktekkanlah sesegera mungkin. Teori memang perlu, tapi jika tidak segera dilaksanakan, inspirasi menulis akan menguap begitu saja. 

Tulislah ide-ide dalam bentuk draft kasar, tidak perlu khawatir soal kesalahan tanda baca atau pemilihan diksi karena nanti bisa diedit dan disempurnakan kembali.

Jika kita melihat perjalanan blogger-blogger sukses di dunia maupun di Indonesia, mayoritas dari mereka pasti menyarankan untuk memulai dulu, karena pasti ada jalan. 

Jika belum berhasil, minimal sahabat Qwords bisa mendapatkan ilmu serta pengalaman dari kegagalan sebelumnya.

6.Pemilihan Hosting

memilih hosting
memilih hosting

Terakhir, penting untuk memperhatikan pemilihan spesifikasi web hosting. Ibarat sebuah bangunan web hosting adalah lahan untuk meletakkan pondasi dasar.

Para blogger pemula sendiri biasanya belum terlalu paham terkait kebutuhan web hosting yang paling tepat.

Terkadang ada yang menggunakan spesifikasi terlalu rendah, atau justru terlalu tinggi sehingga menguras kantong.

Sebagai provider cloud hosting terbaik di Indonesia, Qwords sendiri menyediakan pilihan paket hosting untuk berbagai keperluan.

Jika Anda masih pemula dan ingin belajar SEO basic, sangat direkomendasikan memakai paket hosting murah Value Hybrid Performance dengan harga mulai dari Rp14,500 per bulan.

Sementara itu, untuk keperluan blog atau website professional sebaiknya menggunakan paket Unlimited Hosting yang jauh lebih powerfull dan bisa diandalkan.

Kesimpulan

Itulah langkah-langkah cara memulai blog yang perlu sahabat Qwords ketahui. Sekarang Anda bisa mulai membangun blog impian dengan lebih lancar, tanpa perlu bingung step yang harus dilakukan.

Perjalanan membangun sebuah blog dari nol memang menyenangkan, terutama ketika melihat perkembangan pengunjung yang terus bertambang seiring waktu berjalan.

Namun, karena dibutuhkan konsistensi serta perjuangan besar maka tidak sedikit pula yang gagal dan menyerah di tengah jalan.

Jadi, bagaimana menurut Anda? Apakah sudah mantap untuk memulai blog di era digital? Coba ceritakan pengalaman blogging Anda di kolom komentar ya.

Semoga bermanfaat.

Termudah, Cara Membuat Subdomain di cPanel

Anda sebagai pengelola website bisnis dengan banyak cabang, tentunya untuk mengelola semua website akan terlalu repot kalau harus membuat website untuk setiap cabangnya. Bagaimana...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *