Aktivitas di dunia maya sangat beragam. Contohnya saja, melalui website sahabat Qwords bisa bermain media sosial, membaca artikel informasi menarik dan streaming video atau audio yang sedang populer. Selain itu, kita juga bisa mengunduh file dari internet.

File yang bisa di download dari internet sangat beragam, mulai dari file video, audio, buku, aplikasi dan lain seebagainya. Sayangnya, saat mengunduh file terkadang kita menemukan kendala pada kecepatan transfer data. Data yang sewajarnya selesai diunduh selama beberapa detik saja, seringkali malah selesai dalam beberapa jam karena beberapa masalah.

 

7 Trik Cara Mempercepat Download Dijamin Anti Lemot

7 Trik Cara Mempercepat Download Di PC or Smartphone
7 Trik Cara Mempercepat Download Di PC or Smartphone

Download file menjadi aktivitas harian yang biasa dilakukan oleh pengguna smartphone atau PC. Apalagi jika sehari-hari dituntut untuk bekerja mengolah dan mengelola data di komputer. Supaya aktivitas downloading lancar tanpa hambatan, ikuti beberapa tips berikut ini :

 

1.Gunakan Operator Terbaik

Beberapa tahun terakhir ini, industri digital di tanah air semakin berkembang. Pengguna PC dan smartphone semakin banyak. Masalahnya, semakin banyak orang yang menggunakan jaringan internet membuat kecepatan download data semakin berkurang. Terlebih jika Anda terbiasa menggunakan jaringan WiFi di rumah bersama anggota keluarga lainnya. Solusi menghindari kondisi tersebut adalah dengan memilih operator penyedia layanan internet yang mumpuni. Pilih operator yang memiliki reputasi terbaik terutama dalam fitur download dan akses internet.

 

2.Dekatkan Perangkat Dengan Sumber Internet

Internet
Internet

Cara mempercepat download selanjutnya adalah dengan cara mendekatkan perangkat dengan sumber internet. Point ini hanya berlaku jikalau shabat Qwords mengakses internet menggunakan WiFi.

Baca juga: Cara Mengamankan Koneksi Saat Menggunakan Wifi Publik

Misalnya sahabat Qwords memiliki rumah tiga lantai dan memasang perangkat WiFi di lantai satu. Untuk akses internet dan download tercepat, lakukan di lantai pertama di mana sumber WiFi berada. Jika sahabat Qwords memaksakan diri mengunduh file dari lantai tiga, kemungkinkan besar proses downloading tidak akan sempurna.

 

3.Manfaatkan Chrome Prefetch

Google Chrome logo

Apabila proses pengunduhan file masih tetap lemot, cobalah cara mempercepat download menggunakan Chrome Prefetch. Fitur ini mungkin memiliki kekurangan karena hanya bisa digunakan pada browser Google Chrome.

Cara mengaktifkan fitur ini tidak sulit, sahabat Qwords hanya perlu masuk ke browser Google Chrome dan gerakkan kursor ke bagian atas halaman di pojok kanan. Di sana, ada icon titik tiga. Klik icon tersebut dan aktifkan “use a prediction service to load pages more quickly”

 

4.Hapus Extension yang Tidak Dibutuhkan

cara mempercepat download file cloud
cloud download

Cara ini diyakini mampu menambah kemampuan Google Chrome untuk mengakses internet sekaligus mengunduh file yang diinginkan. Cara menghapusnya hampir sama mudahnya dengan cara mengaktifkan Chrome Prefetch. Sahabat Qwords hanya perlu mengakses Google Chrome dan pilih icon titik tiga. Alih-alih memilih pengaturan, silahkan pilih fitur more tools kemudian extensions. Usai halaman extensions terbuka, silahkan pilih file yang tidak dibutuhkan dengan klik centang (enabled) lalu pilih delete.

 

5.Manfaatkan Flash Plugin Click

klik
klik

Keterbatasan kecepatan mengunduh data juga bisa disebabkan karena banyaknya iklan yang muncul di jendela. Untuk menghindari kondisi tidak menyenangkan tersebut, silahkan aktifkan fitur flash plugin click.

Fitur ini membuat iklan video atau konten lainnya tertahan secara sementara. Iklan baru akan muncul jika Ansahabat Qwords memberikan perintah setuju. Cara mengaktifkannya sangat mudah, buka Google Chrome pilih lambang titik tiga lantas masuklah ke menu settings. Dari menu settings, pilih menu “show advanced settings” yang ada di sebelah kiri selanjutnya sahabat Qwords akan dibawa masuk ke halaman privacy and security untuk memilih fitur content settings.

Di fitur tersebut, ada banyak icon yang muncul tapi fokuslah untuk mencari icon flash. Pilih flash dan aktifkan. Itulah cara mempercepat download melalui flash plugin click, wajib Anda coba.

Baca juga: Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet Dengan CMD

6.Unduh File Satu Per Satu

Selain menghabiskan banyak kuota data, mengunduh banyak file secara bersamaan juga membuat proses download berjalan sangat lama. Cara cerdas mengatasi hal ini, cukup dengan mengunduh file yang di butuhkan terlebih dahulu lantas susul dengan file yang tidak begitu penting.

Sahabat Qwords yang gemar mengunduh video juga ianjutrkan untuk melakukan hal yang sama. Unduh satu per satu file hingga video pertama selesai baru lanjutkan dengan video kedua dan seterusnya.

 

7.Hapus History Penelusuran Di Browser

Lambat atau cepatnya suatu browser dalam mengunduh file juga bisa disebabkan karena banyaknya history penelusuran yang tidak dikelola secara seksama. Alangkah baiknya untuk menghapus history penelusuran yang ada di PC atau smartphone sebelum mengunduh file. Jangan sampai sahabat Qwords membiarkan history penelusuran menumpuk hingga berhari-hari, berbulan-bulan bahkan dalam jangka waktu tahunan.

Bagi beberapa orang menyimpan informasi menarik merupakan kegiatan menyenangkan. Setelah file diunduh, kita juga bisa membukanya kapan saja tidak perlu mengkhawatirkan kuota atau akses internet lagi.

Diego VPN
Diego VPN

Agar kegiatan download tidak terputus atau gagal, ikuti semua cara mempercepat download yang telah dijelaskan di atas.  Lakukan satu demi satu trik dan lihatlah perubahannya. Jika proses downloading belum berjalan dengan baik, sahabat Qwords bisa mencoba trik selanjutnya, yakni dengan memanfaatkan VPN atau Virtual Private Network.

Sejak dari dulu, VPN memang banyak dimanfaatkan untuk mempercepat koneksi internet karena menggunakan jalur enkripsi pribadi. Adapun terkait pilihan layanan dan harganya, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan melalui paket Diego VPN yang bisa didapatkan mulai dari Rp26 ribuan perbulan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *