Cara Memilih VPS Yang Bagus Sesuai Kebutuhan

3 min read

Cara Memilih VPS Yang Bagus

Seiring dengan berkembangnya website, kebutuhan akan hosting semakin meningkat dari yang awalnya menggunakan shared hosting kemudian berencana beralih ke layanan Virtual Private Server atau VPS. VPS pada dasarnya memiliki performa yang jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan layanan shared hosting. Tetapi dalam memilih VPS yang bagus sesuai dengan kebutuhan tidaklah mudah, Anda perlu melakukan beberapa riset tentang kebetuhan website Anda.

Banyak sekali VPS yang ditawarkan oleh penyedia hosting Indonesia saat ini, hal ini bisa membuat Anda semakin bingung dalam menentukan pilihan. Untuk menjaga dari kesalahan pembelian, Anda jangan terpancing dengan penawaran harga murah, cek dulu spesifikasi yang akan Anda dapatkan. Jangan sampai salah dalam membeli VPS sehingga menyebabkan website Anda tidak bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Cara Memilih VPS

Cara Memilih VPS Yang Bagus
Cara Memilih VPS Yang Bagus

Untuk menghindari semua itu nampaknya Anda perlu mengetahui tentang cara memilih VPS yang bagus sesuai dengan kebutuhan, karena untuk harga tidak bisa menjadi patokan memilih VPS, yang bisa jadi patokan adalah kebutuhan website Anda. Nah berikut pembahasannya :

1. Tentukan tujuan penggunaan VPS

Langkah pertama dalam memilih VPS yang bagus adalah menentukukan tujuan penggunaan VPS. VPS bukan hanya menjadi media penyimpanan data website saja, ada berbagai fungsi lain yang bisa Anda dapatkan dari VPS termasuk spesifikasi yang tinggi, kapasitas penyimpanan yang luas, keamanan dan kecepatan yang lebih stabil.

Baca juga : Perbedaan VPS dan Dedicated Server

2. Sesuaikan dengan kebutuhan visitor

Jika Anda sebelumnya menggunakan shared hosting dan berencana pindah ke layanan VPS maka Anda bisa mengira-kira spesifikasi VPS yang bisa menampung semua pengunjung website. Jadi Anda bisa memilih spesifikasi yang lebih tinggi terutama untuk RAM dan Prosesor.

3. Sistem operasi yang digunakan

Sistem operasi linux
Sistem operasi linux

Ada 2 jenis sistem operasi yang digunakan untuk pengguna VPS yaitu VPS Linux dan VPS Windows. Sistem operasi menjadi hal yang vital, karena nanti akan berpengaruh kebelakangnya terutama untuk masalah seting dan kompabilitas aplikasi. Saat ini kebanyakan server VPS menggunakan operating sistem Linux, untuk VPS Windows masih kurang banyak pengguna karena dari segi biaya lisensinya selisih banyak dengan VPS Linux.

Untuk Anda yang kurang familiar dengan Linux, saya lebih menyarankan untuk mengambil VPS Windows, walaupun harganya lebih mahal tetapi kelebihannya Anda akan lebih mudah dalam proses setting VPS.

Baca juga : Macam-macam Sistem Operasi

4. Kapasitas bandwidth

Kebanyakan layanan VPS akan memberikan batasan bandwidth kepada tiap layanan VPS. Untuk paket VPS unlimited bandwith biasanya akan dijual dengan harga yang lebih mahal. sekedar diketahui bandwidth adalah kapasitas volume data maksimal yang dapat ditransfer, jadi jika bandwidth VPS sudah habis biasanya speed akan menurun atau terkena suspend dari penyedia VPS. Jadi Anda perlu mengira-ngira jumlah traffic yang masuk dan konten yang ada pada website apakah membutuhkan bandwidth besar atau tidak.

5. Kapasitas RAM

VPS memiliki kelebihan di kapasitas dan spesifikasi yang tinggi. Jadi Anda sebagai pengguna VPS bisa menambahkan banyak website dan blog di VPS, tetapi perlu diketahui bahwa semakin banyak website yang ada pada server akan berpengaruh pada kinerja RAM yang semakin berat. RAM pada setiap VPS memiliki batasan kapasitas, jadi Anda perlu memperhatikan kapasitas RAM yang akan digunakan, sekain besar kapasitas RAM berarti semakin mahal pula harga VPS.

6. Kapasitas CPU

CPU Server Terbaik
CPU Server Terbaik

Hampir mirip dengan RAM, CPU juga memiliki pengaruh dalam memproses semua request dari user yang ditampilkan pada website. Untuk cara memilih VPS yang bagus, pilihlah prosesor yang memiliki core lebih banyak dan kecepatan prosesor (Ghz) yang tinggi. Semakin bagus prosesor yang digunakan akan semakin cepat pula kinerja VPS dalam memproses semua permintaan dari client.

7. Kapasitas Penyimpanan

Kapasitas juga menjadi salah satu hal yang penting dalam memilih VPS server. Pastikan kapasitas penyimpanan memadai untuk beberapa bulan bahkan tahun kedepan untuk menyimpan konten website. Sekedar tambahan sekarang ini pilihlah server VPS sudah banyak yang menggunakan SSD, karena dari segi performa SSD akan jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan hardisk konvensional biasa.

8. Keamanan data

VPS menjamin keamanan data yang lebih, karena dalam satu server virtual tersebut hanya ada data yang Anda miliki saja, bukan campuran dari data-data pengguna lain yang bisa mengancam keamanan data Anda pada layanan VPS.

9. Datacenter server

Server Database
Server Database

Memilih datacenter ini akan berpengaruh darimana visitor website Anda berasal, jika visitor berasal Indonesia maka lebih baik mengambil server VPS yang memiliki datacenter di Indonesia, alternatif lain bisa memilih server VPS yang ada di Singapura. Kelebihan datacenter dekat dengan visitor website adalah akses website yang lebih cepat.

Baca juga : Informasi Seputar Memilih Server

10. Teknologi yang dipakai

Jangan tergiur dengan harga murah, Anda perlu melakukan cek teknologi VPS apa yang digunakan mulai dari software dan hardware yang dipakai. Dengan menggunakan teknologi terbaru akan memudahkan Anda dalam mengelola website Anda dan meningkatkan kecepatan akses website yang ada pada VPS hosting.

11. Support

Ada dua jenis VPS yang ditawarkan oleh penyedia layanan VPS Indonesia yaitu Managed VPS dan Unmanaged VPS. Jika Anda mengambil layanan Unmanaged berarti Anda harus siap dengan konsekuensi semua permasalahan yang dihadapi dengan sendiri. Tetapi untuk layanan managed VPS Anda tidak perlu repot karena semua sudah disupport dari team ahli penyedia VPS, tinggal menggunakannya saja. Untuk perbedaan lain yang pasti harga Unmanaged VPS jatuhnya lebih murah dan Managed VPS harganya yang pasti lebih mahal.

12. Biaya

Jangan lupa memperhatikan dari segi biaya, semakin tinggi spesifikasi VPS maka akan semakin mahal pula biaya sewa yang akan Anda keluarkan. Jadi Anda bisa memilih VPS yang bagus sesuai dengan kebutuhan dan memiliki harga pas dengan budget yang dimiliki.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai cara memilih VPS yang bagus sesuai dengan kebutuhan. Untuk Anda yang sekarang ini membutuhkan layanan VPS Indonesia Terbaik, kami memiliki rekomendasi di Qwords.com. VPS di Qwords memiliki spesifikasi dengan SSD Raid 10 yang terbukti meningkatkan kecepatan 4x lebih cepat dari SSD biasa dengan uptime server mencapai 99,99%. Tunggu apalagi segera pesan VPS di Qwords dengan harga mulai dari 135.000/bulan saja.

Terima kasih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *