Cara Membuka File PDF yang Terkunci

3 min read

Cara Membuka File PDF yang Terkunci

Dalam sebuah pekerjaan, sahabat Qwords pasti pernah menemukan file PDF yang terkunci karena diberi password oleh pemiliknya. File PDF yang terkunci tersebut dimaksudkan untuk membatasi akses sebuah dokumen. Lantas, bagaimana cara membuka file PDF yang terkunci?

Banyak alasan yang melatarbelakangi mengapa file PDF bisa terkunc, salah satunya adalah agar dokumen tersebut tak bisa diubah/diedit sehingga tidak mudah disalahgunakan oleh pihak lain

PDF atau Portable Document Format adalah sebuah format file untuk dokumen penting berisi gambar, teks atau konten lain. Banyak cara membuka pdf yang terkunci tersebut yang bisa dicari melalui internet. Berikut penjelasan lebih detail mengenai cara membuka pdf yang terkunci.

 

Daftar Aplikasi Buka PDF

Cara Membuka File PDF yang Terkunci
Cara Membuka File PDF yang Terkunci

Sebelum mengetahui cara membuka PDF yang terkunci, ada baiknya kita mengetahui terlebih dulu daftar aplikasi untuk membuka file PDF, di antaranya adalah:

 

1. Foxit PDF Reader

Aplikasi ini adalah salah satu software untuk membaca PDF yang sangat digemari di PC. User interfacenya sangat mudah dipahami. Bila Anda sering menggunakan Microsoft Office, maka akan familiar dengan tampilan Foxit Reader ini.

Baca juga: 8 Website File Sharing Terbaik dan Terpopuler

Foxit Reader memiliki fitur menggabungkan file PDF, Convert PDF ke file lain dan fungsi-fungsi lainnya.

 

2. Nitro Reader

Hampir sama seperti Foxit Reader, Nitro Reader juga menjadi salah satu aplikasi untuk membuka file PDF yang cukup populer untuk PC atau laptop.

Beberapa fitur unggulan Nitro Reader adalah edit file PDF, mengunci file PDF, convert file bahkan Anda bisa melakukan tanda tangan digital melalui software ini.

 

3. SumatraPDF

SumatraPDF juga memiliki kemampuan untuk membuka file PDF. Ukurannya yang sangat ringan hanya 5 MB merupakan sebuah keunggulan karena praktis, dan tak memerlukan banyak ruang di PC.

Performanya juga cepat dengan fitur yang tak terbatas meliputi membaca PDF, edit catatan, hingga tanda tangan digital.

 

4. Microsoft 365

Dengan menggunakan software Microsoft Office 365 Anda tidak hanya bisa membuka file PDF, namun juga bisa mengedit hingga menambahkan konten yang diperlukan untuk mengakomodir pekerjaan. Aplikasi ini juga sangat bagus digunakan untuk saling berbagi file antar karyawan karena sudah terintegrasi dengan teknologi cloud sehingga bisa diakses darimana saja. Jika tertarik, Anda bisa mendapatkan lisensi resmi Micrsoft365 di Qwords.com melalui link berikut ini.

 

Alasan Orang Mengunci File PDF

Membuka File PDF
Membuka File PDF

Banyak pertanyaan mengenai alasan mengapa orang mengunci file PDF. Secara garis besar, alasannya adalah untuk membatasi siapa saja yang bisa mengakses file PDF tersebut demi keamanan dan kerahasiaan. Namun lebih rinci lagi, ada 4 alasan orang mengunci file PDF, yakni:

1. Agar File PDF Tidak Bisa Diplagiasi

Alasan pertama, adalah soal hak cipta. Beberapa orang yang merancang file PDF terkunci memang bertujuan agar dokumen PDF-nya tidak bisa dibuka sehingga tidak bisa diplagiasi. Orang tersebut menjaga orisinalitas file PDF yang ia buat.

2. Agar File PDF Tidak Bisa Diedit

Di era modern ini, orang bisa saja mengubah tanpa ijin dokumen-dokumen penting untuk keuntungan pribadi yang tidak bertanggung jawab. Maka penguncian file PDF memang ditujukan agar file PDF tidak bisa diubah atau diedit.

3. Mencegah Penyalahgunaan Tanda Tangan Digital

Di PDF, terdapat fitur tanda tangan digital yang memang bisa dicantumkan oleh si pembuat file PDF. Demi keamanan, maka sang pembuat mengunci file PDF tersebut untuk mencegah tanda tangannya disalahgunakan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

4. Membatasi Akses File

Kembali lagi ke garis beras alasan orang mengunci file PDF-nya adalah untuk membatasi orang yang bisa mengakses file tersebut, Misalnya saja, saat mengumpulkan tugas dengan bentuk PDF. Agar tidak terjadi kecurangan, Anda memilih mengunci file PDF Anda

 

Cara Mengunci File PDF

cara mengunci file PDF
cara mengunci file PDF

Perhatikan langkah berikut ini untuk mengunci file PDF Anda:

– Pertama-tama, gunakan aplikasi pembuka file PDF yang ada di PC atau laptop, seperti Foxit PDF Reader

– Pilih dan buka file PDF yang ingin kalian kunci atau beri password sebagai proteksi.

– Kemudian arahkan kursor ke menu File, klik opsi tersebut.

– Lalu pilih opsi Security> Open Password> Assign a Strong Password

–  Isikan password yang Anda inginkan, Pilih kombinasi huruf kecil dan besar serta angka agar proteksi lebih kuat.

– Klik Build, Selesai.

 

Cara Membuka PDF yang Terkunci

 

Sebelumnya, Anda harus mengetahui bahwa file PDF yang terkunci tersebut memiliki dua tipe password. Kunci pertama terdiri dari permission password (user locked), di mana ini adalah kunci yang melarang orang lain mengedit file PDF Anda.

Lalu ada pula kunci open password (owner locked), di mana kunci ini mencegah orang lain membuka file PDF Anda. Untuk kunci bertipe owner locked, tidak ada cara lain membuka file PDF kecuali sang pemilik file PDF asli.

Baca juga: Cara Kompres File PDF Menjadi Ukuran yang Lebih Kecil

Sementara untuk kunci bertipe user-locked, cara membuka PDF yang terkunci adalah dengan bantuan situs online dan aplikasi pihak ketiga. Berikut ini beberapa situs online untuk membuka PDF yang terkunci.

Antara lain: Crackmypdf.com, smallpdf.com, sodapdf.com, ilovepdf.com, unlock-pdf.com dan foxyutils.com. Cara kerja situs-situs tersebut dalam membuka file pdf yang terkunci cukup seragam yakni dengan memproses file PDF baru tanpa password untuk membukanya.

Sebagai contoh, berikut langkah-langkah membuka file PDF yang terkunci di situs crackmypdf.com:

  • Pertama-tama masukkan alamat Crackpdf.com ke address bar yang ada di browser laptop atau PC Anda.
  • Setelah masuk ke halaman situs tersebut, pilih file PDF untuk diunggah ke situs tersebut. Pilih ‘choose file’. Centang pada bagian persetujuan dengan opsi ‘I agree to the Terms of Service Below’.
  • File PDF yang akan dibuka kuncinya telah terupload, maka pilih ‘Unlock’
  • Proses Unlock PDF berjalan, tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Setelah itu, Anda akan mendapatkan link download berkas PDF yang sudah di unlock alias sudah dibuka kuncinya.

 

Penutup

 

Cara Membuka PDF yang terkunci telah kita bahas di atas. Anda bisa mempraktekannya sendiri melalui situs-situs yang sudah kami rekomendasikan di atas. Tak hanya di PC, membuka PDF yang terkunci juga bisa dilakukan di smartphone alias mobile sehingga jauh lebih praktis dan bisa dilakukan dari mana saja.

Demikianlah pembahasan pada kesempatan kali ini, jangan lupa untuk menggunakan layanan Hosting Murah dari Qwords.com yang bisa didapatkan mulai dari Rp14,500 perbulan. Sebagai pelengkap website, Anda juga bisa menambahkan Sertifikat SSL sebagai komitmen kepada konsumen terkait keamanan data ketika mereka bertransaksi melalui situs yang Anda kelola.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *