Siapa sih yang tidak kenal dengan WordPress? salah satu CMS yang membantu Anda dalam proses membuat blog atau website. Dulu sebelum ada WordPress, untuk membuat sebuah website adalah hal yang tidak mudah. Dengan adanya perkembangan teknologi internet yang semakin pesat akhir-akhir ini menjadi salah satu keuntungan untuk kita semua.

Apalagi sekarang ini banyak orang yang mencari segala informasi melalui mesin pencari terutama dari Google. Dengan adanya website, Anda bisa memanfaatkan moment ini untuk berbagi informasi, tak terkecuali bisa digunakan untuk berbisnis.

Tutorial Lengkap Cara Membuat WordPress
Tutorial Lengkap Cara Membuat WordPress

WordPress.com VS WordPress.org

Sebelum melanjutkan, Anda perlu tahu WordPress ada 2 versi yang pertama WordPress.com dan yang kedua WordPress.org. Lalu apa perbedaan mendasar dan mana yang paling cocok untuk website Anda? silahkan simak pembahasanya berikut ini:

WordPress.com vs WordPress.org
WordPress.com vs WordPress.org

WordPress.com

WordPress.com adalah versi gratis yang diberikan WordPress kepada Anda, jika Anda pernah menggunakan platform blogger.com maka WordPress.com ini tidak berbeda jauh. Anda tidak perlu memiliki domain dan hosting, semuanya sudah disediakan dari WordPress.com secara gratis. Anda hanya perlu mendaftar saja secara gratis dan pilih nama domain website yang sesuai dengan bisnis yang dimiliki.

Yang perlu menjadi catatan karena ini bersifat gratis Anda perlu mentaati peraturan yang telah dibuat WordPress.com, selain itu untuk ekstensi nama domain yang akan Anda dapatkan nantinya www.domainanda.wordpress.com. Untuk fitur yang dimiliki jika dibandingkan dengan WordPress.org akan ada banyak perbedaan, namun untuk Anda yang baru memulai belajar blog atau website di WordPress.com ini sudah cukup.

WordPress.org

WordPress.org ini adalah versi lengkapnya dari WordPress.com, Anda diberikan keleluasaan dalam pengelolaan website dengan berbagai fitur yang dimiliki. Selain itu dari segi support, forum, themes dan ketersediaan plugin WordPress.org ini sangat mendukung sekali. Anda tidak perlu membutuhkan coding untuk bisa memiliki website yang bagus.

Untuk domain Anda bebas beli domain murah di provider domain, selain itu untuk kapasitas hosting Anda bebas menentukan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu Anda bebas melakukan kustomisasi website asal tidak menyalahi aturan dari Google. Rekomendasi dari kami untuk website bisa ditambah plugin WordPress terbaik yang sudah kami bahas pada artikel sebelumnya.

Cara Membuat WordPress

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara membuat  WordPress versi gratisan dengan WordPress.com, untuk Anda yang ingin membuat website WordPress self hosted silahkan dibuka pada artikel tentang Cara Install WordPress di cPanel. Sebelum melanjutkan cara membuat website pastikan Anda sudah menyiapkan email yang aktif.

  1. Buka dulu alamat website WordPress.com kemudian pilih ‘Mulai situs web Anda’

    Buka URL WordPress.com
    Buka URL WordPress.com

  2. Setelah itu Anda akan disuruh memasukan email pengguna, nama pengguna dan password. Catat baik-baik semuanya tadi agar saat akan login kemudian hari tidak lupa. Jika sudah silahkan pilih menu ‘Buat akun Anda’.

    Memasukan email, nama pengguna dan kata sandi
    Memasukan email, nama pengguna dan kata sandi

  3. Akan ada 4 pilihan yang bisa Anda sesuaikan yaitu Blog, Business, Profesional dan Online Store. Disini kami memilih Blog untuk memulai website dari

    Pilih Jenis Website
    Pilih Jenis Website

  4. Anda akan diminta memasukan tentang kategori website Anda, saya mencontohkan ‘Digital Marketing’, silahkan isi bebas sesuai dengan keinginan, klik ‘Continue’ untuk melanjutkan.

    Memilih kategori website
    Memilih kategori website

  5. Selanjutnya Anda diminta untuk menjelaskan tentang nama website Anda, saya menuliskan Belajar Digital Marketing, ini nanti masih bisa dirubah saat sudah jadi, jadi Anda tidak perlu pusing untuk mengisinya, klik ‘Continue’ untuk melanjutkan.

    Mengisi Penjelasan Isi Website
    Mengisi Penjelasan Isi Website

  6. Anda akan diminta menuliskan alamat domain website Anda, pastikan nama domain tersebut belum ada yang memilikinya. Kami mencontohkan dengan nama ‘pojokdigitalmarketing’ yang nantinya akan menjadi pojokdigitalmarketing.wordpress.com. Pilih pada bagian ‘Free’ agar Anda tidak perlu membayar, di WordPress.com ini juga menjual domain dan hosting seperti kebanyakan penyedia Hosting Indonesia lainnya.

    Menuliskan Alamat Domain
    Menuliskan Alamat Domain

  7. Langkah terakhir akan ada pilihan berbagai plan yang bisa Anda sesuaikan, pilih ‘Start with a free site’ pada bagian atas.

    Pilih Plan Hosting
    Pilih Plan Hosting

  8. Jika sudah nanti Anda akan masuk ke dashboard WordPress.

    WordPress Siap Digunakan
    WordPress Siap Digunakan

  9. Konfirmasi email Anda dan launch your site untuk menampilkan website Anda di Internet.

Nah demikian tutorial lengkap cara membuat WordPress untuk pemula. Untuk memaksimalkan website WordPress agar bisa bersaing dengan WordPress self hosted atau website lain, nampaknya Anda perlu memaksimalkan dengan Teknik SEO Optimasi Website. Untuk teknik SEO ini bisa diaplikasikan di berbagai website tanpa mengenal platform yang digunakan.

Untuk Anda yang berencana melakukan upgrade ke WordPress Self Hosted, kami menyarankan menggunakan Hosting Murah dari Qwords.com, mulai dari 14.500/bulan Anda sudah bisa memiliki hosting yang sudah siap untuk website bisnis Anda. Tunggu apalagi segera gunakan hosting terbaik dari Qwords.com

Jika ada kendala dalam proses instalasi atau ada tambahan cara membuat WordPress bisa Anda tambahkan pada kolom komentar dibawah.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *