Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Cara Membuat Tautan Dofollow dan Nofollow di WordPress

3 min read

CARA MEMBUAT TAUTAN DOFOLLOW DAN NOFOLLOW

Tautan dofollow dan nofollow kerap digunakan ketika sedang melakukan optimasi internal maupun external link.

Kalau Sahabat Qwords belum tahu, dofollow dan nofollow pada suatu tautan akan sangat berpengaruh terhadap SEO, loh.

Namun, banyak pengguna yang belum mengetahui cara membuat tautan dofollow atau nofollow dengan tepat. 

Padahal, cara membuatnya itu sangat mudah, loh. Mari, simak artikel ini untuk mempelajari selengkapnya!

Mengenal Tautan Dofollow dan Nofollow

Sebelum belajar cara membuat tautan dofollow dan nofollow, Sahabat Qwords perlu mengetahui mengenai pengertian dofollow dan nofollow terlebih dahulu.

a. Pengertian Dofollow

Dofollow adalah atribut tautan yang memberikan sinyal pada mesin pencari untuk mengikuti dan mengindeks halaman yang ditautkan.

Istilah dofollow juga memiliki nama lain yakni follow, kebalikan dari nofollow.

Dalam istilah teknis, tautan dofollow memberikan “nilai” atau “pengakuan” kepada halaman yang ditautkan, sehingga dapat membantu meningkatkan peringkat halaman tersebut dalam hasil pencarian. 

Tautan dofollow biasanya digunakan untuk menghubungkan konten yang relevan dan berkualitas di antara website, atau juga bisa disebut (backlink).

b. Pengertian Nofollow

Sementara itu, nofollow link adalah tautan yang disertai atribut rel=nofollow, sebuah sinyal kepada mesin pencari untuk tidak mengikuti tautan dan tidak memberikan nilai SEO pada halaman yang ditautkan. 

Dengan begitu, semua tautan yang memiliki atribut rel=”nofollow” tidak akan memengaruhi peringkat SEO pada halaman atau website.

Tautan nofollow biasanya digunakan untuk menghindari memberikan “pengakuan” terhadap tautan website yang tidak tepercaya, tautan sponsor, atau tautan yang tidak relevan.

Pentingnya Tautan Dofollow dan Nofollow dalam SEO

Dalam implementasi SEO, dofollow dan nofollow link mempunyai beberapa peranan sebagai berikut:

a. Dofollow

  1. Meningkatkan Authority: Tautan dofollow membantu Anda dalam meningkatkan authority website. Semakin banyak tautan (backlink) dofollow yang relevan dan berkualitas karena konten Anda juga berkualitas, maka authority website Anda akan semakin meningkat
  2. Meningkatkan Ranking Website: Authority website yang meningkat juga akan membantu menaikkan ranking website Anda pada mesin pencarian. Sehingga, jumlah traffic juga akan bertambah

b. Nofollow

  1. Mengontrol Kualitas Tautan: Nofollow membantu dalam mengontrol kualitas tautan yang keluar dari website Anda. Selain itu, Anda juga dapat menghindari memberikan ‘nilai’ SEO pada website yang tidak relevan atau tidak tepercaya.
  2. Mencegah Spam: Menggunakan tautan nofollow dapat membantu melindungi website Anda dari spam dan tautan berlebihan yang dapat merugikan Anda.
  3. Mematuhi Panduan Mesin Pencari: Tautan seperti sponsor harus diberi atribut nofollow sesuai dengan panduan mesin pencari.

Nah, dalam mengelola website, Sahabat Qwords perlu memperhatikan skala tautan nofollow dan dofollow yang ada.

Jangan sampai Anda memberikan tautan dofollow sembarangan kepada website atau halaman yang tidak relevan dengan website Anda.

Dengan begitu, performa SEO pun akan tetap terjaga baik. Lantas, bagaimana cara membuat tautan dofollow dan nofollow pada website?

Cara Membuat Tautan Nofollow dan Dofollow di WordPress

Beruntunglah Sahabat Qwords yang menggunaan WordPress sebagai platform website.

Pasalnya, Anda dapat dengan mudah mengustomisasi banyak hal tanpa perlu memiliki kemampuan coding.

Begitu pula saat membuat tautan. WordPress menyediakan opsi kepada penggunanya, yakni dengan plugin atau juga dapat secara manual.

Nah, untuk memudahkan Sahabat Qwords, tutorial ini akan dilakukan menggunakan plugin agar lebih cepat.

  • Login ke dasbor WordPress Anda
  • Pergi ke menu Plugin > Add New
  • Cari plugin bernama Rel Nofollow Checkbox (by Fabio Santos) atau Rel nofollow (by Stefano Ottolenghi)
  • Klik Install Now dan Activate untuk mengaktifkan plugin
  • Setelah plugin berhasil terpasang dan diaktifkan, Anda bisa mulai membuat tautannya
  • Buka menu Posts > Add New 
  • Tulis artikel yang ingin Anda publikasikan
  • Highlight teks yang ingin Anda tambahkan tautan ke dalamnya (kolom merah), lalu pilih Insert/edit link (kolom kuning) atau juga bisa dengan mengeklik CTRL + K untuk memasukkan tautan

cara membuat tautan dofollow dan nofollow langkah pertama. Highlight kata yang ingin ditambahkan tautan ke dalamnya

  • Tekan tombol gerigi untuk mengubah pengaturan tautan 

klik ikon gerigi atau pengaturan untuk mengustomisasi tautan

  • Masukkan tautan pada kolom URL

pilih add rel="nofollow" to link

  • Centang pada pilihan Add rel=”nofollow” to link untuk tautan nofollow. Sedangkan untuk dofollow, Anda bisa menghilangkan centang pada pilihan ini
  • Lalu, Anda bisa memilih Open link in a new tab apabila ingin membuka jendela baru ketika pengunjung mengeklik tautan tersebut. Klik Add link untuk menyimpannya

Mudah, kan?

Selain Nofollow dan Dofollow, Ada Sponsored dan UGC!

Jika Sahabat Qwords memperhatikan tutorial sebelumnya, terdapat pilihan Add rel=”sponsored” dan rel=”ugc”.

Nah, jadi pada tahun 2019 tepatnya bulan September, Google memperkenalkan atribut tautan yang baru, yakni sponsored dan UGC. Apa itu?

1. rel=”sponsored”

Tautan dengan atribut ini merupakan bagian dari promosi atau tautan berbayar. 

Dengan kata lain, ini adalah cara untuk mengindikasikan bahwa tautan tersebut adalah tautan sponsor atau tautan iklan yang mungkin membayar website yang menautkannya.

Penggunaan atribut ini memberikan sinyal pada mesin pencari untuk memahami bahwa tautan tersebut mungkin memiliki aspek komersial.

2. rel=”ugc”

Atribut “rel=ugc” digunakan untuk mengidentifikasi tautan yang berasal dari komentar atau konten yang dibuat oleh pengguna (user-generated content) dalam suatu website, forum, atau platform lainnya. 

Secara keseluruhan, kedua atribut yang baru tersebut memiliki fungsi yang sama layaknya dofollow dan nofollow, yakni sebagai panduan bagi mesin pencari menyikapi suatu link atau tautan yang perlu dipertimbangkan atau diabaikan.

Membuat Tautan Dofollow dan Nofollow Itu Mudah, ‘kan?

Dalam menerapkan strategi SEO, ada beberapa aspek yang perlu dipahami oleh setiap pengguna, dan salah satunya adalah tautan dofollow dan nofollow.

Singkatnya, dofollow dan nofollow adalah atribut yang terdapat pada tautan pada website yang memberikan sinyal kepada mesin pencari untuk memberikan ‘nilai’ atau mengabaikannya.

Nah, untuk membuat atribut dofollow dan nofollow, ada cara yang paling mudah yakni menggunakan plugin WordPress.

Jika Sahabat Qwords membaca artikel ini hingga selesai, maka Anda dijamin akan bisa membuat tautan dofollow dan nofollow dengan cepat.

Bagaimana, tutorialnya mudah ‘kan?

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Review Qwords, Provider Hosting dengan Layanan…

Provider hosting yang memiliki layanan lengkap adalah Qwords, sudah lama membangun reputasi sebagai penyedia layanan hosting dengan keunggulan layanan yang lengkap dan berkualitas. Sebagai...
Eril Obeit Choiri
5 min read

6 Tips Menjadi Wirausaha Sukses dari…

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan fleksibel dan mudah. Salah satunya adalah menjalankan bisnis dari rumah. Mundur tiga hingga empat...
Jordy Prayoga
2 min read

Review Qwords, Hosting Cloud Cepat, Aman…

Qwords, mungkin ada dari beberapa pembaca blog ini yang belum mengenal secara detail tentang Qwords.  Qwords memiliki layanan utama penjualan domain hosting dengan berbagai...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *