Ketika Anda mengunjungi sebuah website, kadang dibagian atas terdapat gambar bergerak secara otomatis. Bagian ini biasanya berisi info-info penting seperti promo, diskon, postingan terbaru atau tentang info produk. Fitur ini menjadi salah satu hal yang penting agar bisa menarik perhatian pengunjung yang datang. Fitur gambar bergerak ini biasa dikenal dengan slider, slideshow atau bisa juga disebut carousel.

Jika Anda belum pernah membuat slider, pada WordPress saat ini tersedia banyak plugin slider yang bisa Anda install, tetapi kami merekomendasikan ada 10 plugin slider WordPress gratis terbaik. Mengapa harus menginstall slider? Karena saat ini slider merupakan salah satu fitur WordPress yang menarik, meningkatkan konversi dan bermanfaat untuk mengurangi skor bounce rate.

Cara Membuat Slider Di WordPress Dengan Cepat
Cara Membuat Slider Di WordPress Dengan Cepat

Kapan Waktu Memasang Slider?

Mungkin Anda bertanya kapan sebaiknya waktu memasang slider yang tepat? Jawabnya tergantung dari tipe website dan tujuannya apa dulu. Penempatan slider biasanya berada di bagian atas dan dibagian bawah. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda, untuk bagian atas biasanya untuk menganti header atau menampilkan konten-konten yang bersifat penting. Untuk slider bagian bawah biasanya berisi testimoni, komentar atau pelanggan.

Jika Anda melihat website berita akan lebih kompleks lagi, Anda akan menemui banyak slider dengan konten artikel berita, video bahkan iklan. Tujuannya memang agar semua bisa ditampilkan dalam satu tempat, bayangkan jika ditampilkan satu persatu maka akan membutuhkan space yang yang banyak.

Perlu diperhatikan pula untuk pemasangan slider jangan terlalu banyak karena akan memberatkan server, akibatnya loading website akan lambat. Selain itu anda juga perlu menambahkan plugin SEO pada webiste anda agar lebih powerfull. Silahkan baca terlebih dahulu rekomendasi 12 plugin SEO WordPress terbaik.

Kelebihan Slider Smart Slider 3

Plugin Smart Slider
Plugin Smart Slider

Secara default, WordPress memang tidak memiliki fitur ini. Anda diharuskan menginstall plugin tambahan untuk bisa mendapatkan fitur ini. Ada banyak jenis plugin slider yang tersedia saat ini, tetapi saya lebih merekomendasikan kepada plugin WordPress Smart Slider 3. Kenapa saya merekomendasikan Smart Slider 3 ini, karena plugin ini memiliki berbagai fitur menarik seperti:

  • Simple
  • User friendly
  • Memiliki banyak fitur
  • Load gambar yang cepat
  • SEO Friendly
  • Developer friendly

Cara Membuat Slider di WordPress

Nah sekarang waktunya untuk membuat slider WordPress dengan cepat, pastikan dulu Anda sudah memiliki domain hosting dan sudah terinstall CMS WordPress. Jika Anda belum memiliki domain hosting, di Qwords kami menyediakan paket hosting unlimited dengan gratis domain, jadi Anda hanya perlu membayar hosting unimitednya saja. Berikut cara membuat slider di WordPress dengan cepat:

  1. Login ke akun WordPress Anda.
  2. Kemudian pada bagian dashboard WordPress pilih Plugin > Add New.

    Add New Plugin
    Add New Plugin

  3. Pada kolom pencarian tulis “Smart Slider 3”.

    Plugin Smart Slider 3 dan Cara Installnya
    Plugin Smart Slider 3 dan Cara Installnya

  4. Smart Slider 3 memiliki logo huruf “S” background warna biru dengan developer dari Nextend.
  5. Kemudian pilih Install Now dan Activate.
  6. Jika sudah benar maka nanti akan ada menu tersendiri pada bagian bawah, silahkan Anda cari dan buka.

    Dashboard Smart Slider 3
    Dashboard Smart Slider 3

  7. Setelah masuk pada dashboard Smart Slider 3, akan ada pilihan New Slider atau Template Library, jika Anda menggunakan gambar sendiri lebih disarankan untuk memilih New Slider.

    Dashboard create slider wordpress
    Dashboard create slider wordpress

  8. Setelah memilih New Slider, akan ada pilihan Preset Default, Full Width dan Thumbnail Horizontal. Kita coba pilih Default dan pilih menu Create.

    Create slider sesuai dengan kebutuhan
    Create slider sesuai dengan kebutuhan

  9. Pilih Add Slide Image, nantinya Anda akan diarahkan ke Media Library WordPress, silahkan pilih gambar yang akan Anda gunakan sebagai slider.

    Dashboard create slider wordpress
    Dashboard create slider wordpress

  10. Pada gambar yang sudah Anda pilih, klik Edit dan sesuaikan dengan desain yang Anda inginkan.

    Edit sesuai dengan kreativitasmu
    Edit sesuai dengan kreativitasmu

  11. Untuk menambahkan Header, Deskripsi, Button dll dapat Anda temukan di pojok kiri berwarna hijau.

    Edit custom slider
    Edit custom slider

  12. Jika sudah klik Save slider pada pojok kanan atas Anda.
  13. Klik menu Slider pada pojokan dan scroll ke bawah sampai pada bagian Publish.

    Publish slider
    Publish slider

  14. Ada 3 metode yang bisa Anda lakukan untuk memasang slider pada WordPress. Tetapi untuk metode 1 dan 2 tidak berbeda jauh.
  15. Untuk publish berada di Post atau Page caranya cukup mudah, copy shortcodenya dan kemudian ke dashboard menu Post > Add New,
    Add New untuk publish slider
    Add New untuk publish slider

    Paste di halaman post dan rubah menjadi “edit as HTML”. Jika sudah Publish slider yang sudah Anda buat tadi.

  16. Untuk PHP Code, caranya Anda copy dulu PHP Codenya, kemudian pergi Dashboard > Appearance, Theme Editor > Cari file Main Index Template (index.php).
    Simpan script code di themes
    Simpan script code di themes

    Paste file PHP Code tadi dibawah penutup </header>, jika sudah jangan lupa Update File.

  17. Cek alamat website Anda sudah bisa atau belum.
    Slider posisi header website
    Slider posisi header website

    Slider pada posisi post
    Slider pada posisi post

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat slider di WordPress dengan cepat. Silahkan anda mengikuti langkah-langkah diatas sampai selesai. Jika Anda mengalami kendala atau ada pertanyaan seputar slider silahkan tulis dikolom komentar dibawah.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *