Cara membuat sitemap pada WordPress sebenarnya mudah sekali dilakukan, cukup dengan menggunakan CMS WordPress sudah tersedia berbagai plugin sitemap. Jika website Anda belum memiliki sitemap sampai saat ini, cobalah segera membuatnya karena memiliki efek yang sangat penting terutama untuk SEO website.

Apa Itu Sitemap

Cara Membuat Sitemap WordPress
Cara Membuat Sitemap WordPress

Bagi Anda yang belum tahu, peta situs atau yang lebih dikenal dengan sitemap adalah daftar halaman website yang sudah terpublish dan dapat diakses sehingga bisa dibaca oleh user atau mesin pencari Google. Dengan adanya sitemap, Google mudah merayapi halaman-halaman yang ada pada website, sehingga untuk indeks bisa dilakukan lebih cepat.

Ada beberapa tipe format sitemap yang banyak digunakan untuk website-website sekarang ini, untuk semua file sitemap ukuran maksimalnya tidak boleh lebih dari 50MB. Selain itu ada juga batasan jumlah URL yang bisa dibaca sitemap yaitu 50.000 url, jika lebih dari jumlah tersebut bisa Anda pecah menjadi dua sitemap atau lebih. Beberapa format sitemap yang dikenali Google diantaranya: XML, RSS, mRSS, Atom 1.0 dan Teks.

Anda mungkin pernah menemui beberapa sitemap yang ditampilakan pada website, tetapi memang ada beberapa website yang tidak menampilkan sitemap. Jika Anda ingin melihat sitemap bisa mengakses salah satunya dengan cara menuliskan url domainAnda.com/sitemap_index.xml. Umumnya saat membuka pada bagian post-sitemap.xml, isinya seperti daftar isi yang ada pada buku.

Perbedaan Sitemap XML dan Sitemap HTML

Sitemap XML
Sitemap XML

Secara umum Sitemap dikategorikan menjadi dua, yaitu sitemap XML dan sitemap HTML. Walaupun keduanya sama-sama sitemap, keduanya memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda, nah berikut perbedaan sitemap xml dan sitemap html:

  • Sitemap XML adalah sitemap yang memang dikhususkan untuk mesin pencari yang isinya berupa URL website, internal link, gambar dan metadata website.
  • Sitemap HTML adalah sitemap yang dibuat untuk keperluan user sehingga memudahkan dalam navigasi website. Sitemap ini juga seberanya memiliki nilai lebih untuk SEO karena berhubungan dengan internal link, user experience dan navigasi website.

Keuntungan Sitemap Website

Sebelum melanjutkan cara membuat sitemap WordPress, nampaknya Anda perlu tahu keuntungan memiliki sitemap WordPress itu apa saja, berikut pembahasannya:

  • Memudahkan user untuk mencari halaman pada website.
  • Memudahkan halaman ditemukan oleh search engine Google.
  • Index pada setiap halaman menjadi lebih cepat.
  • Sitemap memiliki fungsi untuk memberitahu kepada search engine jika ada perubahan secara cepat.
  • Internal link website menjadi lebih cepat diindex oleh search engine.
  • Lebih mudah dalam memetakan keyword yang ada pada website.

Beberapa point diatas bisa menjadi alasan mengapa Anda harus membuat sitemap pada website. Nah untuk cara membuat sitemap pada WordPress silahkan ikuti caranya berikut ini.

Baca juga : Belajar SEO Untuk Pemula

Cara Membuat Sitemap WordPress

Untuk Anda yang belum tahu cara membuat sitemap WordPress bisa mengikuti tutorialnya dibawah ini. Perlu dicatat bahwa ini khusus untuk website menggunakan CMS WordPress untuk Anda yang belum memiliki website dengan WordPress nampaknya perlu beralih ke platform WordPress. Untuk masalah pemilihan hosting, kami memiliki saran WordPress Hosting dari Qwords yang sudah terbukti dan memiliki garansi. Berikut tutorial membuat sitemap WordPress:

– Sitemap WordPress dengan Google XML Sitemaps

Cara pertama ini kita bisa menggunakan plugin ‘Google XML Sitemaps’ dari developer ‘Arne branchhold’. Sudah ada 2 juta active installations dan memiliki rating bintang 5 sempurna. Untuk caranya  bisa ikuti dibawah ini:

  • Yang pertama silahkan login terlebih dulu ke website WordPress Anda.
  • Setelah itu scroll kebawah dan temukan menu ‘Plugin’, kemudian silahkan pilih ‘Add New’.

    Google XML Sitemaps
    Google XML Sitemaps

  • Pada kolom pencarian silahkan tulis ‘Google XML Sitemaps’, jika sudah ketemu silahkan pilih ‘Install Now’ dilanjutkan pilih ‘Activate’.
  • Setelah itu silahkan buka menu ‘Settings’ kemudian scroll kebawah dan temukan menu XML-Sitemap, buka menu tersebut.

    URL Sitemap XML
    URL Sitemap XML

  • Sitemap WordPress Anda sudah jadi, lihat pada bagian atas.

    XML Sitemap Index
    XML Sitemap Index

–  Sitemaps WordPress dengan Yoast SEO

Plugin Yoast SEO ini merupakan plugin SEO terbaik dengan jumlah pengguna lebih dari 5 juta dengan rating bintang lima. Berikut cara membuat sitemap WordPress:

  • Silahkan Anda login ke dashboard WordPress website Anda.
  • Jika sudah silahkan scroll kebawah ke menu ‘Plugins’ kemudian pilih ‘Add New’.

    Yoast SEO
    Yoast SEO

  • Silahkan pilih ‘Install Now’ kemudian dilanjut ‘Activate’.
  • Silahkan kembali lagi ke dashboard WordPress, scroll kebawah dan temukan menu ‘SEO’. Buka menu tersebut, pada bagian ‘General’ silahkan aktifkan ‘XML Sitemaps’. Untuk melihat URL Sitemapnya silahkan Anda klik pada icon ‘tAnda tanya’ pada atas button On Off. Coba akses apakah sudah berhasil atau belum.

    XML Sitemap Yoast
    XML Sitemap Yoast

Selain 2 plugin diatas, masih ada beberapa plugin lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat sitemap WordPress. Perlu diingat pula setelah Anda berhasil membuat sitemap, Anda perlu melakukan submit pada Google Search Console yang tujuannya agar website Anda semakin cepat diindeks oleh mesin pencari Google. Untuk letaknya bisa Anda lihat pada gambar dibawah ini.

Submit Sitemap WordPress
Submit Sitemap WordPress

Nah bagaimana mudah bukan cara membuat sitemap WordPress? jika Anda mengalami kesulitan atau masalah saat proses instalasi silahkan tuliskan dikolom komentar dibawah.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *