Cara Membuat Podcast di Website Dengan Mudah 

3 min read

Cara Membuat Podcast di Website Dengan Mudah

Apakah Anda seorang podcasters dan ingin mempublikasikan konten podcast Anda di website? Atau Anda seorang marketers dan berencana menggunakan podcast sebagai bagian dari strategi content marketing Anda? Nah dalam artikel ini, kami akan mengulas cara membuat podcast di website (WordPress) menggunakan bantuan plugins. Penasaran? Mari telusuri! Cara Membuat Podcast di Website Dengan Mudah

Cara Membuat Podcast di Website 

Podcast memang telah menjelma menjadi salah satu tipe konten yang paling populer di internet dewasa ini. Edison Research bahkan mencatat kalau per April 2020, sudah ada 30 juta episode podcast yang dibagikan di berbagai platform dunia maya.

Bagi pemilik website, mempublikasikan podcast juga bisa jadi cara ampuh untuk meningkatkan engagement dan performa SEO. Dan kabar baiknya bagi pengguna WordPress, Anda mendapatkan kemudahan untuk membuat podcast dengan bantuan plugins. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Akses Dashboard WordPress Anda dan buka menu Plugins > Add New
  2. Kemudian, tulis nama podcast plugin yang Anda pilih dalam kolom search
  3. Lalu, klik install now > activate
  4. Jika plugin sudah diaktifkan, Anda hanya perlu menyesuaikan pengaturannya sesuai kebutuhan Anda. Nah, setiap plugin mempunyai area konfigurasi yang berbeda. Jika Anda memilih PowerPress, misalnya, Anda bisa mengatur plugin tersebut melalui menu PowerPress atau Settings > PowerPress.      
  5. Jika sudah, sekarang Anda bisa mempublikasikan episode podcast pertama Anda layaknya membuat post biasa. 

Cukup mudah bukan? Selanjutnya mari kita bahas opsi podcast plugin terbaik yang bisa Anda pilih. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:  

1. PowerPress

PowerPress PluginAnda sedang mencari podcast plugin yang ramah pengguna? PowerPress adalah opsi terbaik. Plugin ini menawarkan kemudahan proses instalasi, integrasi, publikasi, hingga penyebaran konten ke berbagai platform podcast seperti Google Podcast, Spotify, iTunes, serta saluran lainnya. Menariknya, PowerPress dibekali dengan ratusan fitur, termasuk SEO tools yang akan membantu konten Anda bersaing di search engines maupun the Apple Podcasts directory.      

Selain itu, PowerPress juga terintegrasi dengan berbagai audio dan video players, serta mendukung berbagai format podcast; baik itu mp3, m4a, m4v, maupun mp4. Tak lupa, plugin ini juga menyediakan Blubrry Statistics untuk membantu Anda mengamati performa konten yang dibagikan. Nah, data tersebut bisa Anda akses dari WordPress dashboard.  

2. Podlove Podcast PublisherPodlove Podcast Publisher

Podlove Podcast Publisher merupakan open-source podcast plugin yang bisa Anda unduh secara gratis. Plugin ini mendukung HTML5 web player serta kompatibel dengan berbagai browsers, sehingga podcast Anda nantinya dapat diakses dari perangkat apapun, termasuk yang memiliki tampilan layar sentuh. 

Selain itu, Podlove Podcast Publisher juga menyediakan analytics—di mana Anda dapat melihat detail performa setiap episode atau mencari tahu konten mana yang paling populer. Tak lupa, plugin ini juga mendukung berbagai format audio dan video; meliputi MP3, MP4 AAC, Vorbis, WebM, Theora, serta beberapa format lainnya.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Podcast & Perkembangannya Saat Ini    

3. Smart Podcast PlayerSmart Podcast Player

Jika Anda ingin mengintegrasikan podcast ke dalam strategi branding dan marketing, Smart Podcast Player mempunyai berbagai fitur fungsional untuk membantu Anda meraih kesuksesan. Plugin premium ini dilengkapi dengan fitur social sharing, yang memungkinkan Anda mempromosikan seluruh arsip podcast kepada audiens yang lebih luas. Bahkan, Anda juga bisa memperoleh alamat email pendengar untuk meningkatkan lead generation.

Di samping itu, Smart Podcast Player juga memberikan kemudahan kustomisasi warna tema, sehingga Anda akan mudah menyesuaikannya agar sejalan dengan strategi branding Anda. Hebatnya lagi, plugin ini juga menawarkan user experience yang menjanjikan, seperti kemudahan bagi pendengar untuk mempercepat atau memperlambat podcast.                  

4. Libsyn PodcastingLibsyn Podcasting

Podcast premium selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah Libsyn Podcasting. Untuk menggunakannya, Anda terlebih dahulu harus mempunyai akun atau berlangganan layanan hosting di Libsyn. Hebatnya, Libsyn Podcasting dibekali dengan banyak sekali fitur-fitur fungsional. Salah satu yang paling menjanjikan adalah scheduling—sebuah fitur yang akan membantu Anda mengatur jadwal publikasi konten dengan mudah.

Kemudian, seluruh episode podcast yang Anda unggah juga akan tersimpan di Libsyn servers, sehingga tidak akan mempengaruhi kapasitas penyimpanan WordPress hosting Anda. Inilah juga yang menjadi alasan mengapa podcast Libsyn nantinya tetap bisa diakses meskipun website Anda mengalami down.        

5. Simple Podcast Press

Simple Podcast PressSebagaimana namanya, Simple Podcast Press menawarkan langkah membuat podcast yang sangat gampang, yakni hanya dengan menambahkan URL konten iTunes Anda. Nantinya, setiap episode juga dibekali dengan timestamps—yang akan memudahkan pendengar untuk melompat ke waktu tertentu atau langsung mendengarkan topik intinya. 

Selain itu, Anda juga bisa menampilkan tombol call-to-action, review, playlist, serta tombol social sharing ke setiap episode. Menariknya, plugin ini juga mendukung berbagai layanan email marketing seperti MailChimp, ConvertKit, GetResponse, dan Aweber; yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat daftar prospek dan memperoleh lead generation yang lebih banyak.

Baca Juga: Tren Desain Web Terpopuler dan Kekinian

6. Seriously Simple Podcasting

Seriously Simple PodcastingJika Anda lebih tertarik menggunakan podcast plugin gratis, Seriously Simple Podcasting bisa jadi salah satu opsi terbaik. Yang paling menarik spesial dari plugin ini adalah fitur kustomisasinya yang komplit. Sebagai contoh, Anda dapat mengubah warna hingga menambahkan gambar ke media player Anda.

Tak ketinggalan, Seriously Simple Podcasting juga dilengkapi dengan beberapa add-ons yang akan menambah fungsionalitas podcast Anda—seperti Seriously Simple Stats (fitur statistik) dan Rev (fitur transkripsi). Kemudian, plugin ini juga menyediakan shortcodes dan widget yang memberikan kebebasan bagi Anda untuk menampilkan episode, playlist, atau arsip podcast di bagian web manapun yang Anda suka. 

7. BuzzsproutMembuat Podcast dengan Buzzsprout

Buzzsprout merupakan premium podcast plugin yang mempunyai tampilan user interface yang sederhana dan intuitif. Plugin ini hadir dalam versi gratis yang bisa digunakan selama 90 hari dan mempunyai kapasitas podcast hingga 2 jam setiap bulannya. 

Bagi Anda yang berencana membuat podcast lebih dari 2 jam per bulan, Anda dapat menggunakan versi premium yang juga menawarkan fitur lebih lengkap; seperti unlimited storage, statistik, dan magic mastering (fitur untuk memfilter audio). Nantinya, konten Anda juga terintegrasi dengan banyak podcast directories; termasuk Google Podcasts, Apple Podcasts, iHeart Radio, Spotify, dan masih banyak lainnya.

Mulai Publikasikan Podcast Anda Sekarang

Jadi bagaimana, sudah menemukan podcast plugin terbaik untuk website Anda? Sekali lagi, Anda tak perlu meragukan bagaimana pengaruh positif yang ditawarkan podcast terhadap website Anda. Selain meningkatkan engagement dan SEO, podcast juga bisa jadi cara ampuh untuk mendorong visitors mendaftar newsletter dan menaikkan lead generation.

Untungnya, WordPress menawarkan cara mudah untuk mengintegrasikan website Anda dengan berbagai platform podcast ternama; serta mempublikasikan episode podcast segampang membuat post. Selain itu, WordPress juga menawarkan banyak pilihan podcast plugins, sehingga Anda tak akan kesulitan menemukan opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tapi perlu diingat, menambahkan banyak episode podcast juga bisa mempengaruhi ukuran dan waktu loading website Anda. Nah agar performanya bisa terus optimal dan cepat, pastikan Anda memilih hosting terbaik untuk WordPress. Anda juga bisa mempertimbangkan cloud hosting dari Qwords.com yang hadir dengan unmetered bandwidth dan skor uptime di atas 99.99%.

Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *