Saat ini, kita bisa melakukan kirim pesan kepada pengguna WhatsApp lain tanpa perlu menyimpan nomor telepon. Tentu ini menjadi fitur yang ditunggu-tunggu oleh para pebisnis online yang menggunakan WhatsApp untuk melakukan komunikasi dengan calon konsumen.

Fitur WhatsApp Click to Chat ini sangat bermanfaat untuk pelaku bisnis online, bagaimana tidak jika dulu masih menggunakan SMS, Telepon atau menggunakan live chat yang membutuhkan effort lebih untuk sekedar bertanya-tanya tentang produk yang akan dibeli. Selain itu dari sisi penjual, dengan adanya WhatsApp ini menjadi lebih mudah dalam menjalin komunikasi dengan calon pelanggan.

Sekarang ini untuk bisa membuat link WhatsApp langsung ke chat pribadi sangat mudah sekali, jika Anda membuka website resmi dari WhatsApp sudah dijelaskan. Namun disini kami akan memberikan pengembangan yang lebih sehingga bisa bermanfaat untuk mengdongkrak omzet penjualan bisnis Anda.

Cara Membuat Link WhatsApp

Cara Membuat Link WhatsApp
Cara Membuat Link WhatsApp

Sebelum melanjutkan cara membuat link WhatsApp, kami sudah merangkum 3 cara membuat link WhatsApp yang bisa Anda gunakan, silahkan pilih mana yang dirasa paling pas dan mudah dipraktekan, berikut cara membuat WhatsApp Click to Chat:

1. Membuat Link WhatsApp Biasa

Untuk membuat link WhatsApp ini caranya mudah, Anda tinggal memasukan nomor telepon pada shortlink WhatsApp saja. Untuk implementasinya bisa Anda gunakan di facebook, instagram, blog, website, toko online dan lain sebagainnya sesuai dengan kebutuhan. Yang perlu Anda catat adalah nomor telepon harus menggunakan kode internasional, untuk Indonesia menggunakan kode 62 sebagai peganti 0 diawal nomor telepon.

Untuk penulisan nomor telepon juga jangan menggunakan spasi atau tanda strip, karena ini tidak akan kebaca oleh server WhatsApp. Misalkan nomor WhatsApp yang Anda miliki adalah 081939123456, maka Anda tinggal merubahnya menjadi 6281939123456. Sehingga untuk membuat link WA caranya seperti berikut ini:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281939123456

https://wa.me/6281234567890

Anda tinggal merubah saja nomor yang ada pada bagian belakang dengan nomor WhatsApp yang Anda miliki.

2. Membuat Link WhatsApp Bitly

Cara membuat link WhatsApp yang kedua menggunakan shortener. Shortener adalah fitur yang memungkinkan untuk memperpendek link URL sehingga lebih mudah diingat. Ada banyak jenis shortener URL yang ada saat ini, tetapi kebanyakan saat ini lebih banyak yang menggunakan Bitly. Untuk membuat shortlink menggunakan Bitly caranya mudah, silahkan ikuti langkahnya dibawah ini:

  • Yang pertama silahkan Anda buka website ‘Bitly’ dengan cara ketikan pada kolom search Google.

    Membuat Link WhatsApp Bitly
    Membuat Link WhatsApp Bitly

Jika sudah terbuka pada tengah terdapat kolom besar, silahkan masukan link yang akan Anda shortener, contoh diatas kami menggunakan “https://api.whatsapp.com/send?phone=6281939123456”,  jika sudah silahkan klik Shorten.

  • Untuk hasil shortener akan ditampil pada bawah kolom, Anda tinggal copy saja.

    Bitly Custom Shortlink
    Bitly Custom Shortlink

Untuk mendapatkan shortener link custom dari Bitly, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu. Setelah itu tinggal cari saja kira-kira menggunakan kata apa yang akan dimasukan, tetapi pastikan dulu kata tersebut belum ada yang menggunakannya. Contohnya seperti berikut ini:

Membuat Bitly Custom Shortlink
Membuat Bitly Custom Shortlink

Baca juga : Tips Memilih Nama Toko Online

3. Membuat Link WhatsApp Menggunakan Gambar

Nah yang terkahir dalam membuat link WhatsApp menuju chat adalah dengan menggunakan gambar. Dengan menggunakan gambar yang menarik dipercaya akan meningkatkan rasio konversi penjualan. Anda bisa mencari gambar desain  CTA WhatsApp button di Google seperti berikut ini:

Contoh CTA Button WhatsApp
Contoh CTA Button WhatsApp

Untuk cara settingnnya cukup mudah sekali, jika Anda menggunakan CMS WordPress silahkan ikuti cara membuat link WA dengan gambar berikut:

  • Silahkan Add Media dulu pada WordPress

    Membuat Link WhatsApp Dengan Gambar
    Membuat Link WhatsApp Dengan Gambar

  • Isi Alt Image dan Deskripsi seperti biasa kemudian tambahkan pada halaman postingan.
  • Jika sudah silahkan klik logo ‘Insert and Edit Link’ pada dashboard WordPress
  • Masukan URL tujuan ‘https://api.whatsapp.com/send?phone=6281939123456’ kemudian klik ‘Add Link’.

Silahkan coba apakah link pada gambar sudah aktif atau belum.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa menambahkan teks pada link WhatsApp agar lebih interaktif. Ini cocok untuk Anda yang menggunakan link WhatsApp pada bisnis online untuk order atau sekedar pemesanan. Berikut beberapa kode penting untuk menambahkan beberapa opsi pada WhatsApp Chat:

  • &text perintah ini untuk menambahkan teks pada link WhatsApp, bisa Anda sesuaikan sesuai dengan kebutuhan.
  • %20 perintah untuk menambahkan spasi dalam teks.
  • %0A perintah untuk menambahkan ganti baris/enter pada teks.

Contoh Link WhatsApp:

Menggunakan spasi : https://api.whatsapp.com/send?phone=6281234567890&text=Saya%20tertarik%20untuk%20membeli%20produk%20ini%20segera.

Contoh Link WhatsApp Menggunakan Text
Contoh Link WhatsApp Menggunakan Text

Untuk penggunaan enter Anda tinggal menganti kode saja, bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Nah bagaimana apakah Anda sudah tahu cara membuat link whatsapp langsung ke chat pribadi? Mudah bukan caranya. Untuk memaksimalkan konversi penjualan, Anda perlu menambahkan email marketing untuk bisnis. Qwords sekarang ini memilki layanan Email Marketing Murah untuk menjangkau calon konsumen melalui layanan email. Cukup dengan 66.000/bulan Anda sudah bisa menikmati layanan email marketing dengan unlimited contact. Tunggu apalagi miliki email marketing Anda sekarang juga.

Terima kasih

10 Replies to “Cara Membuat Link WhatsApp Langsung Ke Chat Pribadi

    1. Untuk saat ini kami belum menemukan untuk melakukan blasting via WA kak,
      coba cari-cari siapa tahu ketemu.
      Thanks

    1. Untuk saat ini kami belum menemukan caranya kak, WA baru bisa masuk chat pribadi.
      Terima kasih sudah menghubungi blog Qwords kak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *