Kartu nama masih berguna untuk saat ini?

Sekarang zaman sudah canggih semua serba teknologi digital. Hampir semua orang sudah menggunakan smartphone dan komunikasi sudah menggunakan aplikasi pesan instan dan layanan email. Jadi apakah kartu nama masih terpakai sekarang ini?

Jawabnya masih terpakai, walaupun zaman sudah maju sekarang ini pengunaan kartu nama masih banyak ditemui terutama pada acara-acara formal. Justru teknik marketing ini tidak kalah efektif dengan teknik digital marketing yang banyak digunakan sebagai alat promosi saat ini.

Alasan Kartu Nama Masih Penting

Agar Anda semakin yakin bahwa kartu nama hingga saat ini masih memiliki peranan yang penting, berikut Kami berikan beberapa alasannya:

  • Memperluas koneksi

Bertukar kartu nama dengan orang baru yang pasti akan menambah koneksi bisnis. ketika Anda memberikan kartu nama kepada orang lain sudah pasti nama Anda akan dikenal pada lingkungan orang tersebut, mungkin suatu saat jika membutuhkan sesuai kompetensi yang Anda miliki bisa untuk diajak kerjasama.

Contoh saja saat Anda mendatangi pertemuan bisnis pengusaha IT yang didalamnya banyak pengusaha dengan background yang berbeda, kebetulan Anda bertemu dengan pemilik web hosting. Suatu saat Anda akan ingin membuat website perusahaan, yang diingat pertama pasti kenalan saat pertemuan bisnis pengusaha IT tersebut, nah disinilah baru terjadi transaksi bisnis.

  • Lebih professional

Saat pertemuan dengan rekan baru, bertukar kartu nama satu sama lain adalah yang paling professional. Memang bisa saling bertukar informasi kontak dengan rekan lain tetapi terlihat kurang profesional dan data yang disimpan hanya sebatas nama dan nomor handphone saja, berbeda dengan kartu nama data yang tertulis lebih lengkap.

  • Terhindar dari kesalahan

Terkadang terjadi saat perkenalan dan tukar menukar nomor handphone, saat dibutuhkan nomor tidak bisa dihubungi dan ejaan nama yang ditulis salah. Nah dengan kartu nama hal ini bisa terhindarkan dengan mudah, tinggal memberikan kartu nama saja semua beres.

  • Media paling efektif

Walaupun sekarang zaman sudah serba canggih dan banyak teknik marketing untuk bisnis, tetapi kartu nama ini tetap tidak tergantikan. Anda bisa bertemu dengan rekanan bisnis baru ngobrol panjang lebar kemudian tukar menukar kartu nama, dari sini biasanya akan ada kerja sama bisnis baru antar keduanya.

  • Berguna saat tergesa-gesa

Saat tergesa-gesa, apakah Anda mungkin menanyakan nama dan nomor telepon? Jika sempat pasti rawan terjadi kesalahan. Nah dengan kartu nama Anda tinggal menyerahkan satu lembar kertas saja semua datanya sudah lengkap tidak perlu takut salah.

Baca juga : Tips Menjalankan Strategi Bisnis Yang Terbaik

Tips Membuat Kartu Nama

Cara Membuat Kartu Nama Keren
Cara Membuat Kartu Nama Keren

Nah agar kartu nama yang Anda buat terlihat keren dan profesional, ada beberapa tips membuat kartu nama yang perlu Anda ketahui, langsung saja berikut pembahasannya:

  • Gunakan font yang resmi

Agar mudah terbaca Anda bisa memilih font-font resmi seperti Sans Serif, Times New Roman, Arial dan sejenisnya.

  • Gunakan warna netral

Untuk pemilihan warna tidak perlu yang mencolok, jika memang identitas perusahaan Anda memiliki warna yang mencolok Anda bisa mengkombinasikan dengan background putih atau hitam agar terlihat lebih netral.

  • Buat jadi dua sisi

Dengan membuat dua sisi secara bolak balik Anda bisa memasukan informasi lain pada lembar sebaliknya.

  • Tuliskan nama lengkap

Nama disini silahkan ditulis nama sendiri, bisnis atau perusahaan secara lengkap, tujuannya agar saat orang mencari tahu keberadaan Anda bisa ditemukan dengan mudah.

  • Informasi kontak yang bisa dihubungi

Kartu nama Anda tetap harus mencantumkan kontak yang bisa dihubungi, tujuannya agar bisa saling berkomunikasi antar kedua belah pihak. Cantumkan nomor handphone, telepon dan email yang aktif dan sering Anda gunakan.

  • Alamat

Alamat juga tidak kalah penting dengan lainnya, dengan mencantumkan alamat yang jelas orang-orang bisa memastikan bahwa bisnis dan perusahaan yang Anda jalankan benar adanya tidak ada unsur menipu.

  • Sederhana

Kartu nama bukan seperti portofolio yang harus dibuat secara menarik mungkin, Anda hanya perlu memberikan informasi yang lengkap tentang diri atau bisnis Anda saja kepada orang yang baru dikenal.

Cara Membuat Kartu Nama

Bagaimana sudah siap membuat kartu nama sendiri? Sebelumnya pastikan Anda sudah mengetahui ukuran standar kartu nama yang ada saat ini, setiap negara memiliki standar ukuran yang berbeda-beda. Standar dunia yang paling banyak digunakan adalah ukuran kartu nama 88 x 53 mm dan 90 x 55 mm.

Cara Membuat Kartu Nama di Word

Nah cara yang pertama ini tergolong mudah karena sudah barang tentu pengguna laptop atau komputer memiliki aplikasi Microsoft Word. Kabar baiknya Anda bisa memanfaatkan Ms Word ini untuk membuat kartu nama, penasaran? Simak pembahasannya dibawah ini:

  • Silahkan buka aplikasi Microsoft Word terlebih dahulu
  • Kemudian pilih menu File > New dan kemudian pada kolom search tuliskan “Business Card”, kira-kira tampilannya seperti dibawah ini.

    Business Card dengan Word
    Business Card dengan Word

  • Nah jika sudah silahkan pilih salah satu dan “Create”, tunggu prosesnya sampai selesai.

    Create business card
    Create business card

  • Anda tinggal memasukan nama lengkap, nama perusahaan/bisnis, alamat, email dan website. Template lainnya yang ada pada word akan secara otomatis melakukan duplikasi dari satu template utama, kemudian tinggal cetak saja.

    Contoh membuat kartu nama dengan Word
    Contoh membuat kartu nama dengan Word

Cara Membuat Kartu Nama Online

Ada banyak layanan untuk membuat kartu nama online, jika Anda ingin tinggal beres bisa mencari jasa pembuatan kartu nama di Fiverr.com, Sribulancer, Freelancer dan sebagainnya. Tetapi jika ingin membuat kartu nama online sendiri Kami memiliki caranya, silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini:

  • Silahkan Anda kunjungi website freepdfcards.com, kira-kira tampilannya seperti dibawah ini.

    FreePDFCards
    FreePDFCards

  • Silahkan isi data yang perlu ditampilkan dan logo perusahaan Anda, jika sudah preview dan lakukan download.

Selain freepdfcards.com, Anda bisa membuat kartu nama dengan Canva, Jukebox, aplikasi Business Card Maker, Digital Business Card Maker dan masih banyak lagi.

Bagaimana mudah bukan cara membuat kartu nama keren dan profesional? Jika Anda kendala dalam proses pembuatan silahkan tulis pada kolom komentar dibawah.

Nah agar Anda dan bisnis Anda semakin dikenal oleh banyak orang, Anda perlu memiliki sebuah website yang sudah teroptimasi dengan mesin pencari. Jangan lupa untuk urusan hosting keperluan bisnis Anda bisa membelinya di Qwords.com. Qwords memiliki layanan hosting bisnis dengan fitur yang sudah ready untuk semua keperluan bisnis dan perusahaan. Tunggu apalagi pesan sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *