Inilah Website untuk Membuat Infografis dengan Mudah

2 min read

Inilah Website untuk Membuat Infografis dengan Mudah (1)

Saat ini, perkembangan teknologi sudah semakin canggih. Berbagai informasi sudah sangat mudah disampaikan hanya dalam hitungan detik. Misalnya saja dengan adanya media sosial yang saat ini sudah sangat berkembang dan sudah digunakan oleh hampir semua penduduk di dunia. dengan adanya media sosial, berbagai informasi bisa langsung diakses dengan cepat.

Berbicara mengenai media informasi, ada banyak jenis informasi yang bisa kita akses. Namun, tidak semuanya menarik dan mudah untuk dicerna oleh pemahaman kita. Misalnya saja jika informasi masih menggunakan tulisan secara keseluruhan, adakalanya pembaca akan jenuh dan bosan.

Untuk itulah, ada banyak cara yang dilakukan agar informasi yang diberikan bisa menarik dan dilirik banyak orang. Salah satunya dengan cara membuat Infografis.

Apa Itu Infografis?

Inilah Website untuk Membuat Infografis dengan Mudah (1)
Inilah Website untuk Membuat Infografis dengan Mudah (1)

Infografis merupakan terobosan terbaru pada bidang informasi, yakni memberikan visualisasi pada data yang diberikan. Intinya adalah memberikan penjelasan secara detail informasi yang akan dibahas. Penjelasan bisa berupa gambar, grafik, dan sebagainya, yang memudahkan pembaca untuk memahami maksud informasi yang sedang disampaikan.

Baca juga: Infografis – Tips Terbaik Sukses Di E-Commerce Indonesia 2019

Manfaat Menggunakan Infografis

 

Banyak manfaat yang bisa dirasakan jika menerapkan konsep infografis pada informasi yang akan disampaikan. Berikut diantaranya adalah:

 

1.Menjelaskan Informasi yang Sifatnya Rumit

Banyak informasi yang sifatnya harus divisualisasikan, contohnya seperti cara membuat suatu makanan, bentuk hewan, dan masih banyak lagi yang tidak bisa hanya dijelaskan melalui tulisan. Dengan adanya infografis, proses penjabaran informasi pada pembaca akan semakin mudah.

2.Pembaca Langsung Mengetahui Inti Informasi

Infografis akan membahas inti informasi yang ingin disampaikan pada pembaca. Jadi, pembaca tidak perlu menghabiskan waktu yang lama untuk memahami apa yang sedang dibahas.

3.Lebih Mudah untuk Diingat

Gambar ataupun hal berwarna akan lebih mudah diproses dan diingat dibandingkan dengan tulisan yang sifatnya membosankan. Untuk itu, infografis sangat cocok bagi pembaca yang ingin mengingat informasi yang sedang dibicarakan saat itu.

 

Website Pembuat Infografis

Kini, ada begitu banyak cara membuat infografis yang menarik dan mudah untuk dilakukan bagi yang masih pemula. Mulai dari aplikasi di PC itu sendiri, hingga website di internet yang bisa kamu gunakan secara gratis. Berikut beberapa rekomendasinya:

1.Menggunakan Powerpoint

Bagi kamu yang pemula, kamu bisa menggunakan software Microsoft yang ada di laptopmu untuk membuat infografis. Walaupun dengan fitur dan efek seadanya, tapi cara membuat infografis dengan powerpoint akan memberikan hasil yang epik dan menarik. Kamu bisa gunakan menu “Home”, “Insert”, “Design” dan “Format” untuk membuat suatu infografis yang indah.

2.Menggunakan Canva

Cara membuat infografis selanjutnya adalah menggunakan situs gratis Canva. Situs ini sangat banyak dikunjungi karena kemudahan proses yang diberikannya. Banyaknya template yang disediakan pada website ini, akan memudahkan kamu dalam membuat infografis. Kamu hanya menyisipkan konten pada template yang tersedia dan edit sesuai keinginan. Hasilnya akan mengagumkan.

Selain menyediakan template yang banyak, Canva juga menyediakan efek, ilustrasi, berbagai font tulisan yang bisa kamu gunakan. Selain untuk membuat infografis, website ini juga menyediakan template untuk desain lainnya seperti presentasi, poster, CV dan lain-lain.

3.Menggunakan Visme

Visme merupakan situs cara membuat infografis gratis yang juga banyak penggunanya sama seperti Canva. Situs ini sudah dipercaya oleh lebih dari 2 juta pengguna di seluruh dunia karena fitur-fiturnya yang menarik untuk membuat infografis. Ada banyak gambar, template, serta efek lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membuat infografis. Hasilnya bisa langsung kamu bagikan ke berbagai media sosial.

Baca juga: Ingin Punya Engagement Rate Tinggi? Upload 4 Tipe Konten Ini

4.Menggunakan Piktochart

Piktochart merupakan situs cara membuat infografis di laptop yang bisa kamu akses secara gratis. Keungguan dari website ini ialah kamu akan mendapatkan tutorial cara membuat infografis dengan mudah dan menarik. Jadi sangat cocok bagi para pemula yang ingin membuat infografis, namun belum terlalu mengerti bagaimana membuatnya. Selain itu, situs ini juga menawarkan template yang menyegarkan, kekinian dan berkonsep unik. Kamu juga dapat menyebarkan hasil infografismu ke dalam banyak jenis jejaring sosial dengan mudah dan cepat.

5.Menggunakan Vizualize

Bagi kamu yang menginginkan cara membuat infografis yang berkelas, website inilah tempatnya. Selain fitur yang lengkap berupa template, efek, gambar, icon, serta pilihan warna yang beragam, situs ini juga menyediakan fitur langue maps yang menampilkan peta daerah di seluruh dunia beserta dengan bahasanya, jika kamu ingin membuat infografis yang sifatnya global. Ada juga fitur experience timelines yang dapat membantumu membuat berbagai agenda yang menarik.

6.Menggunakan Infogram

Cara membuat infografis terakhir adalah dengan menggunakan infogram. Seperti namanya, website ini mengkhususkan pembuatan infografis dengan tambahan media grafik dan diagram. Website ini telah digunakann oleh banyak perusahaan di dunia. infografis yang dihasilkan biasanya untuk keperluan pemasaran, edukasi, presentasi dan lain sebagainya.

 

Penutup

Itulah beberapa website cara membuat infografis yang mudah untuk kamu terapkan. Adapun jika saat ini Sahabat Qwords sedang membutuhkan web hosting atau domain untuk kebutuhan website perusahaan jangan lupa untuk menggunakan layanan Qwords.com yang sudah terpercaya melayani ribuan pelanggan dari seluruh Indonesia. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan.

Sampai jumpa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *