Cara Membuat Formulir Online Untuk Berbagai Keperluan

4 min read

Cara Membuat Formulir Online

Di era pandemi seperti sekarang ini, banyak aktivitas konvensional yang mulai digantikan dengan teknologi digital. Beberapa di antaranya seperti pendaftaran event seminar, ujian online, atau pengisian formulir kuesioner yang kini bisa dibilang sudah sepenuhnya dilakukan secara online.

Selain meminimalisir kontak langsung dengan banyak orang, keuntungan menggunakan formulir online sendiri sangat beragam. Mulai dari akses jangkauannya yang lebih luas, hemat biaya, hingga mudah digunakan.

Lantas, bagaimana sih cara membuat formulir online yang baik dan benar? Nah, untuk memudahkan sahabat Qwords dan para pembaca setia, berikut sudah kami rangkum cara membuat form menggunakan Zoho Form, Google Form, dan Wufoo untuk mengakomodir berbagai kebutuhan.

Cara Membuat Formulir Online 

 

Cara Membuat Formulir Online
Cara Membuat Formulir Online

Cara Membuat Formulir Online dengan Zoho

Zoho Form
Zoho Form

Zoho, siapa sih yang tidak kenal dengan layanan yang satu ini. Jika dalam artikel sebelumnya Qwords sempat membahas tentang tutorial cara membuat email domain dengan Zoho Mail, maka kali ini kita akan mengupas terkait cara membuat formulir online dengan Zoho.

Sebagai informasi, Zoho sendiri merupakan salah satu aplikasi webtop atau sistem operasi yang berjalan secara online (kebalikan dari desktop), sehingga bisa digunakan secara fleksibel untuk mengakomodir berbagai kebutuhan.

Terlepas dari banyaknya fungsi dan layanan komputasi perkantoran yang ditawarkan, sayangnya Zoho membatasi pemakaian dengan menawarkan paket berbayar. Jadi, tidak semua fitur bisa dinikmati jika Anda hanya membuat akun gratisan.

Selain formulir untuk event webinar, di era pandemi seperti saat ini, layanan Zoho yang banyak digunakan adalah form absensi digital untuk mahasiswa atau pelajar menengah ke atas. Jika sahabat Qwords tertarik, mungkin topik cara membuat absensi online dengan zoho form bisa dijadikan bahasan untuk artikel selanjutnya.

Berikut merupakan panduan cara membuat form online menggunakan Zoho yang bisa Anda ikuti:

 

1.Login ke dashboard Zoho Form

Kunjungi website zoho.com, Kemudian klik Login atau Sign up jika belum memiliki akun Zoho

 

2.Mulai Membuat Formulir

Untuk mulai membuat form online Anda bisa memilih menu Form, kemudian klik tombol “Create New Form”.

create ne form zoho
create new form zoho

Anda akan diberikan dua pilihan, apakah ingin menggunakan template form dari Zoho atau membuat sendiri dari awal. Untuk tutorial kali ini kita akan membuat form dari awal dengan memilih “Blank Form/Template”.

 

3.Isi bagian Judul dan Deskripsi

Selanjutnya, Anda bisa mengisi bagian judul form dan deskripsi sesuai tujuan. Jika sudah selesai, bisa langsung klik tombol Create.

4.Desain Konten Formulir Online

Bagian ini menjadi tahap paling menarik ketika membuat formulir online. Pasalnya, Anda bisa mengeksplore fitur dan fungsi apa saja yang ditawarkan oleh penyedia layanan formulir online

Di Zoho, sahabat Qwords bisa menambahkan berbagai macam kolom dengan cara drag and drop, jadi lebih simpel dan praktis ketika digunakan.

 

5.Menyimpan Hasil Formulir Online

 

Setelah merancang halaman formulir online, jangan lupa untuk menyimpan hasil pekerjaan. Caranya Anda tinggal klik tombol Save di bagian pojok kanan atas.

 

6.Membagikan Formulir Online

 

Langkah terakhir dalam proses pembuatan formulir online adalah membagikan dengan calon audiens. Untuk membagikan form yang sudah dibuat di Zoho, Anda bisa memilih tombol “Access Form” yang ada di pojok kanan atas, kemudian mengcopy URL di halaman browser.

Selesai. Sahabat Qwords bisa mulai membagikan URL form Zoho melalui email, sosial media, atau website perusahaan agar bisa dilihat banyak orang.

 

Cara Membuat Formulir Online dengan Google Form

Google Form
Google Form

Apa itu Google Form? Seperti kita ketahui, Google Form adalah salah satu platform online yang sangat powerfull untuk membuat formulir online.

Dengan menggunakan Google Form, sahabat Qwords bisa membuat formulir pendaftaran event webinar, form kuesioner, hingga form latihan soal yang saat ini banyak dibutuhkan dalam proses belajar mengajar.

Baca juga: Mengenal Google Form: Pengertian, Kegunaan dan Pembuatan

Menariknya, layanan yang berada di bawah naungan Google ini juga bersifat gratis atau tidak berbayar. Syaratnya, Anda hanya tinggal mendaftar atau login ke akun Gmail, yang saya yakin hampir semua orang sudah memilikinya.

Nah, berikut merupakan tutorial cara membuat formulir menggunakan Google Form yang bisa dijadikan sebagai panduan.

1.Silakan buka halaman Google Form melalui URL berikut ini: Klik Disini

2.Login menggunakan akun Gmail, atau daftar jika Anda belum punya.

3.Setelah berhasil login, Anda bisa melihat beberapa template form yang bisa dipilih sesuai selera. Adapun jika ingin membuat dari awal pilih saja bagian dokumen Blank (kosong).

4.Tulis judul dan deskripsi Form yang ingin dibuat. Contoh judul bisa diisi dengan tema acara, seperti “Formulir pendaftaran Bootcamp Online Qwords”. Sedangkan untuk bagian deskripsi biasanya berisi informasi pembicara, latar belakang acara, dan jadwal pelaksanaan.

5.Setelah selesai mengisi judul dan deskripsi, Anda bisa mulai membuat kolom untuk mengisi nama, alamat email, nomor handphone, atau pertanyaan lainnya yang relevan dengan kebutuhan data.

6.Klik tanda (+) di pojok kanan atas jika ingin menambahkan kolom pertanyaan ke dalam formulir online.

7.Selain kolom pertanyaan, Anda juga bisa menambahkan gambar dengan memilih icon gambar yang ada di sidebar samping kanan.

 

Menambahkan Header di Formulir Online

Contoh header Formulir Online
Contoh header Formulir Online

Salah satu keunggulan membuat formulir di Google Form adalah kemudahan dalam hal desain tampilan. Anda bisa mempercantik tampilan formulir online dengan menambahkan gambar poster event di bagian header, sehingga lebih menarik di mata calon partisipan.

Selain itu, warna dan tampilan formulir juga bisa dibuat lebih cantik menggunakan kombinasi warna tema, item, jenis huruf, hingga background yang menjadi latar belakang.

 

Cara Membuat Formulir Online dengan Wufoo

wufoo
wufoo

Wufoo adalah sebuah layanan berbasis web yang bisa digunakan untuk membantu membuat formulir digital. Cara membuat formulir online menggunakan Wufoo sangat mudah dan praktis, pasalnya dalam proses perancangan sudah terdapat pilihan kolom dan fungsi yang ingin ditambahkan.

Guna mengakomodir urusan tampilan, Wufoo juga tidak mau kalau dengan Google Form yang bisa di custom sesuai keinginan. Mereka juga turut menyediakan fasilitas background dengan berbagai macam warna dan gambar agar tampilan semakin menawan.

Berikut merupakan tutorial cara membuat formulir online menggunakan Wufoo by SurveyMonkey:

1.Pertama, buka website wufoo.com

2.Login dengan memasukkan username dan password, atau mendaftar jika belum memiliki akun.

3.Setelah berhasil masuk Anda bisa mulai membuat form dengan menambahkan field sesuai kebutuhan

4.Isi bagian judul pada kolom Form Title dan informasi terkait formulir pada kolom Description. Agar tampilan semakin menarik, pada bagian ini sahabat Qwords bisa memilih apakah teks dibuat rata kanan, kiri, atau tengah.

5.Cek apakah ingin menggunakan kode tracking dari Google Analytics atau mengumpulkan data IP Address dari pengguna.

6.Atur captcha untuk mencegah submit dari BOT

7.Save

 

Sama seperti Google Form, Wufoo sangat mudah untuk digunakan dalam proses pembuatan formulir. Hanya saja, dari segi tampilan dan user experience memang terkesan agak jadul. Namun, hal ini sama sekali tidak mempengaruhi fungsi maupun kinerja yang kita butuhkan.

 

Kesimpulan

 

Itulah pembahasan terkait cara membuat formulir online menggunakan Zoho, Google Form, dan Wufoo. Ketiga platform di atas bisa Anda pilih sesuai selera dan kebutuhan agar hasil yang didapatkan bisa semakin maksimal.

Adapun jika saat ini Anda membutuhkan space besar untuk membuat form kuesioner atau formulir pendaftaran dengan ribuan responden. Sebaiknya Anda menggunakan Google Form versi berbayar yang dibundling dengan layanan G suite.

Dengan G Suite, Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan hingga 30GB untuk menyimpan berbagai data responden yang sudah mengisi form. 

Nah, jika Anda tertarik untuk mencoba layanan G Suite, Anda bisa mendapatkan paket ini di Qwords.com mulai dari Rp95 ribu saja perbulannya. Sangat menarik bukan?

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *