Cara Membuat Ebook Dengan Desain Profesional

3 min read

Cara Membuat Ebook

Zaman dahulu, orang-orang kalau ingin membaca buku harus membeli buku cetak yang dijual di toko buku. Semakin tebal halaman maka semakin mahal pula harganya, belum lagi kalau ditulis oleh penulis terkenal, pasti harganya jauh lebih mahal.

Jika dirasakan sekarang ini, orang pergi menenteng buku-buku tebal sudah jarang ditemui, alasannya yang paling masuk akal adalah menyusahkan dan berat. Apalagi untuk buku-buku anak sekolah atau kuliah, membawa banyak buku rasanya malas. Belum lagi dengan buku yang banyak bisa mengakibatkan sakit pada punggung.

Cara Membuat Ebook
Cara Membuat Ebook

Dengan berkembangnya zaman serba canggih sekarang ini, kini sudah tersedia banyak buku digital atau lebih dikenal ebook yang lebih menarik dan memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan buku cetakan. Sekarang untuk membaca buku bisa dimana saja dan medianya bisa melalui smartphone atau tablet.

Smartphone bisa menyimpan ratusan hingga ribuan ebook sekali waktu, jika ini buku cetakan pasti sudah menjadi sebuah perpustakaan. Nah agar anda lebih memahami apa itu ebook, mari kita bahas secara lengkap beserta kelebihan dan cara membuat ebook secara profesional.

Pengertian Ebook

Ebook atau electronic book adalah berasal dari kata dalam bahasa inggris yang memiliki arti buku elektronik atau buku digital. Jika buku pada umumnya berisi kertas yang isinya tulisan dan gambar, maka ebook ini berisi informasi digital berupa teks, gambar bahkan video.

Ebook sekarang ini lebih diminati karena lebih simpel, tetapi buku cetakan dengan kertas sampai saat ini juga masih tersedia. Banyak toko buku di kota besar Indonesia yang masih eksis hingga sekarang ini. Karena keduanya memiliki market yang berbeda-beda, tetapi jika dilihat memang ebook sekarang ini lebih unggul.

Kelebihan Ebook

Kelebihan ebook
Kelebihan ebook

Ada beberapa kelebihan yang membuat banyak orang pindah atau mencoba membaca ebook, berikut pembahasannya:

  • Biaya lebih murah

Ebook menjadi solusi untuk anda yang kekurangan uang untuk membeli buku cetakan. Memang harga buku cetakan lebih mahal karena menggunakan kertas, tinta, mesin, packing, karyawan dan biaya lainnya.

Tidak disarankan untuk melakukan foto copy buku cetakan dari penerbit, karena itu sudah menyalahi aturan dan bisa terkena hukum pidana dan denda. Kalau sudah begini membeli ebook adalah cara yang lebih tepat karena harganya jauh lebih murah.

  • Ramah lingkungan

Ebook diklaim ramah lingkungan daripada dengan buku cetakan. Kalau anda semua membuat ebook, otomatis tidak ada kertas yang digunakan. Tahukah anda bahwa kertas bahan utamanya terbuat dari pohon, jadi setiap buku yang dicetak ada pohon diluar sana yang dikorbankan.

Nah dengan menggunakan ebook, berarti anda semua telah melakukan kampanye untuk menyelamatkan dunia  dari penebangan pohon, sehingga jauh lebih ramah lingkungan.

  • Tahan lama

Ebook memiliki ketahanan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan buku cetakan. Ini terjadi karena ebook tidak perlu media seperti kertas dalam proses mencetaknya. Selain itu kertas jika disimpan dalam jangka waktu yang lama akan mudah sekali rusak.

Apalagi bagi anda yang menaruh buku pada tempat yang lembab, sangat mudah sekali untuk dimakan rayap. Selain itu dalam penyimpanannya, buku cetakan harus disimpan dalam tempat yang benar-benar bersih dan tidak lembab. Untuk ebook jika hilang atau rusak anda tinggal download yang baru saja.

  • Fleksibel

Ebook memberikan fleksibilitas kepada para pembacanya, karena tidak perlu membawa buku-buku tebal untuk membaca. Anda cukup membawa smartphone saja sudah bisa membaca banyak buku. Selain itu jika anda ingin membacanya, tinggal buka saja smartphonenya.

  • Gampang didapatkan

Untuk bisa mendapatkan ebook, anda tidak perlu jauh-jauh datang ke toko buku, anda bisa download saja buku yang dicari. Dengan cara seperti ini, anda sampai di pelosok sekalipun bisa membaca buku saat setelah launching, tidak perlu menunggu distribusi sampai di kota Anda.

  • Tersedianya fitur pencarian

Ebook memungkinkan anda untuk mencari query dalam satu buku full, tidak perlu repot-repot buka satu-satu. Tinggal tulis saja pada kolom search dan tunggu hingga ketemu.

Baca juga : Ebook Cara Membuat Website Untuk Pemula

Cara Membuat Ebook

Membuat Ebook yang Menarik
Membuat Ebook yang Menarik

Agar anda bisa membuat ebook dengan desain profesional, ada tahapan-tahapan yang harus anda lakukan, silahkan simak pembahasannya berikut ini:

  • Buat kerangka ebook

Ebook bukan hanya artikel yang digabung menjadi satu, melainkan ebook berisi ribuan bahkan puluhan ribu kata. Karena pembahasannya luas, maka anda wajib membuat kerangka ebook agar lebih mudah dalam penulisan.

Selain itu dengan memberikan kerangka-kerangka akan membuat pembaca jadi lebih mudah memahami isi dari ebook yang anda terbitkan. Kerangka ini seperti daftar isi pada buku cetakan, jadi kerangka ini adalah inti dari topik-topik yang sedang anda bahas.

  • Mengatur layout dan tipografi

Agar terlihat profesional dan enak dipandang, anda harus membuat ebook berbeda dari biasanya. Untuk itu anda bisa menggunakan ukuran font yang lebih besar dengan ukuran 18-22pt. Untuk jenis fontnya usahakan jangan font yang sering dipakai seperti Times New Roman, Arial dan font formal lainnya.

Dengan mengatur layout dan tipografi yang berbeda dari biasanya akan membuat ebook yang anda terbitkan lebih menarik untuk dipandang. Jangan lupa juga anda bisa menggunakan warna yang menarik tidak harus semuanya warna hitam.

  • Menulis ebook

Nah inilah tahap yang melelahkan yaitu proses penulisan ebook. Proses ini memakan waktu yang paling lama, selain itu anda juga masih perlu mengoreksi agar tidak terjadi kesalahan dalam penulisan ebook.

  • Membuat cover

Agar membuat orang tertarik, buatlah cover dengan desain yang profesional. Jika anda memiliki skill desain grafis bisa menggunakan Photoshop, Corel Draw atau software desain lainnya. Tidak disarankan untuk membuat cover dengan word atau sekedar tulisan polos saja tanpa gambar.

Cover ebook ini juga salah satu strategi marketing untuk memasarkan ebook yang sudah kita buat tadi. Dengan desain yang bagus maka peluang untuk ebook di download akan semakin besar.

Untuk membuatnya anda bisa menggunakan software Microsoft Windows, kemudian save dengan format PDF. Selain itu ada aplikasi pembuat ebook yang direkomendasikan lainnya seperti Google Docs, Calibre, Sigil, Mobipocket Creator, Softmaker Freeoffice, ePUBee Maker dan sebagainnya. Anda tinggal memilih saja mana kira-kira yang paling bagus.

Agar sukses saat proses distribusi dan penjualan ebook yang telah anda buat, Qwords memiliki tools email marketing Indonesia yang memungkinkan anda untuk mengirim email pada ribuan alamat sekaligus dengan setting yang mudah bernama MailToGo. Dengan harga mulai dari 96.000/bulan anda sudah bisa mendapatkan layanan email marketing premium dengan unlimited contact list.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *