Salah satu halaman penting yang harus ada pada di dalam blog atau website adalah halaman kontak. Halaman kontak memiliki fungsi agar lebih memudahkan komunikasi anatara pengunjung website dengan pemilik website secara langsung. Dengan adanya contact form ini juga bisa mengurangi email-email spam yang tidak teralu penting.

Jika Anda menggunakan CMS WordPress untuk membuat contact form, caranya sangat mudah sekali. Tersedia banyak plugin contact form WordPress yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Anda tinggal melakukan install kemudian sedikit seting sudah bisa menggunakan plugin ini. Anda tidak perlu khawatir karena tinggal install saja tidak perlu melakukan coding dan setting yang rumit.

Cara Membuat Contact Form 7 Pada WordPress Dengan Mudah
Cara Membuat Contact Form 7 Pada WordPress Dengan Mudah

Apa Itu Contact Form 7?

Mungkin sebagian dari Anda ada yang bertanya-tanya sebenarnya apa itu contact form 7? Contact Form 7 adalah salah satu plugin contact form terbaik hingga saat ini dengan jumlah download mencapai lebih dari 5 juta pengguna WordPress dengan memiliki rating bintang 5. Fitur lain yang dimiliki oleh Contact Form 7 ini adalah sudah mendukung CAPTCHA dan plugin Akismet sehingga bisa memfilter email-email spam.

Fitur-Fitur Contact Form 7

Contact Form 7
Contact Form 7

Dibalik jumlah unduhan yang mencapai hingga 5 juta lebih tersebut pastinya contact form 7 memilki suatu fitur-fitur yang sangat menarik. Lalu apa saja fitur yang dimiliki oleh Contact Form 7 ini? Berikut penjelasannya:

  • Dapat mengelola dan membuat contact form secara banyak
  • Kemudahan dalam kustomisasi tampilan contact form
  • Mendukung markup simple yang memudahkan dalam proses instalasi
  • Banyak ekstensi plugin yang cocok dengan Contact Form 7
  • Mendukung CAPTCHA sehingga aman dari spam.
  • Mendukung plugin Akismet sehingga email yang masuk bisa difilter sehingga tidak berbahaya bagi pemilik website.
  • Bersifat gratis

Cara Membuat Contact Form

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum membuat contact form pada WordPress yang pasti harus mengisntall plugin dulu. Berbicara masalah plugin, nampaknya Anda perlu melengkapi blog atau website WordPress dengan rekomendasi plugin WordPress terbaik dari kami. Nah langsung saja kita bahas cara membuat contact form dengan plugin Contact Form 7. Berikut pembahasan lengkapnya:

  1. Silahkan login terlebih dahulu pada CMS WordPress dengan memasukan username dan password.

    Cara Login WordPress
    Cara Login WordPress

  2. Setelah masuk dashboard WordPress, silahkan scroll kebawah dan temukan menu ‘Plugin’ kemudian pilih ‘Add New’. Jika sudah muncul dashboard baru silahkan tuliskan pada kolom pencarian ‘Contact Form 7’.

    Install Contact Form 7
    Install Contact Form 7

  3. Plugin Contact Form 7 memiliki logo gambar Gunung Fuji dengan developer dari Takayuki Miyoshi. Silahkan pilih ‘Install Now’ kemdian pilih ‘Activate’.
  4. Jika sudah aktif, kini waktunya untuk setting Contact Form 7, siilahkan kembali ke dashboard WordPress kemudian scroll kebawah dan temukan menu ‘Contact’ kemudian pilih ‘Contact Form’. Anda akan dihadapkan panel dari Contact Form 7, Anda bisa menambahkan dan mengedit contact form baru untuk keperluan website.

    Setting Contact Form Baru
    Setting Contact Form Baru

  5. Untuk memulai pembuatan contact form baru, silahkan plih ‘Add New’, kemudian Anda akan dihadapkan dashboard edit template form, jangan lupa memberi nama pada ‘Add New Contact Form’, kami memberikan contoh dengan nama ‘Contact Form Baru’. Tersedia berbagai template edit yang bisa Anda sesuaikan mulai dari penambahan text, email, URL, tel, number, date, text area dan lain sebagainya. Jika sudah jangan lupa klik ‘Save’ pada bagian pojok atas.
  6. Setelah itu jangan lupa atur pada bagian ‘Mail’ disebelah Form tersebut. Pada bagian Mail terdapat beberapa menu seperi To, From, Subject, Additional Headers, Message Body dan File Attachments. Silahkan Anda bisa melakukan edit sesuai dengan kebutuhan, jika sudah jangan lupa klik ‘Save’ pada bagian bawah.

    Setting Email Penerima Contact Form
    Setting Email Penerima Contact Form

  7. Jika sudah Anda bisa kembali ke menu ‘Contact’, jika semua proses tadi benar akan muncul title sesuai dengan yang Anda buat. Silahkan copy shortcode dan paste pada post atau page untuk melihat hasilnya.

    Membuat Contact Form Pada Halaman
    Membuat Contact Form Pada Halaman

  8. Kami mencontohkan dengan membuat pages baru melalui menu ‘Pages’ kemudian pilih ‘Add New’. Silahkan paste-kan shortcode yang sudah Anda copy tadi kemudian publish.

    Contact Form Berhasil Dibuat
    Contact Form Berhasil Dibuat

  9. Silahkan cek hasilnya apakah contact form Anda sudah benar ataukah belum.

Kesimpulan

Contact form 7 adalah plugin paling tepat untuk membuat form. Kelebihan yang dimilikinya selain gratis adalah banyaknya fitur yang dimiliki dan kemudahan dalam penggunaan. Selain itu kelebihan lainnya adalah Contact Form 7 mendukung berbagai plugin WordPress, sehingga bisa Anda kolaborasikan dengan plugin keamanan lainnya.

Nah untuk Anda yang berencana upgrade layanan hosting dari shared hosting, kami memiliki saran untuk menggunakan Hosting WordPress yang terbukti lebih baik dan powerfull untuk penggunaan website atau blog berbasis CMS WordPress. Tunggu apalagi hanya dengan 50.000/bulan Anda sudah bisa menikmati semua fitur-fitur hosting WordPress.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *