Memiliki blog tidaklah hanya untuk orang yang paham bahasa pemrogaman saja. Siapapun sekarang ini bisa memiliki blog yang bagus dan bisa menghasilkan, termasuk dari Anda. Cara membuat blog sekarang ini sudah sangat mudah, apalagi dengan adanya CMS yang menawarkan kemudahan dalam membuat blog bahkan tidak perlu coding sama sekali.

Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Sampai Menghasilkan Uang
Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Sampai Menghasilkan Uang

Perlu diketahui bahwa untuk membuat blog caranya sangat mudah, tetapi untuk blognya bisa sukses sampai menghasilkan uang tidaklah mudah. Perlu strategi, perencanaan dan pengetahuan yang cukup. Menurut penelitian dari Techjury.net di bulan Maret 2019 saja ada 4.4 juta postingan blog setiap hari, tentunya jika Anda tidak punya bekal kemampuan yang cukup, bisa dipastikan akan kalah dengan postingan yang lainnya.

Ada satu fakta menarik yaitu hampir semua blogger pemula akan gagal setelah 1-3 bulan pertama karena membuat blog dengan asal tanpa adanya riset, strategi, perencanaan dan pengetahuan yang memadai. Hanya sedikit yang bisa sukses dan survive membangun blog sampai jadi dan menghasilkan uang. Nah disini kita akan memberikan panduan lengkap cara membuat blog sampai menghasilkan uang.

Mengapa Anda harus membaca panduan ini sampai selesai? Tujuannya agar Anda tidak buang-buang waktu, tenaga dan uang dalam membangun sebuah blog. Maka dari itu silahkan baca panduan lengkap cara membuat blog sampai selesai mulai dari proses persiapan, installasi WordPress, optimasi WordPress sampai dengan menghasilkan uang.    

Cara Membuat Blog

1. Menentukan Topik Blog

cara termudah menentukan konten pada blog
cara termudah menentukan konten pada blog

Cara membuat blog yang pertama adalah menentukan topik blog. Dalam pemilihan topik blog tidak boleh campur-campur, harus spesifik satu topik saja, contoh jika Anda menyukai tentang dunia memasak, maka buatlah blog dengan topik yang berhubungan dengan memasak. Selain itu dalam pembuatan blog usahakan Anda memiliki minat dan kemampuan sehingga nantinya konten blog akan selalu update dan tidak kehabisan ide ditengah jalan.

Ada yang menyarankan dalam pemilihan topik blog usahakan yang memiliki potensi besar. Ini memang tidak salah, tetapi ini lebih cocok bagi Anda yang sudah berpengalaman dalam membangun blog. Untuk lebih jelasnya silahkan baca cara termudah menemukan topik pada blog.

2. Memilih Domain Hosting

Setelah mendapatkan topik blog, langkah selanjutnya adalah memilih domain dan hosting. Banyak sekali penyedia domain dan hosting yang ada di Indoneisa saat ini, Anda tinggal memilih saja, tetapi bagi Anda yang mencari domain hosting murah Indonesia bisa membeli di Qwords.com. dengan harga 17.000/bulan saja sudah bisa mendapatkan hosting 1GB dengan bandwith unlimited dan gratis domain TLD.

3. Instalasi WordPress

Instalasi-WordPress
Instalasi-WordPress

Sebelum lanjut ke instalasi WordPress, Anda perlu mengetahui beda blog dan website. Blog adalah kepanjangan dari web log yang isinya berupa tulisan, gambar, video dan semua orang bisa menambahkan komentar pada setiap konten yang diposting. Sedangkan website adalah halaman pada internet yang menggunakan domain dan hosting yang biasanya dikelola oleh individu, organisasi, perusahaan, instansi, pemerintahan dll.

Untuk instalasi WordPress caranya cukup mudah, apalagi dengan menggunakan software install WordPress softacolous, install menjadi lebih mudah tidak perlu upload file ke server hosting. Untuk tutorial installnya bisa Anda buka di Cara Install WordPress Lewat Softacolous..

4. Daftar Plugin WordPress

Daftar Plugin WordPress Yang Wajib Kamu Install
Daftar Plugin WordPress Yang Wajib Kamu Install

Jika blog WordPress sudah jadi, langkah selanjutnya adalah memasang plugin WordPress. Keuntungan menggunakan plugin WordPress menjadikan blog lebih powerfull. Ada banyak plugin dengan berbagai fungsi yang bisa Anda gunakan, tetapi perlu diingat semakin banyak plugin terinstall berati semakin membebani server hosting yang Anda gunakan.

Ada beberapa jenis plugin yang wajib diinstall seperti berikut:

  • Plugin keamanan WordPress
  • Plugin kecepatan WordPress
  • Plugin backup WordPress
  • Plugin SEO WordPress
  • Plugin sosial media WordPress
  • Plugin anti spam WordPress

Selain itu perlu diperhatikan tentang nilai rating plugin, active install dan review dari pengguna. Untuk lebih jelas tentang pluginnya apa saja silahkan membuka artikel tips memilih plugin WordPress yang wajib diinstall.

5. Memilih Theme dan Mempercepat Loading WordPress

Tips Memilih Theme WordPress Yang Terbaik

Kriteria theme yang bagus adalah memiliki tampilan menarik, ringan diakses dan responsif. Jadi Anda tidak boleh asal memilih theme, karena bisa jadi malah memperlambat loading website. Anda juga harus memilih theme yang SEO friendly, tujuannya agar membantu ranking blog Anda di mesin pencari. Selain itu ada kriteria-kriteria theme bagus yang perlu Anda tahu, Silahkan baca dulu di tips memilih theme WordPress yang terbaik.

6. Konten Blog

Alasan Penting Melakukan Update Konten Blog Setiap Hari
Alasan Penting Melakukan Update Konten Blog Setiap Hari

Jika langkah 1 sampai 5 sudah Anda jalankan, sekarang waktunya Anda mengisi konten pada blog. Perlu diketahui ada beberapa hal yang menjadikan konten itu bagus, berikut daftarnya:

  • Konten original
  • Konten menarik
  • Memiliki kredibilitas tinggi
  • Pembahasan yang lengkap
  • Bahasa yang mudah dipahami
  • Bermanfaat bagi pembacanya

Setelah itu Anda tinggal melakukan update konten secara rutin. Ada alasan penting melakukan update konten rutin setiap hari, salah satunya untuk mendongkrak jumlah pengunjung. Jika kamu belum tahu alasan penting melakukan update konten setiap hari, silahkan baca terlebih dulu.

7. Menghasilkan Uang Dari Blog

menghasilkan uang dari wordpress
menghasilkan uang dari wordpress

Nah yang terakhir tujuan utama membuat blog adalah menghasilkan uang. Syaratnya blog Anda memiliki traffic yang bisa dimonetasi. Jika Anda memiliki traffic yang spesifik, lebih baik dipasang affiliate. Contoh saja jika blog Anda membahas tentang domain hosting, maka Anda bisa memasukan affiliate domain hosting seperti yang ada di affiliate Qwords.com. Untuk monetasi menggunakan affiliate, yang terpenting adalah kualitas dari traffic yang datang.

Untuk monetasi model PPC, bisa menggunakan seperti Google Adsense, Chitika, Adsterra dll. Monetasi PPC ini sekamin banyak traffic berati semakin banyak menghasilkan uang. Selain itu Anda bisa melakukan monetasi blog dengan berjualan produk, jasa dan pelatihan.

Demikianlah pembahsan mengenai panduan lengkap cara membuat blog  sampai menghasilkan uang. Semoga Anda bisa mempraktekan dari awal dan bisa sampai berhasil menghasilkan uang dari blog. Jangan lupa untuk selalu konsisten dan fokus dalam mengurus blog. Jika Anda kendala atau ada pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar dibawah.

Oh iya kami baru saja mengeluarkan eBook terbaru tentangCara Menghasilkan Uang Dari Blog Di Tahun 2019” silahkan Download Disini.

Terima kasih

8 Replies to “Panduan Lengkap Cara Membuat Blog Sampai Menghasilkan Uang

    1. thanks sudah berkunjung kak,
      lain kali kita akan membahas mengenai affiliate yang lebih mendalam lagi.
      terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *