Cara Membuat Barcode Lokasi Dengan Mudah

2 min read

Cara Membuat Barcode Lokasi

Zaman dulu sebelum teknologi gadget canggih seperti sekarang ini, orang-orang saat akan mengadakan suatu acara biasanya mencantumkan gambar peta. Tetapi perlu diketahui bahwa hampir 90% lebih gambar peta yang dibuat tidak bisa memberikan gambaran lokasi secara jelas.

Denah lokasi seperti ini paling banyak ditemui pada undangan pernikahan, lokasi perusahaan/bisnis, undangan acara resmi dan sebagainnya. Saat ini denah seperti itu sekarang sudah jarang sekali ditemui, orang-orang lebih suka menggunakan barcode untuk menunjukan lokasi.

Barcode dipilih karena lebih simple dan akurat, saat orang melakukan scanning barcode maka otomatis akan terhubung dengan maps. Tetapi sebelumnya dilanjutkan apakah Anda sudah tau apa yang dimaksud dengan barcode itu?

Apa Itu Barcode

barcode
barcode

Menurut Wikipedia, Barcode adalah kumpulan data optic yang dibaca oleh mesin. Kode ini dibaca dengan cara mengukur lebar garis dan spasi garis, setiap ukuran memiliki arti yang berbeda-beda.

Barcode awal mulanya banyak digunakan pada swalayan untuk mengotomatiskan pemeriksaan barang-barang pada swalayan, sehingga prosesnya bisa menjadi lebih cepat. Tetapi sekarang ini barcode sudah digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya dengan membuat barcode lokasi.

Barcode sampai sekarang ini masih banyak dipakai, karena dari alasan biaya yang paling murah. Selain barcode, sebenarnya saat ini sudah ada teknologi Radio Frequency Identification (RFID) yang menawarkan fitur yang lebih canggih, tetapi dari segi harga memang lebih mahal.

Kelebihan Barcode

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki barcode dibandingkan dengan teknologi lainnya:

  • Barcode memiliki akurasi data yang tinggi
  • Kecepatan dalam proses input data
  • Memudahkan dalam inventory control
  • Barcode lebih user friendly
  • Teknologi barcode biayanya paling murah
  • Barcode mampu meningkatkan pelayanan

Kenapa Google Maps?

Dalam membuat barcode lokasi, Google Maps lebih direkomendasikan dibandingkan dengan lainnya. Alasan utama karena Google Maps adalah miliki dari Google, adapun alasan lainnya sebagai berikut ini:

  • Lokasi yang ditampilkan Google Maps lebih akurat, lengkap dan rinci.
  • Hampir semua pengguna smartphone menginstall Google Maps.
  • Google Maps memiliki fitur preview lokasi.
  • Google Maps memiliki fitur street view untuk melihat lokasi langsung.
  • Barcode memiliki fitur share ke berbagai sosial media..

Cara Membuat Barcode Lokasi

Cara Membuat Barcode Lokasi
Cara Membuat Barcode Lokasi

Untuk Anda yang ingin tahu cara membuat barcode lokasi caranya sangat mudah sekali. Anda bisa menginstall aplikasi barcode generator atau bisa juga langsung menggunakan Google Maps. Jika ingin menggunakan barcode generator, silahkan buka artikel Kami sebelumnya tentang cara membuat barcode menggunakan barcode generator.

Cara membuat barcode ini bisa Anda lakukan melalui komputer atau smartphone, semuanya sama. Silahkan ikuti cara membuat barcode lokasi di bawah ini:

  1. Silahkan buka Google Maps pada browser yang Anda gunakan, setelah itu buka website maps.google.com dan sekalian buka website tersebut.

    Membuka Maps
    Membuka Maps

  2. Silahkan Anda cari lokasi mana yang akan Anda buat barcode, jika lokasi Anda sudah memiliki Google Bisnis maka tinggal ketikan saja pada kolom search. Kami mencontohkan dengan mengetikan kata “Qwords”.  Agar lebih mudah melihat lokasi yang Anda pasang benar dan akurat, Anda bisa mengubahnya menjadi mode satellite. Mode ini memungkinkan Anda melihat lebih dekat dengan gambar dari satelit secara langsung, jika sudah ketemu Anda tinggal menandai saja.

    Search Qwords
    Search Qwords

  3. Jika sudah ketemu, silahkan Anda klik menu “Share” pada bagian bawah kemudian “Copy Link”.

    Sharelink
    Sharelink

  4. Silahkan buka browser baru dan buka website qr-code-generator.com, silahkan klik link tersebut untuk menuju websitenya langsung. Kira-kira tampilannya seperti dibawah ini. Website QR Code generator ini memiliki banyak fitur untuk pembuatan qrcode, Anda bisa memilih  beberapa pilihan frame, shahe, color dan menambahkan logo.

    Hasil qrcode
    Hasil qrcode

  5. Jika sudah silahkan “Paste” file yang sudah Anda copy tadi, otomatis barcode generate sendiri. Jika Anda ingin tampilannya beda bisa melakukan custom sesuai dengan selera.
QR Code Generator
QR Code Generator

Nah demikian pembahasan mengenai cara membuat barcode lokasi dengan mudah. Dengan menggunakan barcode, Anda bisa menampilkan lokasi toko Anda pada website sehingga mudah ditemukan oleh pengunjung.

Berbicara masalah toko online, Kami memiliki rekomendasi Hosting Bisnis Indonesia yang cocok untuk keperluan website toko online yang memerlukan resource dan spesifikasi yang tinggi. Nah di Qwords menyediakan hosting bisnis ini dengan harga mulai dari 150.000/bulan saja. Untuk jelasnya silahkan kunjungi websitenya di Qwords.com

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *