Tutorial Cara Cepat Membuat Avatar Facebook

3 min read

Cepat Membuat Avatar Facebook

Belakangan ini jagat maya Facebook Indonesia sedang diramaikan dengan munculnya Facebook Avatar. Sebenarnya fitur avatar Facebook ini sudah ada sejak pertengahan 2019, namun hanya tersedia di beberapa negara saja.

Saat ini fitur avatar Facebook sudah dirilis ke berbagai wilayah di dunia, termasuk di Indonesia. Jika Anda pernah menggunakan Snapchat, fitur ini memiliki sedikit kemiripan dengan Bitmoji di Snapchat.

Avatar Facebook sekarang ini digunakan para pemilik akun Facebook untuk merepresentasikan secara digital dengan bentuk kartun. Anda bisa memodifikasi segala bentuk wajah mulai dari warna kulit, rambut, alis, mata, hidung, mulut, dagu, kuping, kacamata dan masih banyak lainnya. Jadi tergantung kreatifitas Anda dalam membuat wajah sendiri dengan avatar Facebook.

Penyebab Avatar Facebook Tidak Muncul

Meski demikian sudah dirilis secara resmi, masih ada saja para pengguna Facebook yang belum bisa menggunakan fitur avatar Facebook ini. Kemungkinan ada beberapa penyebab Facebook avatar tidak bisa muncul pada aplikasi.

  1. Update Aplikasi Facebook

Pastikan sebelum menggunakan avatar Facebook ini aplikasi yang ada pada smartphone sudah update menggunakan versi yang terbaru. Jika belum Anda bisa mengupdatenya dengan melalui Google Play Store dan App Store. Setelah update segera cek pada bagian Menu pada pojokan atas dengan simbol tiga garis dan cari menu Avatar.

  1. Lewat Stiker Pada Komentar

Cara membuat stiker Facebook bisa dilakukan dengan meminta teman untuk mengirim avatar ke kolom komentar, bisa juga Anda mencari komentar dari group yang ada sticker avatarnya. Silahkan lihat pada bagian sticker avatar tersebut akan ada opsi “Create Your Avatar”, nah dari sinilah Anda bisa memulai untuk membuat avatar Facebook.

  1. Lewat Facebook Messenger

Selain kolom komentar, Anda juga bisa membuat sticker avatar Facebook lewat messenger Facebook. Silahkan buka salah satu percakapan yang ada kemudian pilih icon emoji dengan emoticon smiley warna biru di pojokan bawah. Kemudian jika sudah terbuka silahkan tab Stickers, disana tersedia opsi untuk “Make your Avatar” secara custom.

Baca juga : Tutorial Facebook Ads Untuk Pemula

Cara Membuat Avatar Facebook

Cepat Membuat Avatar Facebook
Cepat Membuat Avatar Facebook

Nah jika aplikasi Facebook Anda sudah support untuk membuat sticker avatar Facebook, Anda bisa memulai membuat avatar FB dengan wajah sendiri. Agar tidak salah silahkan ikuti cara membuat stiker avatar Facebook dibawah ini:

  1. Silahkan buka aplikasi Facebook pada smartphone dan pastikan Anda sudah login pada apps Facebook.
  2. Jika sudah pada bagian dashboard Facebook silahkan klik  “Menu” dengan icon tiga garis pada bagian pojok atas.
  3. Silahkan cari menu “Avatars”, jika tidak ada silahkan pilih “See More” dan cari menu avatar, jika sudah ketemu langsung saja klik menu avatar.
  4. Akan ada tampilan “Make Your Avatar Profile Picture”, silahkan pilih “Try It” dan tunggu prosesnya.
  5. Langkah pertama membuat avatar Facebook adalah Anda disuruh untuk memilih “Skin Tone”, silahkan sesuaikan yang paling mirip dengan kulit Anda sekarang ini.
  6. Langkah selanjutnya pilih gaya rambut sesuai dengan yang Anda miliki. Ada banyak model gaya rambut dari model lurus hingga kriting, ada juga model pendek hingga panjang. Tersedia pula opsi warna rambut, pilih mana yang paling sesuai dengan rambut Anda saat ini.
  7. Setelah rambut, Anda sekarang waktunya untuk memilih “Face Shape”, tersedia model wajah dari yang tirus sampai muka tembem. Ada juga opsi untuk menambahkan “Complexion/tahi lalat” pada wajah, pilih posisi yang sesuai dengan tahi lalat yang Anda miliki. Jika kurang Anda bisa menambahkan “Lines/garis wajah” yang lokasinya di atas hidung, dekat alis dan juga samping bibir.
  8. Pada bagian “Eye Shape/bentuk mata” silahkan pilih bentuk mata yang pas dengan ukuran mata Anda saat ini. Tersedia juga opsi warna untuk pupil mata dan juga bentuk bulu mata yang beragam.
  9. Setelah mata kini saatnya Anda memilih “Eyebrows/Alis”, pilih bentuk gambar alis yang paling sesuai, Anda juga bisa memilih warna alis tidak hanya hitam saja.
  10. Bagi yang berkacamata tenang saja, karena avatar Facebook ini juga menyediakan opsi untuk menambahkan “Eyewear/Kacamata”, silahkan pilih model kacamata yang sesuai dengan saat ini Anda pakai, tersedia juga opsi warna frame yang beragam bisa Anda sesuaikan.
  11. Cara membuat avatar Facebook kesebelas adalah memilih bentuk “Nose/Hidung”, ada banyak berbagai bentuk hidung yang bisa Anda pilih. Tersedia juga opsi tambahan untuk “Nose Ring/Tindik hidung” jika memang Anda menggunakannya.
  12. Pilih bentuk bibir yang paling sesuai dengan yang dimiliki, tersedia juga opsi color untuk menyesuaikan dengan warna bibir asli Anda.
  13. “Facial Hair/Kumis, Jenggot dan Brewok”, silahkan pilih yang paling sesuai dan pas.  Tersedia juga opsi color untuk mewarnai facial hair yang Anda pilih.
  14. “Body Shape/Bentuk Tubuh”, silahkan pilih bentuk tubuh yang paling sesuai dengan Anda saat ini, tersedia 10 bentuk tubuh yang bisa Anda pilih.
  15. “Outfit” ini opsional Anda bebas memilih mana kira-kira style Anda sehari-hari.
  16. Pada “Headwear”, Anda bebas memilih menggunakan penutup kepala yang sering Anda gunakan.
  17. Nah yang terakhir adalah “Earrings/Tindik Kuping” untuk Anda yang menggunakannya.
  18. Jika sudah silahkan pilih  “Done” pada bagian atas, ada tiga opsi yang bisa Anda pilih bisa menggunakan avatar setengah bagian, setengah badan dan full body.
  19. Facebook avatar yang sudah Anda buat tadi bisa di post pada News Feed Facebook, bisa juga langsung “Skip” saja.
  20. Nah yang terakhir tinggal menggunakan avatar Facebook untuk foto profil akun Facebook.

Nah bagaimana mudah buka cara membuat avatar Facebook dengan aplikasi? Jika ada kendala atau masalah saat proses pembuatan silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah.

Sebelum ditutup, sekedar informasi untuk Anda yang sering browsing menggunakan internet mulai sekarang perlu berhati-hati, karena marak tindak kejahatan dunia maya. Untuk itu Anda perlu . mengamankannya salah satu caranya menggunakan VPN (Virtual Private Network). VPN memungkinkan koneksi aman antar server dengan browser pengguna, sehingga semua data-data penting akan aman sampai tujuan.

Tertarik menggunakan layanan VPN? Kami memiliki rekomendasi VPN Murah dari Qwords.com yang bisa Anda pesan secara bulanan dengan harga mulai dari 22ribuan/bulan saja.

Terima kasih

2 Replies to “Tutorial Cara Cepat Membuat Avatar Facebook”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *