5 Cara Melihat Spesifikasi Komputer Dengan Mudah

2 min read

Cara Melihat Spesifikasi Komputer

Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang ini komputer atau laptop menjadi alat yang paling fungsional untuk zaman serba canggih sekarang ini. Ada berbagai hal yang bisa dilakukan dengan komputer mulai dari bekerja, mengerjakan tugas sekolah, editing video, main game atau hanya sekedar nonton film saja.

Namun dari berbagai hal kegiatan yang dilakukan dengan komputer tersebut dapat dijalankan jika spesifikasi komputer yang dimiliki sudah sesuai, untuk kegiatan ringan seperti nonton film atau pekerjaan yang membutuhkan office saja tentu tidak memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi, tetapi untuk gaming atau editing video pastinya membutuhkan spesifikasi yang tinggi. Oleh sebab itu sebelumnya pastikan sahabat Qwords sudah melihat spesifikasi komputernya apakah sudah sesuai ataukah belum.

Cara Melihat Spesifikasi Komputer
Cara Melihat Spesifikasi Komputer

Spesifikasi komputer memang penting untuk diketahui, tujuannya agar kita semua bisa tahu apakah komputer kita mampu menjalankan tugas berat ataukah tidak. Bahkan kita juga harus tahu detail tentang prosesor, RAM, VGA, hardisk dan lainnya yang ada pada laptop. Jadi sewaktu ada kerusakan Anda tidak bingung lagi untuk tahu spesifikasi lengkapnya.

Cara Melihat Spesifikasi Komputer

Nah berikut ini Kami sudah merangkum mengenai 5 cara melihat spesifikasi komputer dengan mudah.

1. Menggunakan Properties

Silahkan Anda buka File Explorer kemudian cari menu “This PC / My Computer”, jika sudah ketemu silahkan klik kemudian pilih “Properties”.

Buka My Computer
Buka My Computer

Jika benar hasilnya akan seperti gambar diatas.  Akan ada tampilan spesifikasi komputer tentang seri windows, prosesor yang digunakan, RAM, operating system tipe, komputer name, domain, workgroup setting dan lainnya.

Spesifikasi komputer dengan Properties
Spesifikasi komputer dengan Properties

Baca juga : Penjelasan Lengkap Tentang Arsitektur Komputer

2. Menggunakan System Information

Cara kedua untuk melihat spesifikasi komputer dengan memanfaatkan system information. Silahkan ketikan pada kolom Search Box kata “msinfo”, kemudian nanti akan muncul “System Information” dengan icon monitor berwarna biru. Silahkan langsung saja klik icon tersebut.

System Information
System Information

Nanti akan muncul hasilnya seperti gambar dibawah ini, data spesifikasi komputer yang ditampilkan lebih lengkap dari sebelumnya. Anda akan mendapatkan data tentang Hardware Resources, Components dan Software Enviroment. Untuk hasil lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.

Tampilan System Information
Tampilan System Information

3. Menggunakan Command Prompt

Cara ketiga Anda harus menggunakan command prompt windows. Caranya seperti sebelumnya dengan menuliskan pada kolom Search Box dengan kata “cmd”, silahkan tunggu hingga muncul pop-up command prompt.

Jika sudah muncul seperti diatas, silahkan Anda masukan perintah “systeminfo” kemudian enter. Nanti hasilnya akan seperti dibawah ini, jika Anda membutuhkan data yang lebih lengkap bisa scroll kebawah saja karena ada banyak sekali informasi yang ditampilkan.

Melihat spesifikasi komputer dengan Command Prompt
Melihat spesifikasi komputer dengan Command Prompt

4. Menggunakan DirectX Diagnostic Tool

Nah yang keempat menggunakan DirectX Diagnostic Tool atau dxdiag. Silahkan Anda pergi ke Search Box Windows, kemudian tuliskan kata “dxdiag” kemudian tekan enter. Tunggu prosesnya sampai muncul pop-up DirectX Diagnostic Tool.

Menggunakan dxdiag
Menggunakan dxdiag

Data yang ditampilkan pada dxdiag berupa System, Display, Sound dan Input. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar dibawah ini.

Tampilan DirectX Diagnostic Tool
Tampilan DirectX Diagnostic Tool

5. Intsall  CPU-Z

Nah cara yang terakhir adalah dengan menggunakan CPU-Z. Untuk bisa menggunakan software cek spesifikasi komputer, Anda perlu download terlebih dulu kemudian melakukan install, karena software ini tidak tersedia dalam sistem operasi windows.

Silahkan download software CPU-Z terlebih dahulu, silahkan klik link berikut untuk melakukan Download CPU-Z, pilih tombol “Download Now!” warna ungu dan tunggu hingga proses download selesai. Kemudian silahkan install software CPU-Z nya sekalian sampai selesai. Jika sudah silahkan Anda cari shortcut software CPU-Z pada desktop, kemudian silahkan buka dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Data yang ditampilkan pada CPU-Z paling lengkap jika dibandingkan dengan lainnya. Beberapa data spesifikasi komputer yang tersedia seperti CPU, Caches, Mainboard, Memory, SPD, Graphic, Bench dan About.

Cek dengan CPU-Z
Cek dengan CPU-Z

Demikian pembahasan mengenai 5 cara melihat spesifikasi komputer dengan mudah, selain lima diatas sebenarnya masih ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan terutama menggunakan software pihak ketiga seperti CPU-Z.

Pengecekan spesifikasi komputer ini juga berguna ketika Anda membeli komputer/laptop baru ataupun bekas. Jadi Anda tidak sampai tertipu spesifikasi yang ditawarkan dengan aslinya, tidak mungkin Anda untuk membongkar satu-persatu komponen yang ada pada komputer secara langsung, paling mudah melihat spesifikasi komputer dengan cara-cara yang sudah Kami bahas diatas.

Perlu diketahui bahwa saat ini Qwords menjadi salah satu penyedia hosting domain murah terbaik di Indonesia yang selalu berkomitmen untuk mengedukasi semua pelanggan dengan memberikan artikel yang berkaitan dengan dunia IT. Jangan lupa untuk share artikel ini ke social media yang Anda gunakan dan juga tinggalkan pesan pada kolom komentar dibawah jika masih ada pertanyaan.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *