Cara Kompres File PDF Menjadi Ukuran yang Lebih Kecil

2 min read

Cara Kompres File PDF Menjadi Ukuran yang Lebih Kecil

Perkembangan zaman sudah sangat pesat. Banyak perangkat elektronik bersistem komputer, seperti PC, laptop maupun smartphone mengembangkan fitur canggih untuk menunjang kebutuhan hidup manusia. Salah satunya adalah ruang penyimpanan data (data storage) pada perangkat elektronik.

Tak semua peralatan elektronik bersistem komputer memiliki data storage yang besar. Banyak pula yang kapasitas data storage nya terbatas. Hal ini sering menjadi masalah bagi orang-orang yang ingin memasukkan banyak file penting. Contohnya, seperti file PDF yang ukurannya terkadang lumayan besar.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan kompresi pada file. Perlu diketahui bahwa kompresi merupakan teknik mengecilkan ukuran data file yang besar menjadi lebih kecil tanpa mengubah isi dari file tersebut. Tujuannya yakni untuk menghemat pemakaian data storage dan menjaga agar kapasitasnya  selalu cukup untuk menyimpan data lainnya.

Baca juga: Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer

Ada banyak cara kompres PDF yang bisa Anda lakukan. Baik itu dilakukan langsung dari PC, laptop maupun smartphone, secara online lewat situs ataupun offline menggunakan berbagai aplikasi. Semua bisa dilakukan dengan mudah.

 

Cara Kompres File PDF

Cara Kompres File PDF Menjadi Ukuran yang Lebih Kecil
Cara Kompres File PDF Menjadi Ukuran yang Lebih Kecil

Berikut ini cara kompres ukuran PDF yang kami recomendasikan.

1.SmallPDF

Cara kompres PDF yang pertama yakni melalui situs SmallPDF. Dari namanya saja sudah bisa menjelaskan fungsinya, yakni memperkecil ukuran file PDF. Situs in bisa Anda akses kapan saja dengan mudah. Tidak perlu daftar ataupun melakukan syarat apapun, cukup buka situsnya lalu kompres file PDF sesuai kebutuhan.

Begini langkah-langkahnya :

  • Buka situs SmallPDF
  • Klik “pilih file”, lalu drop file PDF yang ingin Anda kompres dari PC atau langsung dari smartphone mu
  • File kemudian otomatis dikompres. Tunggu proses hingga sampai 100%
  • Setelah proses kompres selesai, pilih “Unduh File Sekarang”. Hasilnya file akan berkurang ukurannya tanpa merubah isi di dalamnya.

 

2.Microsoft Word

Siapa bilang aplikasi Microsoft Word hanya untuk membuat file dokumen saja? Bagi yang tidak mengetahui, menggunakan aplikasi Microsoft Word merupakan cara kompres PDF yang bisa Anda gunakan secara offline. Namun, hal ini hanya berlaku bagi pengguna jenis Microsoft Word 2013 ke atas.

Microsoft  Word memiliki fitur untuk mengecilkan ukuran file PDF mu. Begini langkah-langkahnya :

  • Buka aplikasi Microsoft Word. Pilih menu “File”, kemudian “Open” dan pilih file PDF yang ingin Anda kompres. File PDF secara otomatis akan ter-convert ke dalam bentuk word. Klik “ok” untuk melanjutkan.
  • Pilih menu “Save As” dan ubah file ke bentuk PDF kembali dengan cara memilih menu “Save As Type : PDF”.
  • Untuk mengecilkan ukuran filenya, pilih “Optimize for : Minimum Size” lalu klik “Save”.

 

3.PDFCompressor

 

Situs ini merupakan cara kompres PDF online yang paling banyak digunakan selain SmallPDF. Keunggulan dari situs ini adalah hasilnya yang tidak mengubah kualitas dari isi file yang sudah dikompres.

Begini langkah-langkahnya :

  • Buka situs PDFCompressor
  • Pilih “Unggah File” lalu akan muncul banyak file Anda. Pilih file PDF yang ingin Anda kompres.Tunggu beberapa saat hingga proses kompres selesai
  • Klik “unduh” file yang sudah dikompres, maka Anda akan dapatkan file PDF dengan ukuran yang lebih kecil.

 

4.SodaPDF

Selanjutnya ada SodaPDF. Situs ini merupakan cara kompres PDF sesuai keinginan yang tidak ada pada situs lainnya. Bagi yang tidak sedang online, SodaPDF juga tersedia dalam bentuk offline berupa aplikasi yang bisa Anda gunakan kapan saja.

Baca juga: Cara Mengecilkan Ukuran File JPG

Begini langkah-langkahnya :

  • Upload file yang ingin dikompres dengan klik “Choose File”
  • Tentukan pilihan kualitas, yaitu low quality, good quality dan high quality. Setelah selesai, klik “Compress PDF Files” kemudian tunggu beberapa saat.
  • Klik “Unduh File”.

 

5.Adobe Acrobat XI Pro

Aplikasi Adobe Acrobat XI Pro merupakan aplikasi online ringan di PC yang bisa Anda gunakan untuk memperkecil ukuran file PDF Anda. Begini langkah-langkahnya :

  • Buka aplikasi Adobe Acrobat XI ProPilih menu “File”, lalu pilih file yang ingin dikompres.
  • Kemudian klik “Save As Other”, lalu klik “Reduced Size PDF”.
  • Jika muncul pemberitahuan, klik “Ok”. File PDF Anda tandanya sudah dikompres, kemudian save file.

6.ILovePDF

kompres file PDF
kompres file PDF

Cara kompres PDF terakhir adalah menggunakan situs online ILovePDF. Sifatnya yang mudah dikases membuat situs ini juga ramai dikunjungi banyak orang.

Begini langkah-langkahnya :

  • Pilih gambar PDF yang ada di tengah lalu upload file PDF yang ingin di kompres.
  • Pilih “kompres PDF”.
  • Tunggu sampai proses kompres selesai. File PDF akan secara otomatis akan langsung disave di PC, laptop atau smartphone

Itulah beberapa cara kompres PDF menjadi ukuran yang lebih kecil. Tentunya sangat recomended untuk Anda gunakan agar tetap bisa menghemat ruang penyimpanan perangkat elektronik tanpa harus menghapus file-file PDF lama. Manfaatkan teknologi yang sudah berkembang sekarang untuk memudahkan berbagai aktivitas.

Sementara itu, jika Anda ingin membagikan file PDF kepada teman atau rekan kerja. Jangan lupa untuk selalu memastikan keamanan jaringan internet dengan cara menyalakan VPN (Virtual Private Network).

Anda bisa memanfaatkan VPN Murah dari DiegoVPN untuk membantu mengenkripsi data-data pribadi yang rentan disalahgunakan. Dapatkan akses DiegoVPN dalam masa promo beli 4 gratis 1 sekarang juga, sebelum kehabisan kuota!

Sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *