Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Mengenal Cara Kerja Mesin Pencari Google

4 min read

Cara kerja google

Sobat Qwords pasti sudah tidak asing lagi dengan mesin pencari. Setiap menggunakan internet untuk mencari informasi pasti menggunakan mesin pencari, salah satunya Google.

Ketika Anda mengetikan keyword pada mesin pencari, Google akan menampilkan hasil pencarian yang relevan sesuai dengan apa yang Anda cari.

Pada halaman hasil pencarian, Google akan menampilkan website-website yang relevan, Iklan Google Ads, Google bisnis, video Youtube dan penelusuran terkait.

Data yang ditampilkan mesin pencari ini sudah melalui proses terlebih dahulu, sehingga yang bisa tampil pada halaman pertama adalah yang memenuhi syarat dari Google dan terbaik.

Namun Anda pasti belum tahu, bagaimana sebenarnya cara kerja mesin pencari itu sehingga bisa menghasilkan hasil yang sesuai dengan apa yang Anda cari.

Bahkan mesin pencari bisa menampilan tidak hanya format teks saja, melainkan gambar dan video.

Dengan menggunakan algoritma mesin pencari dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda sehingga bisa diketahui oleh banyak orang.

Ini merupakan salah satu kegunaan mesin pencari untuk bisnis.

Apa Itu Mesin Pencari

Google Chrome
Google Chrome

Sebelum melanjutkan pembahasan mengenai cara kerja mesin pencari, tampaknya Anda perlu tahu dulu sebenarnya apa itu mesin pencari.

Pada artikel Kami sebelumnya tentang apa itu search engine disebutkan bahwa mesin pencari adalah suatu program komputer khusus yang fungsinya untuk membantu pengguna dalam mencari berkas-berkas yang tersimpan pada layanan world wide web pada sejumlah server hosting.

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa peran mesin pencari tidak berbeda jauh dengan website pada umumnya, hanya saja perannya lebih difokuskan pada pencarian informasi yang dibutuhkan oleh pengguna internet.

Hasil penelusuran dari mesin pencari bisa disebut Search Engine Result Page (SERP). Semakin tinggi ranking website, maka website tersebut memiliki nilai lebih baik dibandingkan dengan website lainnya.

Tetapi perlu diketahui bahwa SERP sangat dinamis, peringkat website bisa berubah-ubah sesuai dengan tingkat persaingan.

Tujuan Algoritma Mesin Pencari

Pada awal kemunculan mesin pencari Google, hasil pencarian tidak bisa sebagus seperti sekarang ini.

Website yang tampil di halaman pertama SERP tidak sesuai dengan apa yang kita cari.

Makin kesini Google selalu mengupdate algoritma secara rutin, tujuannya tidak lain adalah menyajikan konten relevan dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Berikut beberapa algoritma Google yang pernah dirilis:

  • Freed
  • ntrusive Interstitials Update
  • Mobilegeddon
  • RankBrain
  • Panda
  • Penguin
  • Hummingbird
  • Pigeon
  • Payday
  • Exact Match Domain (EMD)
  • Page Layout Algorithm 

Cara Kerja Mesin Pencari Google

Cara kerja mesin pencari
Cara kerja mesin pencari – Moz

Search engine Google dalam melakukan pengindeksan suatu halaman website memiliki software tersendiri yang fungsinya untuk mengumpulkan berbagai kata, kalimat, gambar dan video dari internet untuk menampilkan mana yang terbaik.

Nama softwarenya adalah Googlebot atau web crawlers, tugasnya adalah merayapi halaman website dengan mengikuti setiap link yang ada pada website.

Untuk kecepatan indeksnya tergantung dari websitenya, satu website dengan lainnya memiliki waktu pengindeksan yang berbeda-beda.

Untuk mengetahui urutan cara kerja mesin pencari, kira-kira berikut ini:

  1. Create artikel, langkah pertama adalah Anda haruslah membuat artikel yang berkualitas.
  2. Crawling halaman website, setelah artikel terpublish, maka robot Google akan melakukan crawling pada halaman website. Agar robot Google mengetahui biasanya kalau ada artikel baru maka dilakukan submit ke Google Search Console, tujuannya memberitahu Google untuk crawling website agar lebih cepat indeks. Untuk website yang sudah mendapatkan authority/sudah besar, tidak perlu melakukan submit console karena biasanya indeksnya sangat cepat.
  3. Storing, storing adalah penyimpanan semua data yang sudah dibaca oleh Googlebot saat merayapi website. Beberapa data yang disimpan oleh Google seperti judul, permalink, konten, kata kunci, internal link, image, alternate images, deskripsi, heading dan sebagainnya. Ini banyak kaitannya dengan optimasi on page SEO.
  4. Processing, semua data yang sudah disimpan tadi akan diproses oleh software Google tersebut sampai menghasilkan output  sesuai dengan algoritma yang dimiliki Google.
  5. Indexing, hasil dari processing adalah indexing pada halaman website, sehingga Anda bisa menemukan website Anda pada halaman SERP Google.
  6. Ranking, nah yang terakhir adalah perangkingan halaman website sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan. Proses dari awal tadi hasilnya bisa dilihat para ranking website apakah mendapatkan peringkat atas atau berada pada halaman lain. Dari hasil ranking ini bisa dijadikan bahan evaluasi terutama untuk optimasi website apakah sudah optimal dan benar atau belum.

Untuk masalah perangkingan website, biasanya pada halaman atas diisi oleh website-website yang sudah menjadi rujukan (authority website).

Tetapi tidak menutup kemungkinan website yang baru bisa bersaing pada halaman satu Google.

Mengapa Halaman Tidak Terindeks?

Mungkin banyak yang mengalami halaman website yang susah terindeks bahkan malah website tidak terindeks. Karena indeks merupakan salah satu hal terpenting dari SEO, dari indeks inilah kita semua akan mendapatkan trafik menuju website.

Dikutip dari Search Engine Journal, berikut beberapa penyebab halaman website tidak terindeks:

1.  Google belum menemukan website Anda

Untuk beberapa kasus website baru memang membutuhkan paling tidak satu minggu untuk bisa terindeks, jadi Anda perlu bersabar sambil menambahkan post artikel baru.

  2. Submit Google Webmaster Tools

Pastikan Anda sudah submit website pada Google Webmaster Tools dan pastikan domain utama sudah indeks.

  3. Setting robot.txt

Silahkan cek apakah settingan default dari website Anda melakukan blocking terhadap Google bot. Pastikan pada bagian “Disallow” kosong, jika ada isi silahkan dihapus saja karena tidak bisa dirayapi oleh robot Google.

Baca juga : Cara Setting Robot.txt Untuk SEO

  4. Tidak ada sitemap.xml

Website apakah sudah memiliki sitemap.xml yang memudahkan robot Google dalam melakukan pengindeksan website. Jika Anda belum tau membuat sitemap silahkan kunjungi artikel Kami di cara membuat sitemap WordPress.

5.  Setting htaccess

Htaccess juga sama dengan sitemap, pastikan tidak ada script yang mencegah robot Google melakukan pengindeksan website.

6.  Website lambat diakses

Salah satu pengaruhnya karena hosting yang digunakan spesifikasinya kurang baik sehingga load menjadi lama.

7.  Ada masalah pada AJAX/JavaScript

Website bukan hanya soal konten saja, tetapi AJAX/JavaScript memiliki andil dalam lama tidaknya suatu website terindeks. Untuk mengurusi hal ini paling tidak Anda harus memahami pemrograman web dasar.

8.   Website menggunakan meta tag no index

Untuk merubah tag no index Anda bisa membuka file pada robot.txt, pastikan halaman-halaman penting menggunakan atribut index.

9.  Banyak konten duplikat

Salah satu penyebabnya karena manajemen konten yang buruk, sehingga muncul konten-konten duplikat.

10. Website memiliki kualitas rendah/jelek

Konten website banyak mengambil dari konten website lain, sehingga isinya kebanyakan copy paste saja.

11. Hosting sering down

Nah inilah pentingnya mencari layanan hosting dengan uptime server terbaik agar website bisa selalu online, website down berpengaruh pada pengindeksan website.

12. Banyak halaman error 404

Segere cek halaman-halaman error yang ada pada website, karena ini berpengaruh pada crawl budget mesin pencari yang melakukan pengindeksan website.

Kesimpulan

Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan saat ini, bahkan sampai 90% lebih pengguna internet menggunakan Google.

Untuk itu Anda perlu mempelajari apa saja yang direkomendasikan dan apa saja yang dilarang Google agar website mudah terindeks mesin pencari.

Hosting memiliki andil besar dalam indexing website, jadi untuk Anda yang mencari hosting unlimited dengan kecepatan tinggi Kami memiliki rekomendasi di Qwords.com.

Dengan harga mulai dari 34.900/bulan Anda sudah bisa mendapatkan unlimited hosting dengan 5 addon domain RAM 1 GB dan lainnya.

Terima kasih

Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Termudah, Cara Membuat Subdomain di cPanel

Anda sebagai pengelola website bisnis dengan banyak cabang, tentunya untuk mengelola semua website akan terlalu repot kalau harus membuat website untuk setiap cabangnya. Bagaimana...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *