Cara Memulai Jualan di Facebook Untuk Pemula

3 min read

Cara Memulai Jualan di Facebook

Di era digital dan serba online seperti saat ini, usaha online semakin menjamur dan banyak digandrungi masyarakat. Selain karena mudah untuk dipraktekkan, berjualan online juga terbukti memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan apabila dijalankan dengan sungguh-sungguh.

Bagi Anda yang tertarik dengan usaha online, simak ulasan berikut ini mengenai cara jualan di Facebook yang efektif.

Cara Posting Jualan di Facebook

Cara Memulai Jualan di Facebook
Cara Memulai Jualan di Facebook

Sebagai salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna, Facebook tidak hanya sebagai sarana komunikasi tanpa harus bertatap muka, namun berpotensi untuk menjembatani antara pelaku usaha dengan calon pembeli. Facebook menjadi pilihan tepat untuk mempromosikan produk yang Anda jual tanpa perlu mengeluarkan biaya pemasangan iklan.

Cara jualan di Facebook sangatlah mudah, karena yang Anda butuhkan hanya memposting foto produk barang atau jasa yang Anda tawarkan. Berikut ini langkah-langkah posting produk barang atau jasa yang Anda jual melalui Facebook.

  • Klik Grup yang ada di Kabar Beranda pada menu sebelah kiri, lalu pilih grup jual beli yang Anda inginkan untuk mempromosikan produk yang Anda jual.
  • Setelah masuk di dalam grup jual beli, klik tombol Jual Sesuatu.
  • Tulis informasi atau deskripsi produk yang Anda jual, kemudian klik Berikutnya.
  • Pilih pemirsa yang diinginkan agar banyak calon pembeli yang melihat produk jualan yang Anda tawarkan. Sangat disarankan bagi Anda untuk memposting produk tidak hanya pada satu grup saja, namun bisa di grup jual beli lainnya.
  • Pilih lingkaran di samping menu Marketplace untuk membuat tawaran produk yang Anda jual. Namun, jika Anda mengunggahnya sebagai Halaman atau Page, Anda tidak akan melihat opsi untuk membuat tawaran di Marketplace. Selanjutnya, Anda tinggal klik Posting.

tutorial facebook ads pemula

Download Ebook Facebook Ads Untuk Pemula

Tips Cara Jualan Laris di Facebook

 

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, agar jualan Anda laris manis seperti ketepatan mengatur strategi pemasaran dan cara menarik perhatian calon pembeli. Berikut ini tips cara jualan online di Facebook yang efektif.

  1.   Gunakan Fitur Marketplace

Untuk mengenalkan produk barang atau jasa yang Anda tawarkan kepada calon pembeli secara efektif yaitu dengan menggunakan fitur marketplace. Fitur ini disajikan secara sederhana dan terletak pada bagian kiri halaman saat Anda login Facebook melalui desktop, sehingga memudahkan Anda untuk menggunakannya.

Anda bisa mencantumkan informasi atau deskripsi produk dengan lengkap, seperti foto produk, harga, lokasi, dan deskripsi detail produk, serta nama Anda sebagai penjual. Untuk melakukan transaksi, Anda diharuskan bertemu dengan pembeli secara langsung atau Cash On Delivery (COD). Meski transaksi dapat dilakukan via transfer dan jasa ekspedisi, COD dimaksudkan untuk meminimalisir penipuan.

  1.   Manfaatkan Grup Jual Beli

Selain menggunakan fitur marketplace, cara jualan di Facebook lainnya yaitu bergabung dengan grup-grup jual beli. Anda bisa mengikuti grup jual beli berdasarkan lokasi yang bisa Anda jangkau. Anda hanya perlu mengunggah atau memposting produk untuk memperbesar peluang produk cepat laku. Nantinya, calon pembeli akan menghubungi via pesan di Facebook atau kontak yang Anda cantumkan.

  1.   Gunakan Foto yang Menarik

Salah satu tips agar jualan Anda cepat laku yaitu dengan memasang foto produk yang menarik. Pastikan foto yang Anda gunakan memiliki kualitas yang bagus dan tidak buram. Gunakan pula foto produk yang real atau nyata. Jangan sampai membuat pembeli kecewa karena foto produk dengan kondisi barang tidak sesuai atau tidak sama.

  1.   Berikan Respons yang Baik

Dalam menanggapi pesan dari calon pembeli, sebaiknya jangan terlalu pemilih. Layani semua calon pembeli dengan memberikan respons yang baik meskipun pada akhirnya mereka tidak jadi membeli atau hanya bertanya saja. Dengan memberikan respons yang baik dan cepat, Anda akan mendapatkan lencana “Sangat Responsif” dari pembeli, sehingga memungkinkan mereka untuk repurchase. 

Baca juga : Tutorial Facebook Ads Untuk Pemula

Kerugian Jualan di Facebook

Facebook Buzzers
Facebook Buzzers

Anda juga perlu tahu, bahwa berjualan di Facebook tak selamanya memberikan keuntungan saja. Kerugian berjualan di Facebook yaitu banyaknya akun spamming atau kloningan. Selain itu, banyaknya fitur yang disediakan seringkali membuat Anda bingung. Karena masih banyak pengguna Facebook yang belum terbiasa berbelanja online melalui menu marketplace, Anda perlu memberikan edukasi.

Karena termasuk media sosial yang sangat sensitif, Anda perlu hati-hati saat mengunggah postingan untuk menghindari pemblokiran. Tidak tersedianya fitur edit foto juga menuntut Anda untuk mengolah foto produk terlebih dahulu agar terlihat lebih menarik dan bagus.

Keuntungan Jualan di Facebook

Penggunaan beragam fitur pada Facebook yang mudah menjadi salah satu keunggulannya dan dijadikan sebagai ajang promosi agar jualan Anda cepat laku dan laris manis, seperti fitur marketplace dan grup. Anda bisa membagikan foto, video, dan tautan dengan leluasa untuk mempromosikan produk yang Anda jual dan menarik calon pembeli.

Tersedianya fitur album foto pada Facebook juga bisa dimanfaatkan untuk mengelompokkan jenis produk barang atau jasa yang Anda tawarkan. Karena sudah dilengkapi dengan pengaturan privasi yang baik, Anda bisa mengatur siapa saja yang dapat melihat informasi dan postingan yang diunggah.

Penjelasan di atas bisa dijadikan sebagai referensi dan panduan bagi Anda yang menekuni bisnis online. Meski terbilang mudah, cara jualan di Facebook harus dibarengi dengan sikap penjual yang baik dan responsif. Anda juga harus menyusun strategi pemasaran yang tepat agar produk cepat laku dan laris manis melalui fitur marketplace atau grup jual beli yang tersedia di Facebook.

Untuk memaksimalkan penjualan di Facebook, Anda perlu memanfaatkan sumber traffic lain seperti website. Website memungkinkan Anda untuk mendapatkan traffic yang lebih besar karena tidak ada batasan seperti social media. Untuk Anda yang belum memiliki website bisa langsung pesan domain hosting murah dari Qwords.com sekarang juga dan dapatkan promo menarik domain tld gratis.

Terima kasih 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *