Cara Jadi Reseller Sukses dengan Modal Minimalis

3 min read

Cara Jadi Reseller Sukses dengan Modal Minimalis

Anda ingin memiliki bisnis sendiri namun masih terkendala modal usaha? Kenapa tidak mencoba menjadi seorang reseller saja? Saat ini cara jadi reseller sangat mudah berkat adanya berbagai jalur pemasaran digital seperti marketplace dan media sosial yang notabene tidak memerlukan tempat fisik untuk memulai usaha.

Menjadi reseler juga bisa dikerjakan dimana saja tanpa batasan jam kerja. Jadi, sangat cocok untuk dijalani oleh karyawan maupun ibu rumah tangga.

Baca juga: Meraup Keuntungan dari Jualan Produk Digital

Nah, agar lebih mengenal soal bisnis reseller dan seluk-beluknya berikut ini merupakan ulasan tips cara jadi reseller sukses yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ketika berminat untuk terjun di bisnis ini.

 

Tips Cara Jadi Reseller Sukses

Cara Jadi Reseller Sukses dengan Modal Minimalis
Cara Jadi Reseller Sukses dengan Modal Minimalis

1. Temukan Produk yang Tepat

Sebelum mulai menekuni dunia reseller, Anda sebaiknya harus mempelajari banyak produk untuk menemukan karakteristik yang tepat. Tujuannya tidak lain adalah untuk meminimalisir pemilihan produk yang  hanya akan menghambur-hamburkan waktu dan sumber daya.

Pastikan Anda sudah menemukan produk yang tepat dan memiliki banyak peminat sehingga peluang untuk meningkatkan pendapatan bisa terbuka lebar.

2. Mengenali Kompetitor

Analisis kompetitor
Analisis kompetitor

Seperti halnya pertarungan di medan perang, mengenali kekuatan dan kelemahan kompetitor merupakan hal wajib yang harus dilakukan ketika ingin terjun ke dunia reseller.

Dalam beberapa kasus, supliyer sendiri biasanya memberikan kebijakan berupa batasan terkait jumlah pedagang produk yang ada di satu kota agar tidak terjadi perang harga. Namun, di era modern seperti sekarang ini kebijakan tersebut sudah jarang ditemukan karena reseller bisa menjual produk melalui platform digital tanpa adanya batasan waktu dan ruang.

Mengenal titik lemah kompetitor juga berfungsi untuk menambah wawasan produk (product knowledge) yang akan sangat bermanfaat ketika menjelaskan poin-poin keunggulan kepada pelanggan.

3. Manfaatkan Kekuatan Media Sosial

Sosial media
Sosial media

Siapa sih yang tidak memiliki media sosial? Di era digital seperti sekarang hampir semua orang memiliki akun media sosial untuk berjejaring. Nah, untuk menunjang bisnis reseller agar semakin sukses maka salah satu caranya yakni dengan mengoptimalkan peran media sosial.

Anda bisa mencari ide-ide segar seperti yang dilakukan oleh admin twitter Gojek atau Grab yang kerap kali menangkap momen-momen spesial untuk membantu mendongkrak popularitas produk yang dijual.

4. Gunakan Email Marketing

email marketing strategi
email marketing strategi

Bagi Anda yang sudah bergelut di dunia digital, pasti sudah tidak asing lagi dengan konsep email marketing. Cara kerja email marketing sendiri yakni dengan mengirimkan email penawaran berisi promo, informasi produk hingga newsletter yang memberikan bahasan seputar produk yang dijual.

Konten dalam email tersebut sudah dirancang sedemikian rupa menggunakan teknik copywriting dan ilustrasi yang menarik pelanggan, sehingga ketika dikirimkan ke ribuan orang akan menambah besar kemungkinan adanya penjualan.

Untuk mencoba kedahsyatan platform ini Anda bisa menggunakan layanan MailToGo, sebuah platform email marketing Indonesia yang dirancang khusus untuk mengakomodir kebutuhan pribadi maupun perusahaan Anda.

5. Tingkatkan Kredibilitas dengan Membuat Website

blog beda blog dan website
blog beda blog dan website

Website memang sangat tepat untuk menunjang berbagai kebutuhan bisnis, baik perorangan maupun dalam skala perusahaan. Salah satu manfaat dari keberadaan website yakni mampu meningkatkan kredibilitas di mata konsumen.

Proses pembuatan website sendiri saat ini sudah sangat mudah dan terjangkau. Bahkan, ada yang menawarkan jasa pembuatan website professional dalam waktu 3 kari kerja.

Sementara jika Anda ingin membuat website sendiri salah satu alternatifnya bisa menggunakan platform WordPress yang ditunjang oleh layanan High Performance Cloud Hosting (HPCH) dari Qwords.com untuk mendapatkan akses cepat, reliable, dan handal.

 

Ide Menjadi Reseller Produk Online dengan Modal Minimalis

bisnis reseller
bisnis reseller

1. Jadi Reseller Hosting

Salah satu produk yang bisa Anda jual sebagai reseller adalah paket web hosting. Layanan ini sangat cocok jika Anda merupakan seorang developer yang kerap menerima tugas untuk membuat website pribadi maupun perusahaan.

2. Jadi Reseller Pakaian

Banyaknya kebutuhan pakaian serta semakin meningkatnya kenyamanan berbelanja online di Tanah Air membuat bisnis pakaian mampu berkembang pesat dari waktu ke waktu.

Untuk memulai bisnis reseller pakaian pun caranya tidak begitu susah, yang Anda butuhkan hanyalah perangkat gadget dan koneksi internet untuk mengupload produk.

Menariknya, beberapa supliyer biasanya juga tidak mengharuskan reseller untuk membayar deposit atau melakukan pembelian produk sebelum laku terjual. Sangat mudah bukan?

3. Jadi Reseller Makanan

Berbeda dengan reseller pakaian dan layanan web hosting, untuk menjadi reseller makanan Anda harus memiliki waktu dan modal yang lumayan besar. Pasalnya, reseller makanan kebanyakan melakukan packing ulang untuk mendapatkan branding serta keuntungan yang lebih besar.

Daya tahan makanan yang tidak begitu lama juga menjadi pertimbangan tersendiri mengapa menjadi reseller makanan memerlukan modal yang lumayan.

Kesimpulan

 

Walaupun bisa ditekuni dengan modal minim, tidak semua orang bisa menjadi reseller sukses karena bisnis ini membutuhkan ketekunan serta koneksi yang luas agar berhasil menjangkau banyak orang. Tingkat persaingan dalam bisnis reseller juga relatif lebih berat karena secara tidak langsung Anda harus bersaing dengan supliyer untuk memperebutkan pasar.

Maka dari itu, Anda harus bisa memaksimalkan tips-tips cara menjadi reseller yang ada. Gunakan aktivitas promosi lewat chanel-chanel digital seperti facebook Ads, Google Ads, hingga Instagram Ads agar mendapatkan jangkauan lebih besar.

Jadi, bagaimana menurut Anda? Apakah sudah siap untuk menekuni bisnis sebagai seorang reseller? Jangan lupa, beli domain dan hosting murah dari Qwords.com untuk menunjang performa website reseller yang menghubungkan para calon konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *