Cara Ganti Password WordPress Dengan Cepat dan Mudah

2 min read

Cara Ganti Password WordPress Dengan Cepat dan Mudah

WordPress sekarang ini menjadi Content Management Sysem (CMS) dengan pengguna terbesar didunia, bahkan mencapai 60% lebih. Jadi sudah sepantasnya pihak WordPress harus menjaga akun dari tindak kejahatan terutama penyebabnya dari password. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir tindak kejahatan ini dengan cara rutin melakukan pengantian password.

Memang password adalah salah satu hal yang sangat vital, password bisa diibaratkan sebuah kunci yang digunakan untuk masuk kedalam rumah. Jika kunci tersebut berada ditangan orang yang salah bisa-bisa seisi rumah habis diambil orang tersebut. Data dari Thytotic menyebutkan bahwa 80 persen lebih tindak kejahatan cyber terjadi karena password yang lemah. Oleh karena itu dalam memilih password tidak boleh asal, jika perlu menggunakan kombinasi antara huruf, angka dan symbol sehingga aman dari serangan kejahatan cyber.

Cara Ganti Password WordPress Dengan Cepat dan Mudah
Cara Ganti Password WordPress Dengan Cepat dan Mudah

 Alasan Ganti Password

Berikut ada beberapa alasan penting yang perlu Anda ketahui tentang pentingnya ganti password WordPress secara rutin:

  • Menjaga keamanan

Fungsi dari password adalah untuk menjaga keamanan data dan informasi yang dimiliki agar tidak diketahui orang. Namun ketika menggunakan password yang mudah ditebak itu sangat berbahaya sekali, solusinya Anda bisa melakukan ganti password akun WordPress secara rutin disetiap bulannya.

  • Batasan akun

Banyak ditemui juga penggunaan password yang sama terhadap semua akun-akun penting, alasannya karena agar mudah diingat. Tetapi Anda perlu berfikir kembali jika salah satu password berhasil tersebut diretas, maka akun lain juga berpotensi ikut diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab tersebut.

  • Mencegah peretasan secara konstan

Tidak jarang hacker saat sudah meretas website mereka tidak merubah password, mereka hanya mengambil data dan informasi penting saja. Dengan merubah password WordPress secara rutin, hacker akan kesulitan dalam menembus kembali website WordPress Anda.

  • Mencegah password yang tersimpan

Kadang kala para pengguna WordPress menyimpan password mereka pada browser masing-masing, jadi saat terjadi kehilangan perangkat komputer atau laptop kemungkinan besar orang yang mengambil bisa dengan mudah login ke akun WordPress. Nah jika sebelumnya Anda selalu rutin ganti password kejadian ini bisa diminimalisir.

  • Membatasi akses logger keystroke

Logger keystroke adalah salah satu software yang fungsinya bisa merekam penekanan tombol keyboard, jadi ini sangat rawan sekali password dicuri. Salah satu cara mengatasinya dengan melakukan pengantian password WordPress secara rutin setiap disetiap bulannya.

Baca juga : Tips Menjaga Kemanan WordPress

Cara Login WordPress

Selain menganti password, ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan login WordPress yaitu dengan cara menganti login url WordPress. Untuk Anda yang belum tahu cara login WordPress secara default bisa diakses di domainanda.com/wp-admin. Setelah itu Anda tinggal memasukan username atau email dan password WordPress, jika benar Anda akan masuk ke dashboard WordPress.

Cara Ganti Password WordPress

Ada 2 metode yang bisa Anda gunakan untuk menganti password WordPress dengan cepat dan mudah yaitu dengan cara melalui halaman login dan halaman dashboard WordPress. Nah berikut cara ganti password WordPress:

1. Ganti password WordPress melalui halaman login

Cara ganti password WordPress yang pertama bisa Anda lakukan pada saat masuk halaman login WordPress. Untuk cara ganti password WordPress melalui halaman login bisa mengikuti langkah-lanngkahnya berikut ini:

  • Yang pertama Anda diharuskan login ke akun WordPress terlebih dahulu, secara default login WordPress melalui url com/wp-admin.

    Lost Password WordPress
    Lost Password WordPress

  • Pada saat berada dihalaman dashboard login, silahkan scroll kebawah dan temukan ‘Lost your password?’ silahkan klik pada halaman tersebut.
  • Selanjutnya akan tampil dashboard ‘Lost Password’, silahkan masukan email yang Anda gunakan saat proses instalasi WordPress.

    Reset Password WordPress
    Reset Password WordPress

  • Silahkan cek dan klik link yang dikirimkan untuk memulai menganti password WordPress terbaru.

2. Ganti password WordPress melalui dashboard

Cara lainnya Anda bisa lakukan adalah melalui dashboard WordPress. Cara ini Anda diharuskan untuk login ke akun WordPress, tidak perlu memerlukan email untuk mendapatkan kiriman reset password. Adapun cara menganti password WordPress bisa Anda ikuti dibawah ini:

  • Login terlebih dahulu pada akun WordPress Anda hingga masuk ke dashboard WordPress.

    Cara Login WordPress
    Cara Login WordPress

  • Scroll kebawah dan temukan menu ‘User’ setelah itu klik pada ‘Your Profile’.

    Ganti Password WordPress Lewat Dashboard
    Ganti Password WordPress Lewat Dashboard

  • Setelah Anda masuk dashboard ‘Your Profile’ scroll kebawah sampai menemukan ‘Account Management’, silahkan klik pada button ‘Generate Password’.

    Generate Password WordPress
    Generate Password WordPress

  • Nantinya Anda akan diberikan password generator yang diberikan WordPress, tetapi Anda bisa mengisi custom sesuai dengan keinginan.
  • Jika sudah Anda bisa scroll kebawah dan pilih button ‘Update Profile’ warna biru.

Bagaimana apakah Anda sudah menganti password akun WordPress Anda? silahkan pilih mana yang dirasa paling gampang dan simple. Selain kedua cara tersebut sebenarnya masih ada satu cara lagi yaitu meganti password lewat panel hosting, tetapi ini lebih kompleks caranya jika dibanding kedua cara ganti password WordPress diatas.

Untuk Anda yang sampai sekarang ini masih menggunakan hosting standart untuk kebutuhan website, cobalah mulai beralih ke Hosting WordPress yang sudah dioptimasi khusus penggunaan WordPress dan terbukti lebih cepat dan powerful. Dengan harga mulai dari 50.000/bulan Anda sudah mendapatkan kapasitas 5GB disk space, tunggu apalagi segera order hosting WordPress Anda di Qwords.com.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *