Bagaimana cara ganti password Gmail? Mengubah password atau kata sandi pada Gmail memang sangat perlu dilakukan. Hal ini bertujuan agar akun Anda selalu aman dari yang namanya kecolongan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Apalagi jika akun Gmail Anda telah digunakan untuk membuat akun media sosial, internet banking dan lain-lain.

Tentunya Anda harus ekstra hati-hati dan wajib mengganti password sesekali. Terlebih lagi jika Anda suka membuka akun media sosial di sembarang tempat, seperti warnet atau laptop teman. Kemungkinan besar akun dan password Anda akan meninggalkan jejak berupa cache pada komputer tersebut. Dengan demikian akun Anda bisa lebih mudah untuk di hack oleh orang lain.

Baca juga: Cara Membuat Signature di Gmail via Laptop dan Aplikasi Mobile

Agar hal ini tidak terjadi, maka lakukanlah penggantian password secara rutin sehingga akun Gmail tetap aman terkendali. Tentunya cara mengganti password Gmail ini sangatlah mudah dan bisa dilakukan menggunakan HP. Bagi Anda yang penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara ganti password Gmail dari HP, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Ganti Password Gmail Dari HP
Cara Ganti Password Gmail Dari HP

Cara Ganti Password Gmail Dari HP

 

Bagaimana cara mengubah kata sandi Gmail dari HP atau smartphone? Karena saat ini banyak sekali oknum yang tidak bertanggung jawab dengan melakukan pembobolan email serta untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan. Maka, Anda perlu mengganti password agar keamanan Gmail lebih terjaga. Tentunya cara untuk menggantinya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Berikut penjelasan selengkapnya:

Cara Ganti Password Gmail

1.Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke dalam aplikasi Gmail yang sudah tersedia pada ponsel atau smartphone Anda

2.Kemudian, klik ikon tiga garis di bagian pojok kiri atas untuk membuka menu

3.Langkah selanjutnya, jika menu tersebut sudah berhasil dibuka, usap layar ke bagian atas hingga Anda menemukan pilihan setting dan klik menu tersebut.

4.Apabila sudah berhasil, pilihlah menu “Manage My Account”

5. Pilih menu “Sign-in & Security” yang sudah tersedia

6.. Setelah itu, klik menu password dan ubahlah password sesuai dengan keinginan

7. Masukkan password baru yang akan digunakan pada kolom New Password yang tersedia

8. Langkah terakhir, masukkan kembali password baru yang sama pada kolom Confirmation sandi baru. Jika kata sandi dirasa sudah cocok maka klik ubah sandi.

 

Tips Membuat Atau Mengganti Password Gmail

gmail
gmail

Apabila semua langkah di atas bisa Anda lakukan dan password Gmail bisa diubah, untuk lebih amannya lagi gunakanlah beberapa tips saat akan mengganti password Gmail. Berikut merupakan beberapa tips yang wajib Anda lakukan:

1.Gunakanlah kata atau karakter yang mudah untuk diingat

2.Password Gmail selalu menggunakan minimal 8 karakter, semakin panjang atau semakin banyak karakter yang Anda gunakan maka akan semakin kuat pula tingkat keamanannya

3.Gunakan kombinasi huruf kapital, huruf kecil serta beberapa angka

4.Jangan pernah menggunakan tanggal lahir, nama, alamat rumah atau kata-kata lain yang mudah ditebak oleh siapapun

Baca juga: Bahaya Email Phising dan Tips Menghindarinya

 

Penutup

 

Gmail merupakan salah satu akun yang wajib dimiliki oleh pengguna smartphone Android. Pasalnya, akun ini sangatlah penting dan bisa digunakan untuk mendaftar akun media sosial atau akun-akun yang lain yang dimiliki oleh Google. Seperti misalnya untuk mendaftar, Google AdSense, YouTube, Google Docs, atau layanan penyimpanan berbasis cloud Google Drive. Dengan demikian, Anda harus bisa menjaga akun Gmail ini sebaik mungkin.

Selain itu, akun Gmail juga bisa digunakan untuk menyebar newsletter bisnis, meski platform dan fitur yang ditawarkan tidak semumpuni layanan email marketing pada umumnya.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga akun Gmail agar tetap yaitu dengan mengganti password secara berkala. Tentunya cara untuk menggantinya sangat mudah dan simpel. Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai tata cara mengganti password di atas.

Adapun sebagai langkah pencegahan, Anda bisa menggunakan VPN atau Virtual Private Network yang bisa membantu mengamankan koneksi internet dengan cara melakukan enkripsi data yang masuk maupun keluar. Jika tertarik, sahabat Qwords bisa menggunakan salah satu paket DiegoVPN yang bisa dibeli mulai dari Rp20 ribuan perbulan. Sangat terjangkau, jika dibandingkan dengan fungsinya sebagai lapisan pelindung dari kebocoran data.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *