Mungkin Anda pernah merasa bingung saat akan melakukan transfer data kepada orang lain. Sebab, file yang ditransfer tersebut ternyata terlalu besar dan akhirnya memakan waktu lama. Namun, semakin canggih era sekarang ini Anda tak perlu kebingungan lagi. Karena sekarang sudah ada format file zip yang akan memudahkan Anda dalam mentransfer data supaya jadi lebih efisien dan cepat.

Biasanya untuk membuka atau membaca file zip, Anda harus mengekstraknya terlebih dahulu. Ada banyak cara extract file zip yang bisa Anda coba. Ada yang bisa dilakukan langsung dari laptop, tapi ada juga yang membutuhkan aplikasi. Adapun, yang membutuhkan aplikasi adalah jika Anda melakukan extract file di smartphone Android. Namun, sebelum membahas lebih lanjut perihal extract file ini, Anda juga harus tahu mengenai pengertian dari zip dan bagaimana cara membuat file dengan format tersebut.

Apa Itu Zip

Mengenal Apa Itu ZIP
Mengenal Apa Itu ZIP

Jika melansir dari Wikipedia, maka bisa dibilang zip adalah suatu standar kompresi atau pemampatan data. Format satu ini diciptakan oleh Phil Katz dan kini sangat populer dibandingkan yang lainnya. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari memampatkan data menjadi format zip. Misalnya saja, ruang penyimpanan ponsel atau laptop Anda bisa jadi lebih lega.

Hal ini dikarenakan, data-data yang Anda punya nantinya bisa diperkecil dan dijadikan sebagai satu file. Selain itu, jika Anda ingin mentransfer file kepada orang lain, maka prosesnya tak perlu memakan waktu lama sebab ukurannya sudah sangat kecil. Dengan format yang satu ini, pekerjaan Anda bisa jadi lebih mudah lagi, tentu saja. Selain itu, cara extract file zip agar data bisa dibuka juga sangatlah mudah, sehingga Anda tak perlu merasa cemas dan berpikir bahwa format tersebut sulit untuk dibaca.

Cara Membuat Zip File di Komputer

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk zip file. Anda bisa melakukannya melalui komputer atau laptop, bahkan bisa juga melalui Android. Saat ini, banyak ponsel canggih yang sudah memberikan menu zip file bawaan agar Anda tak perlu kerepotan mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Selain adanya menu membuat file zip, ada juga menu ekstrak file menjadi format lainnya. Meski tak semua ponsel menyediakan menu yang satu ini. Akan tetapi, tak perlu berlama-lama berikut ini adalah panduan membuat zip file di komputer atau laptop. Yuk simak!

  1. Pertama-tama, temukan file yang akan di zip, lalu pilih semua file tersebut dengan cara menekan tombol CTRL + A. Akan tetapi, Anda pun dapat memilih file yang terpisah yang terdapat di dalam folder. Caranya cukup dengan menekan tombol CTRL dan memilih yang mana saja file yang mau di zip.

    Membuat ZIP pada file komputer
    Membuat ZIP pada file komputer

  2. Setelah selesai memilih file, kemudian klik kanan pada mouse dan pilih menu Send to. Setelah itu pilih lagi menu compressed (zipper) folder. Nantinya file yang sudah di zip akan secara otomatis berada pada direktori penyimpanan Anda.

Nah, cukup mudah sekali, bukan? Bahkan jika Anda ingin mengganti nama file zip tersebut, Anda tinggal mencari menu Rename dan mengganti namanya sesuai nama yang Anda pilih.

Baca juga : Cara Mengecilkan Ukuran File Gambar

Cara Membuat zip di Android

Setelah mempelajari cara zip file melalui laptop, selanjutnya juga ada cara melakukan zip file lewat ponsel Android. Berikut ini panduannya!

  1. Akses file ataupun folder yang sekiranya ingin di zip.
  2. Setelahnya tandai file atau folder tersebut.
  3. Jika sudah, Anda tinggal mencari menu Zip atau Kompresi yang ada pada ponsel Anda.
  4. Lalu akan muncul jendela file yang akan dikompresi, di sini Anda bisa mengganti nama file atau folder dengan nama yang Anda inginkan dan memilih lokasi tempat menyimpan file tersebut.

Cara Extract File

Setelah mengetahui cara untuk membuat file zip, berikutnya yang harus Anda ketahui adalah cara extract file zip agar bisa membuka dan membacanya dengan mudah. Untuk mengekstrak file menggunakan laptop, ada dua cara yang bisa Anda lakukan.

  • Cara pertama yaitu bisa memakai fitur Extract All. Anda cukup membuka direktori penyimpanan file tersebut, kemudian klik kanan pada file, selanjutnya pilih menu Extract All.

    Extract File ZIP
    Extract File ZIP

  • Selain itu, ada cara kedua yaitu menggunakan Windows Explorer. Untuk mengekstrak file dengan Windows Explorer, yang pertama harus dilakukan adalah akses dulu file yang diinginkan. Selanjutnya lakukan klik kanan dan pilihlah Open With – Windows Explorer. Jika Windows Explorer telah terbuka, maka Anda langsung saja memilih file-nya dan drag ke direktori atau folder yang Anda mau.

Apabila Anda ingin membuka file zip di ponsel, maka Anda membutuhkan cara extract file melalui Android yang mudah sekali dilakukan. Sehingga Anda tak perlu repot melakukannya di laptop. Cara untuk mengekstrak file lewat Android adalah dengan memilih file atau folder yang sudah di zip. Nantinya akan muncul pilihan untuk mengekstrak file tersebut agar bisa dibuka.

Tentu saja, untuk bisa mendapatkan kemudahan ini, maka ponsel Anda harus merupakan ponsel yang cukup canggih. Mengingat tidak semua ponsel memiliki fitur bawaan seperti mengubah file atau folder menjadi format zip.

Itulah sekian pembahasan mengenai pengertian dari zip, keuntungannya menggunakan format file yang satu ini dan juga cara extract file zip yang mudah dilakukan. Semoga penjelasan di atas dapat Anda pahami dengan baik.

Selain menyajikan informasi terupdate dalam hal teknologi saat ini, Qwords juga memberikan layanan penjualan web hosting murah untuk keperluan website pribadi, bisnis dan berbagai keperluan lainnya.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *