Cara Duplikat Halaman dan Post WordPress Dengan Mudah

3 min read

Cara Duplikat Halaman WordPress

Merubah tampilan website yang lama dengan baru memang tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin mengganti dengan yang baru atau sekedar melakukan duplikat tampilan yaitu kejadian coding error, fitur yang tidak berjalan, data yang corrupt, kode tracking dan peringkat SEO turun.

Agar meminimalisir terjadinya masalah seperti di atas, biasanya para pengguna website akan lebih memilih melakukan copy paste secara manual agar memastikan semuanya ikut tercopy, tapi cara ini tidak menjamin akan berhasil sepenuhnya.

Cara Duplikat Halaman WordPress
Cara Duplikat Halaman WordPress

Meskipun begitu Anda tidak perlu khawatir karena ada solusi lain yang bisa lebih aman dan mudah, yaitu dengan melakukan duplikasi  halaman, post bahkan website sekalipun bisa dilakukan. Sebenarnya ada 3 metode opsional lain yang bisa Anda lakukan seperti :

  1. Menambahkan kode pada file functions.php pada template WordPress
  2. Menyalin semuanya secara manual
  3. Menggunakan fungsi yang tersedia pada bawaan editor

Tetapi kita nanti tidak akan praktek dengan ketiga cara diatas, melainkan menggunakan plugin duplikasi WordPress. Nah bagaimana caranya? Langsung saja simak pembahasan cara duplikat halaman dan post pada artikel berikut ini.

Cara Duplikat Halaman

Sebelum dilanjutkan, pastikan Anda memiliki akses login website WordPress terlebih dahulu, karena nanti kita akan menggunakan plugin WordPress. Langsung saja ikuti tutorialnya dibawah ini.

  1. Silahkan login blog/website WordPress yang Anda miliki.
  2. Setelah berhasil login, silahkan scroll ke bawah dan temukan menu “Plugins” kemudian pilih “Add New”.Add New Plugin Duplicate Post
  3. Nah pada kotak pencarian silahkan tulis “Yoast Duplicate Post”, kami memilih Yoast karena sudah terpercaya menjadi salah satu plugin SEO WordPress terbaik. Pilih “Install Now” dan “Activate” dan tunggu hingga prosesnya selesai.

    Yoast Duplicate Post
    Yoast Duplicate Post

  4. Silahkan cek pada menu Plugin, lihat apakah “Yoast Duplicate Post” sudah berhasil di install atau belum, jika sudah kita akan lanjutkan pada tutorial selanjutnya.

    Berhasil Install Plugin Duplicate Post
    Berhasil Install Plugin Duplicate Post

  5. Silahkan pergi ke menu Pages/Halaman, kemudian pilih halaman yang akan diduplikasi, ada dua pilihan duplikat yang bisa Anda pilih yaitu “Clone dan New Draft”, berikut penjelasannya.

    Duplikat halaman
    Duplikat halaman

  • Clone digunakan untuk menyalin satu halaman full yang dipilih, jika menu ini Anda pilih maka akan muncul Draft baru.

    Hasil Clone Halaman
    Hasil Clone Halaman

  • New Draft digunakan untuk menyalin kemudian mengedit ulang halaman tersebut, jika dipilih maka akan muncul pada bagian post.

    Hasil New Draft Halaman
    Hasil New Draft Halaman

  1. Tinggal sesuaikan mana yang Anda butuhkan apakah ingin menduplikasi atau mengedit halaman yang sudah ada.

Mudah bukan caranya? Anda tinggal mengkreasikan saja kira-kira mau membuat halaman yang sama atau melakukan sedikit editing dengan sentuhan sedikit berbeda.

Cara Duplikat Post

Cara selanjutnya untuk melakukan duplikat post, tidak hanya halaman saja yang perlu di duplikat, ada kalanya Anda butuh menduplikat post daripada melakukan copy paste halaman yang membutuhkan waktu yang lebih lama. Nah untuk cara duplikat post bisa Anda ikuti di bawah ini:

  1. Silahkan login ke akun WordPress dengan memasukan username dan post yang benar.
  2. Jika sudah berhasil masuk pada dashboard WordPress, langkah selanjutnya silahkan klik pada menu “Post” kemudian pilih “All Post”.

    Cara Duplikat Post
    Cara Duplikat Post

  3. Silahkan tentukan dulu post mana yang akan Anda duplikat, akan ada dua pilihan yaitu “Clone” atau “New Draft”.
  4. Jika sudah Anda bisa langsung untuk melakukan post halaman yang diduplikasi tersebut.

Cara Duplikat Website WordPress

Cara yang terakhir ini berbeda dengan sebelumnya, yang akan kita duplikasi bukan page atau post, melainkan satu website WordPress full. Tujuan duplikasi ini bisa Anda gunakan untuk backup file secara menyeluruh atau bisa juga digunakan untuk membuat website yang baru dengan isian yang sama. Lalu bagaimana caranya? Silahkan simak pembahasannya dibawah ini.

  1. Pastikan terlebih dahulu Anda sudah berhasil login ke akun website WordPress. untuk plugin yang kita gunakan berbeda dengan sebelumnya.
  2. Saat sudah sampai pada dashboard WordPress, silahkan pergi ke menu “Plugins” dan pilih “Add New”.Add New Plugin Duplicate Post
  3. Nah pada search box plugin WordPress, silahkan tulis nama pluginnya “Duplicator”, jika sudah ketemu silahkan pilih “Install Now” kemudian “Activate”.

    Plugin Duplicator
    Plugin Duplicator

  4. Nah jika berhasil akan muncul menu baru pada bagian bawah dashboard WordPress bernama “Duplicator”, silahkan klik menu tersebut.

    Menu Duplicator
    Menu Duplicator

  5. Silahkan klik menu pada “Create New” untuk memulai proses duplikasi.

    Create New Duplicate Website
    Create New Duplicate Website

  6. Akan muncul menu “Setup”, Anda bisa merubah nama sesuai dengan yang Anda inginkan. Selain itu ada tiga opsi menu yaitu Storage, Archive dan Installer, silahkan klik “Next” untuk melanjutkan.

    Setup duplicator
    Setup duplicator

  7. Tunggu proses scanning hingga selesai, akan ada status dari website WordPress yang akan Anda duplikat, jika tidak ada masalah langsung saja klik “Build” pada bagian bawah.
  8. Tunggu proses Building hingga selesai.

    Proses Build
    Proses Build

  9. Jika sudah akan ada tiga pilihan untuk download file yaitu Installer, Archive dan One Click Download.
  10. Silahkan Anda pilih salah satu.

Baca juga : Cara Melakukan Backup Data Website WordPress

Nah bagaimana mudah bukan cara melakukan duplikat halaman, post dan juga website? pastikan sebelumnya untuk selalu melakukan backup agar jika terjadi data-data berharga pada website WordPress hilang.

Bagi Anda yang saat ini masih menggunakan website WordPress dengan hosting standar, maka kami merekomendasikan untuk segera menggantinya dengan hosting WordPress terbaik yang sudah dirancang khusus untuk penggunaan WordPress. Cukup dengan biaya mulai dari 50.000/bulan saja Anda bisa menikmati semua fitur-fitur terbaiknya. Silahkan langsung kunjungi websitenya di Qwords.com.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *