Cara Downgrade WordPress Versi Sebelumnya

2 min read

Cara Downgrade WordPress Versi Sebelumnya

Dari semua Content Management System yang ada saat ini, WordPress merupakan CMS yang terbaik dengan pengguna terbesar di dunia. Untuk menjaga agar user semakin betah menggunakannya, WordPress selalu melakukan update rutin versi WordPress ke yang terbaru. Hal ini memiliki tujuan yang baik yaitu berupa penyempurnaan fitur, penambahan fitur dan perbaikan masalah yang ada pada versi WordPress sebelumnya.

Tetapi dibalik update rutin tersebut kadang menimbulkan masalah yang berarti kepada user WordPress. Ada beberapa masalah yang sering ditemui setelah melakukan update WordPress yaitu theme tidak support, plugin bermasalah dan beberapa fitur WordPress yang kurang familiar. Pada saat update versi WordPress 5.0 yang lalu, pengguna WordPress banyak yang mengalami masalah karena editor pada WordPress berupah total dari versi sebelumnya.

Cara Downgrade WordPress Versi Sebelumnya
Cara Downgrade WordPress Versi Sebelumnya

Jika dulu Anda bisa melakukan posting dengan enak dan mudah, tetapi setelahh update WordPress terbaru ini Anda perlu penyesuaian. Pada update terbaru ini WordPress menambahkan Editor Gutenberg WordPress, Anda sebagai user akan diberikan blok-blok tertentu yang bisa diisi sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda belum terbiasa pasti akan merasa kesulitan menggunakannya. Editor WordPress yang terbaru ini memiliki desain yang lebih modern, Anda hanya tinggal drag and drop saja untuk bisa menggunakannya. Jika Anda pernah menggunakan plugin membuat landing page, maka keduanya hampir mirip.

Cara Downgrade WordPress

Solusi untuk Anda yang mengalami kendala dalam menggunakan WordPress versi terbaru adalah bisa dengan cara melakukan downgrade WordPress versi sebelumnya. Cara seperti ini terbukti ampuh untuk mengembalikan berbagai fungsi dan fitur kembali seperti semula.

Banyak pengguna WordPress yang sudah melakukan cara ini, nah bagaimana cara downgrade WordPress ke versi sebelumnya? Silahkan disimak pembahasannya berikut ini:

  1. Pastikan Anda sudah berhasil login ke akun WordPress, jika Anda belum memiliki website dengan WordPress, Anda bisa membeli layanan WordPress Hosting terbaik dari Qwords.com.

    Cara Login WordPress
    Cara Login WordPress

  2. Setelah itu scroll kebawah kemudian pilih menu ‘Plugins’, kemudian pilih ‘Add New’ pada bagian atas.

    Add New Plugin WordPress
    Add New Plugin WordPress

  3. Setelah itu setelah masuk ke dashboard WordPress plugin, silahkan tuliskan dikolom pencarian ‘wp downgrade’ untuk mencari plugin downgrade WordPress ke versi sebelumnya.

    Plugin WordPress Downgrade
    Plugin WordPress Downgrade

  4. Ada beberapa plugin downgrade WordPress yang bisa Anda pilih seperti WP Downgrade, Downgrade dan sebagainya. Tetapi disini kita menggunakan plugin WP Downgrade | Specific Core Version yang terbukti lebih baik dari yang lainnya. Untuk Anda yang belum tahu ada cara memilih plugin WordPress terbaik, salah satunya dari rating dan active installations plugin tersebut.
  5. Jika sudah silahkan klik ‘Install Now’ kemudian ‘Activate’.
  6. Setelah itu silahkan buka kembali dashboard WordPress Anda, kemudian scroll kebawah lalu pilih ‘Settings’, silahkan cari plugin ‘WP Downgrade’ yang berada dibawah.

    Dashboard WP Downgrade
    Dashboard WP Downgrade

  7. Jika sudah benar Anda akan dihadapkan dashboard WP Downgrade, Anda bisa memilih untuk downgrade ke WordPress versi berapa pada kolom ‘WordPress Terget Version’. Untuk mengetahui versi WordPress yang digunakan bisa dilihat pada ‘Current WP Version’.
  8. Jika Anda kebingungan versi WordPress berapa yang akan digunakan silahkan klik pada ‘WP Release’ yang warna biru, nantinya Anda akan diberikan beberapa versi WordPress sebelumnya secara lengkap.

    Latest Release WordPress
    Latest Release WordPress

  9. Kami mencontohkan downgrade WordPress ke versi 5.2.1, jika sudah silahkan klik ‘Save Changes’.
  10. Setelah itu akan muncul button baru dibawah ‘Save Changes’ yaitu ‘Up/Downgrade Core’. Silahkan klik button tersebut.

    Downgrade Versi WordPress
    Downgrade Versi WordPress

  11. Nantinya akan muncul dashboard baru, silahkan klik pada ‘Update Now’ dan tunggu proses Downgrade versi WordPress sebelumnya selesai.

    Update Versi WordPress
    Update Versi WordPress

  12. Jika sudah akan muncul dashboard baru ‘Welcome to WordPress 5.2.1’

    Proses Upgrade Berhasil
    Proses Upgrade Berhasil

Setelah update berhasil, Anda perlu melakukan cek apakah ada yang error atau tidak terutama pada themes WordPress dan juga plugin WordPress yang sering banyak ditemui karena versi yang sudah tidak support lagi.

Kesimpulan

Downgrade WordPress bisa dilakukan dengan mudah, tidak perlu masuk ke cPanel Hosting Anda sudah bisa melakukan downgrade versi WordPress, cukup dengan menginstall plugin WordPress Downgrade | Specific Core Version saja semuanya sudah beres.

Sebelum ditutup perlu Anda ketahui bahwa fungsi update versi WordPress adalah menutup bug-bug yang ada pada WordPress versi sebelumnya. Jadi jika Anda melakukan downgrade WordPress berarti Anda membuka lagi bug-bug barangkali memiliki potensi berbahaya untuk website Anda.

Sekarang pilihan kembali kepada Anda mau downgrade versi WordPress atau upgrade semuanya bisa dilakukan dengan plugin WordPress. Jika ada kendala atau masalah saat proses downgrade WordPress versi sebelumnya bisa Anda tambahkan dikolom komentar dibawah ini.

Terima kasih

2 Replies to “Cara Downgrade WordPress Versi Sebelumnya”

  1. Yup. Terimakasih untuk artikel dan cara caranya. Website saya mengalami sedikit masalah dan saya ingin meng downgrade nya, tapi tidak tau caranya. Jadi, sekali lagi terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *