Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengelola sebuah website. Salah satunya adalah dengan cara melakukan interaksi kepada pengunjung website, cara interaksinya salah satunya dengan menggunakan kolom komentar pada postingan konten website atau blog. Dengan adanya kolom komentar pada website ini memiliki banyak sekali manfaat yang perlu Anda tahu, selain itu juga ada beberapa kekurangan komentar pada website.

Standarnya dalam website atau blog dengan CMS WordPress, kolom komentar sudah tersedia secara default, Anda sebagai pengunjung website bisa menuliskan comment secara bebas. Tetapi biasanya kolom comment tersebut dimodernisasi oleh admin website, perlu dilakukan tinjauan terlebih dahulu sebelum bisa publish.

Selain itu ada beberapa manfaat yang dimiliki kolom comment pada website yang perlu Anda ketahui yaitu bisa meningkatkan performa website terutama dalam peringkat website. Tetapi perlu digaris bawahi komentar yang dimaksud adalah komentar yang positif bukan berisi spam comment, link website dan sejenisnya. Oleh karena itu Anda harus mengetahui cara memanage comment WordPress agar tidak berpengaruh buruk pada performa website, salah satunya dengn melakukan disable comment WordPress.

Disable Comment WordPress

Disable Comment WordPress Dengan Mudah
Disable Comment WordPress Dengan Mudah

Bagi Anda yang belum tahu, fitur comment pada website WordPress bisa dicustom sesuai kebutuhan. Bisa ditampilkan dan bisa juga disebunyikan atau disable comment. Nah berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana cara disable comment WordPress dengan mudah, perlu dicatat ada 4 cara disable comment yang akan kami berikan, silahkan dipilih salah satu saja. Berikut pembahasannya:

Disable comment untuk semua postingan

Jika website Anda sudah terlalu besar sehingga banyak sekali comment yang masuk sampai-sampai Anda tidak bisa memanagenya, maka lebih baik daripada berefek buruk kepada website dimatikan saja semua komentarnya. Untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Login terlebih dahulu pada akun WordPress, pastikan user dan password sudah benar.
  • Jika sudah sampai dashboard WordPress, scroll kebawah cari menu ‘Settings’ kemudian pilih ‘Discussion’.
  • Pada bagian ‘Other Comment Setting’ silahkan centang pada bagian ‘Automatically close comment…’

    Disable Comment Semua Post
    Disable Comment Semua Post

  • Jika sudah silahkan scroll sampai bawah dan temukan menu ‘Save Changes’.
  • selesai

Disable comment untuk postingan baru

Cara yang kedua untuk disable comment bisa Anda gunakan hanya untuk postingan baru saja. Perlu diketahui bahwa postingan-postingan baru biasanya sangat cepat sekali mendapatkan comment masuk, tetapi biasanya yang masuk adalah komentar spam yang dilakukan oleh robot entah isinya promosi atau link-link yang berbahaya untuk performa website kedepannya. Nah untuk cara mengatasinya bisa dengan menonaktifkan comment untuk postingan baru saja, berikut caranya:

  • Pertama pastikan Anda sudah login ke dashboard WordPress bisnis anda.
  • Scroll kebawah dan temukan menu ‘Settings’ dan pilih ‘Discussion’. Kemudian pada ‘Default Article Settings’ pilih ‘Allow People to Post…’

    Mematikan Comment Pada Postingan Terbaru
    Mematikan Comment Pada Postingan Terbaru

  • Jika sudah silahkan scroll kebawah dan pilih ‘Save Changes’.

Baca juga : Plugin WordPress Terbaik

Disable comment untuk postingan/halaman tertentu

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, tidak semua halaman atau post memerlukan adanya fitur kolom komentar. Nah untuk mengatasinya Anda bisa melakukan disable comment WordPress, tetapi caranya sedikit berbeda dengan cara sebelumnya. Berikut cara menonaktifkan komentar postingan website:

  • Yang pertama silahkan login terlebih dahulu ke akun WordPress.
  • Setelah masuk buka pada bagian ‘Post’ kemudian cari postingan/halaman yang akan dimatikan komentarnya. Berikan tanda ceklis pada bagian post/halaman yang akan dimatikan komentarnya.

    Disable Comment Pada Post
    Disable Comment Pada Post

  • Lihat pada bagian pojok atas dan temukan menu ‘Screen Options’, jika sudah terbuka hilangkan ceklis pada kolom ‘Comments’.
  • Jika sudah silahkan pilih ‘Apply’.

Disable comment Trackbacks dan Pingbacks

Terakhir menonaktifkan comment di Trackbacks dan Pingbacks. Bagi yang belu tahu Trackbacks adalah mekanisme pemberitahuan kepada pemilik blog bahwa ada postingan sejenis dan mengajak pemilik blog untuk menautkan pada postingan tersebut. Manfaat dari pingbacks ini adalah internal link antar artikel bisa semakin kuat sehingga bagus untuk SEO.

Sedangkan Pingbacks memiliki fungsi untuk memberikan notifikasi ketika ada post yang di-tag. Contohnya seperti tag atau mention yang ada pada instagram, jadi ketika ada tag atau mention Anda akan mendapatkan notifikasi. Nah fitur ini pada WordPress bisa Anda nonaktifkan, caranya cukup mudah bisa Anda ikuti dibawah ini:

  • Yang pertama pastikan Anda sudah login ke akun dashboard WordPress.
  • Scroll kebawah dan temukan menu ‘Settings’ kemudian pilih ‘Discussion’.
  • Nantinya akan muncul dashboard baru, cari menu ‘Default Article Setting’ dan hilangkan tanda ceklis pada ‘Allow link notifications from other…’

    Mematikan Comment Trackbacks dan Pingbacks
    Mematikan Comment Trackbacks dan Pingbacks

  • Jika sudah scroll kebawah dan pilih ‘Save Changes.

Kesimpulan

Ada banyak pilihan yang bisa Anda gunakan apakah mau menghidupkan kolom komentar atau menutupnya. Untuk beberapa halaman mungkin tidak perlu adanya komentar, tetapi untuk postingan artikel atau diskusi Anda perlu menghidupkan komentar agar bisa terjalin komunikasi 2 arah. Selain itu untuk mengamankan kolom komentar dari spam Anda bisa menambahkan plugin comment WordPress terbaik yang pernah kami bahas sebelumnya.

Untuk penggunaan hosting dengan CMS WordPress, kami memiliki rekomendasi layanan Hosting WordPress Terbaik dari Qwords.com yang terbukti membuat performa website semakin meningkat. Coba sekarang juga dan nikmati kelebihannya.

Terima kasih

2 Replies to “Cara Disable Comment WordPress Dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *