Panduan Cara Berjualan Online Untuk Pemula

3 min read

Panduan Cara Berjualan Online Untuk Pemula

Kecanggihan teknologi membawa pengaruh besar pada bisnis masa kini. Banyak perusahaan mulai beralih dari toko offline menjadi online. Berjualan online pun kian diminati karena menawarkan banyak keuntungan.

Usaha dengan konsep seperti ini juga bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang latar pendidikan. Namun, sudahkah Anda tahu cara berjualan online yang tepat agar menarik lebih banyak pembeli?

 

Keuntungan Jualan Online

Keuntungan Jualan Online
Keuntungan Jualan Online

Ada banyak keuntungan yang didapatkan penjual bila memilih untuk berjualan secara online. Beberapa keuntungan jualan online yang dimaksud bisa Anda simak dibawah ini :

1.Berjualan online bisa mencakup pasar yang lebih luas. Tak hanya sebatas wilayah sekitar Anda saja melainkan luar kota bahkan lintas negara.

Baca juga: Cara Memulai Jualan di Facebook Untuk Pemula 

2.Anda mendapatkan keuntungan dengan menekan biaya pemasaran seminimal mungkin. Anda tak perlu mengeluarkan biaya sewa kios maupun pemasaran. Pemasaran online bisa dilakukan tanpa biaya apapun cukup bermodalkan internet dan gadget.

3.Jualan online mampu menghemat energi karena kegiatan pemasaran dan pemesanan bisa diatur menggunakan smartphone ataupun PC dimanapun berada. Waktu kerja Anda pun jadi lebih fleksibel ketimbang berjualan offline.

4.Komunikasi dengan pelanggan terjaga serta bisa lebih cepat menanggapi komplain maupun pertanyaan calon konsumen.

5.Mempermudah proses transaksi dan pelanggan tidak perlu antri. Semua transaksi bisa dilakukan secara cepat dan tepat waktu karena menggunakan data real time. Pelanggan bisa mengetahui stok produk Anda secara langsung serta melakukan pembayaran sesuai yang ditagihkan tanpa harus repot menghitung kembalian.

6.Laporan tersusun rapi dan mengurangi resiko terkena kerugian usaha akibat adanya kelalaian karyawan di bagian penjualan.

 

Cara Berjualan Online Agar Cepat Laku

Panduan Cara Berjualan Online Untuk Pemula
Panduan Cara Berjualan Online Untuk Pemula

Penting bagi Anda untuk mengetahui cara sukses jualan online. Walaupun mudah dilakukan, namun berjualan online memiliki persaingan ketat sehingga tidak semua orang bisa masuk begitu saja.

Berikut cara berjualan online bagi pemula yang bisa Anda jadikan sebagai panduan:

 

1.Jangan Malas Optimasi

Saat posting barang dagangan secara online lakukan riset terlebih dahulu. Gunakan keyword dengan yang mengandung volume pencarian tinggi. Riset yang baik akan meningkatkan kualitas lalu lintas toko online.  Pakailah kata-kata yang menjual dan SEO friendly. Gunakan pula kata kunci yang unik untuk nama barang dagangan agar berbeda dari kompetitor.

Google bisa membantu Anda menemukan kata kunci yang tepat untuk produk yang ingin dipasarkan. Hindari menggunakan duplikasi konten seperti penggunaan deskripsi yang sama. Isi pula bagian meta description untuk produk yang ditawarkan melalui situs pribadi.

 

2.Gunakan Foto Produk Berkualitas

Foto produk
Foto produk

Dalam menjual produk secara online lebih baik menggunakan foto produk sendiri. Dengan foto berkualitas Anda akan lebih mudah menarik pelanggan untuk mengklik produk yang ditawarkan.

Pastikan foto memiliki resolusi tinggi sehingga tampil jernih dan jelas. Selain itu, sediakan foto produk dari berbagai angle dan diatur semenarik mungkin. Bisa dengan pengaturan background maupun posisi produk tersebut ditampilkan. Gunakan watermark nama ataupun logo toko agar mudah dikenali oleh pelanggan.

 

3.Ikuti Tren Pasar

Untuk menarik massa ke toko online Anda bisa mengikuti tren yang sedang dicari konsumen.  Sediakan artikel viral yang mendukung toko online, kemudian disisipi dengan rekomendasi produk yang ditawarkan. Inovasikan pula produk yang dimiliki dengan selera masyarakat saat ini.

 

4.Responsif

customer service responsif
customer service responsif

Salah satu kunci untuk meningkatkan reputasi sebuah brand ialah dengan meningkatkan kecepatan respon kepada pelanggan. Hal ini bisa dimulai dengan cepat menanggapi pertanyaan konsumen, mampu memberikan solusi yang memuaskan bagi pelanggan yang mengajukan komplain, hingga memiliki pengetahuan luas akan produk yang ditawarkan.

Sebagai contoh, sebagai salah satu provider cloud hosting dan nama domain terbesar di Indonesia, Qwords.com saat ini rata-rata mampu merespon pertanyaan dan tiket pelanggan hanya dalam beberapa menit saja.

Jadi, ketika ada masalah atau kesulitan bisa segera diatasi, sehngga konsumen puas dan tertarik untuk melakukan pembelian kembali.

 

5.Manfaatkan Media Sosial

Sosial Media Share
Sosial Media Share

Selain memakai website maupun e-commerce untuk memasarkan produk, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial. Media sosial mempermudah komunikasi dengan pelanggan. Anda juga mudah mencari target konsumen potensial serta dapat memberikan feedback secara langsung.

 

Cara Berjualan Online di Instagram

instagram
instagram

Instagram sering dipilih sebagai media sosial untuk berjualan. Hal ini berkat demografi penggunanya yang terdiri dari berbagai kalangan usia dan latar belakang.

Berikut merupakan tips jualan online di instagram yang bisa Anda coba kembangkan:

Baca juga: 12 Strategi Jitu Jualan Laris di Bulan Ramadan

 

  1. Tampilkan foto yang menarik dan instagramable serta tag akun toko
  2. Gunakan hashtag untuk mempermudah konsumen menemukan produk yang ditawarkan
  3. Pilih akun instagram bisnis dengan menyertakan halaman facebook toko. Instagram bisnis menampilkan analisis kunjungan terhadap akun instagram yang dimiliki
  4. Lakukan endorse pada selebgram yang mampu membawa citra produk Anda. Tak selalu harus selebgram dengan follower besar Anda juga bisa memanfaatkan selebgram micro yang memiliki follower 1000-10.000.
  5. Sesekali upload review dari konsumen atas produk untuk meningkatkan kepercayaan publik
  6. Adakan giveaway maupun diskon dengan syarat memfollow akun instagram toko Anda serta meminta tag ke toko online untuk memperluas pemasaran
  7. Sesekali posting quote ataupun tips yang masih ada kaitannya dengan produk agar follower tak jenuh dengan feed akun toko
  8. Carilah follower tertarget yang sekiranya memang membutuhkan produk Anda. Misalnya saja memfollow akun bertemakan traveling jika produk utama Anda adalah jual beli tiket perjalanan.

 

Kesimpulan

Itulah ulasan terkait seluk beluk cara berjualan online yang perlu sahabat Qwords ketahui. Dalam berjualan online dibutuhkan mental yang kuat dan komitmen besar untuk mencapai kesuksesan. Jadi, pastikan Anda benar-benar serius dan yakin dengan apa yang akan dilakukan.

Nah, salah satu cara agar semakin berkomitmen dalam berjualan online adalah dengan membuat website toko online sebagai media pemasaran. Tidak perlu mengeluarkan budget besar, untuk kelas pemula Anda bisa memanfaatkan paket web hosting murah dan promo domain dari Qwords yang bisa didapatkan mulai dari Rp 15 ribuan perbulan.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membuat website sebagai media jualan online?

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *