Cara Beli Domain dan Hosting Murah Modal 100 Ribu

3 min read

Cara Beli Doman dan Hosting modal 100 ribu

Domain dan hosting merupakan dua komponen penting dalam pembuatan website. Baik itu website pribadi, website toko online, ataupun website company profile, semuanya membutuhkan nama domain dan hosting agar website bisa diakses melalui internet.

Saat ini di Indonesia ada banyak perusahaan yang menyediakan produk web hosting dan nama domain, salah satunya adalah Qwords.com yang tahun ini sudah menginjak usia 14 tahun.

Nah, untuk memudahkan sahabat Qwords dalam membeli domain dan hosting murah, berikut sudah kami tuliskan langkah-langkahnya.

 

Tips Mencari Domain dan Hosting Murah Berkualitas

Cara Beli Doman dan Hosting modal 100 ribu
Cara Beli Doman dan Hosting modal 100 ribu

Memilih penyedia web hosting dan domain murah di jaman sekarang memang gampang-gampang susah. Selain membutuhkan review dan masukan dari orang yang lebih berpengalaman, setidaknya kita juga harus tau latar belakang perusahaan agar di kemudian hari tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Menurut survey, sebagian orang memfilter kualitas web hosting berdasarkan harga jual. Cukup banyak yang berpikir bahwa untuk mendapatkan hosting terbaik mereka harus mengeluarkan banyak uang. Padahal, sampai detik ini masih ada beberapa provider hosting yang berani memberikan hosting berkualitas dengan harga terjangkau untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Lantas, bagaimana sih tips untuk menentukan apakah sebuah hosting itu termasuk value for money atau tidak? Ini dia tips yang sudah kami rangkum khusus untuk Anda:

 

1.Pelajari Fitur yang Ada

 

Meski memiliki fungsi sama, namun setiap perusahaan memiliki racikan masing-masing untuk tiap server yang mereka punya. Alhasil, fitur yang ada pada paket hosting pun bisa berbeda-beda.

Sebagai contoh, dengan harga berlangganan yang sama, beberapa perusahaan ada yang hanya menawarkan kapasitas penyimpanan sebesar 250MB, sementara perusahaan lain sudah berani memberikan kapasitas sebesar 1GB.

Untuk mendapatkan layanan hosting yang tergolong value for money jangan hanya berpatokan pada satu fitur saja. Melainkan bisa mempertimbangan fasilitas sesuai kebutuhan website, jangan sampai Anda mendapatkan kapasitas besar tapi di satu sisi perusahaan membatasi jumlah inodes lebih rendah.

Beberapa bagian lain yang juga patut dipertimbangkan adalah layanan customer service tiket jika terjadi gangguan, lokasi data center, serta kemudahan pembayaran. Anda tentu tidak ingin membeli hosting atau domain yang mengharuskan memiliki paypal atau bitcoin sebagai metode pembayaran meski harganya miring.

 

2.Perhatikan Testimoni Pengguna

Sebagaimana kita ketahui, testimoni pengguna yang sudah pernah menggunakan layanan serupa bisa menjadi cara paling efektif untuk mengenali kualitas layanan.

Anda bisa mendapatkan testimoni dari forum web hosting, komunitas blogger, atau dari tokoh yang Anda anggap memiliki kredibilitas.

 

3.Cek Harga Perpanjangan

Hosting dan domain adalah layanan yang sifatnya bukan kepemilikan permanen. Jadi, kita harus selalu memperpanjang dengan membayar biaya perbulan atau pertahun sesuai ketentuan yang dipilih di awal proses pembelian.

Untuk layanan web hosting, biasanya perusahaan menawarkan pembayaran mulai dari perbulan hingga pertahun. Untuk biaya sewa pada masa awal biasanya akan cenderung lebih murah, tapi ada juga yang flat.

Nah, hal inilah yang wajib Anda pertimbangkan ketika berburu hosting atau domain murah. Jangan sampai Anda terjebak penawaran manis di awal-awal pendaftaran dan menyesal dikemudian hari karena menerima biaya tagihan yang lebih besar.

 

Cara Beli Domain Murah

domain murah
domain murah

1.Menentukan Nama Domain

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika mencari domain murah adalah menentukan nama domain. Nama domain adalah sebutan sebagai pengganti ip address komputer sehingga mudah diingat dan dicari oleh audiens.

Untuk menentukan nama domain Anda bisa menggunakan patokan berupa nama brand, kata kunci bidang usaha, atau istilah lain yang bisa mencerminkan identitas perusahaan.

Contoh nama domain unik di Indonesia:

  • Bukalapak.com – situs marketplace jual beli online
  • Kaskus.co.id – forum untuk diskusi berbagai topik populer
  • Qwords.com – provider cloud hosting dan domain

Anda perlu memikirkan nama domain untuk website Anda terlebih dahulu sebelum mulai berburu promo domain murah. Jika sudah dapat nama yang pas, coba cek ketersediaan domain melalui layanan Whois domain name untuk mengecek apakah domain tersebut sudah dipakai orang lain atau belum.

 

2.Buat akun Provider Hosting dan Domain

Setelah memikirkan nama domain, proses selanjutnya adalah beli domain. Salah satu website yang rajin memberikan promo domain dan hosting mudah adalah Qwords.com.

Jadi, jika Anda belum memiliki akun Qwords, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu melalui menu registrasi. Pastikan juga Anda sudah berlangganan newsletter karena biasanya promo diberitahukan via email.

 

3.Pilih Ekstensi Domain Murah

Dengan modal Rp100 ribu sahabat Qwords sebenarnya sudah memiliki beberapa opsi ekstensi domain. Beberapa contoh domain murah yang bisa dibeli dengan modal terbatas yakni ekstensi .my.id, ekstensi .xyz, ekstensi web.id, dan lain sebagainya.

Berikut merupakan daftar harga domain murah di Qwords.com yang mendapatkan promo per tanggal 14 Agustus 2020 (harga sewaktu-waktu bisa berubah).

Baca juga: Pilihan Ekstensi Domain yang Cocok Untuk Website Toko Online

1.Domain .my.id : Rp12 Ribu

2.Domain .web.id : Rp55 Ribu

3.Domain .asia : Rp55 Ribu

4.Domain .buzz : Rp32 Ribu

5.Domain .icu : Rp15 Ribu

6.Domain .digital : Rp55 Ribu

7.Domain .guru : Rp55 Ribu

 

Cara Beli Hosting Murah

hosting murah
hosting murah

Paket hosting murah adalah solusi bagi para blogger pemula yang ingin belajar membuat website self hosting. Layanan ini rata-rata bisa didapatkan dengan biaya berlangganan mulai dari belasan ribu rupiah perbulan.

Angka tersebut tentu tidak terlalu memberatkan bagi para blogger maupun pebisnis yang baru merintis usaha digital melalui website e-commerce.

 

1.Buat Akun Qwords

Sama seperti ketika beli domain murah, langkah pertama yang harus dilakukan untuk membeli hosting murah adalah dengan membuat akun Qwords. Namun, bagi Anda yang sebelumnya sudah pernah memiliki layanan Qwords baik hosting, domain, sertifikat SSL, atau server, bisa melewati langkah ini.

 

2.Pilih Paket Cloud Hosting – Value Performance

Pilih paket hosting murah Value Performance yang bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp14,500 perbulan. Jadi, dengan modal 100 ribu Anda sudah bisa memiliki domain selama 1 tahun dan hosting beberapa bulan.

 

Itulah tips cara beli domain dan hosting murah yang bisa Anda coba. Semoga pembahasan kali ini bisa membantu Anda yang ingin membuat website dengan budget terbatas.

Sekian dari kami, jangan lupa klik bagikan atau meninggalkan komentar jika ada kritik, saran, maupun pertanyaan terkait hosting dan domain.

Semoga bermanfaat.

2 Replies to “Cara Beli Domain dan Hosting Murah…”

    1. Halo
      Untuk saat ini sementara belum bisa menggunakan PayPal. Sebagai gantinya, bisa menggunakan transfer bank atau melalui minimarket.

      Terima kash
      Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *