Saya yakin bahwa Anda memiliki kekhawatiran tentang website yang sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan misal saja website terkena hack sehingga menyebabkan semua data hilang. Jika itu adalah website bisnis Anda, maka Anda bisa kehilangan potensi pendapatan dan akhirnya mengalami kerugian. Ini semua terjadi karena Anda tidak memiliki backup data website bisnis Anda.

Berbeda halnya ketika Anda sudah rutin untuk melakukan backup data website, jika terjadi masalah tidak perlu khawatir bisa di restore kapan saja. Bagi Anda pengguna WordPress.com atau versi WordPress gratis cara ini tidak bisa digunakan, hanya bisa dilakukan untuk pengguna WordPress.org yang menggunakan WordPress self hosted atau menyewa layanan hosting sendiri. Jika Anda belum memiliki hosting, kami merekomendasikan hosting murah dari Qwords.com dengan harga mulai dari 14.500/bulan saja.

Tutorial Cara Backup WordPress Dengan Mudah
Tutorial Cara Backup WordPress Dengan Mudah

Bagi Anda yang masih bingung cara melakukan backup WordPress tidak perlu khawatir, karena Anda bisa lakukan dengan mudah melalui cPanel hosting. Berikut akan kami bahas cara backup manual WordPress dengan mudah.

Cara Backup WordPress di cPanel

Untuk backup WordPress di cPanel, Anda perlu akun login dan password cPanel. Jika Anda menggunakan panel lain semisal Direct Admin mungkin tidak berbeda jauh. Mari kita mulai cara backup WordPress di cPanel:

Backup File wp-admin WordPress

  1. Login ke akun cPanel yang Anda miliki, untuk caranya tergantung dari provider hosting yang Anda gunakan, umunya ada 3 cara seperti berikut ini:
  • http://domainanda.com/cpanel
  • http://cpanel.domainanda.com
  • http://domainanda.com:2082

    Login cPanel
    Login cPanel

untuk lebih jelasnya mengenai login cPanel bisa Anda tanyakan langsung kepada hosting yang Anda gunakan.

  1. Setelah masuk ke dashboard cPanel, pada bagian ‘Files’ cari ‘File Manager’ kemudian buka file tersebut.

    Pilih File Manager
    Pilih File Manager

  2. Kemduain scroll k bawah dan cari file ‘public_html’, carilah folder website Anda kemudian buka file tersebut.

    Pilih public_html Pada cPanel
    Pilih public_html Pada cPanel

  3. Jika sudah ketemu, pada bagian ‘wp-content’ silahkan klik kanan kemudian pilih ‘compress’.

    Compress File WordPress
    Compress File WordPress

  4. Nantinya akan muncul beberapa jenis file, pilih file ‘Zip Archive’ kemudian klik ‘Compress Files’.

    Pilih Compress File Zip Archive
    Pilih Compress File Zip Archive

  5. Tunggu proses compress file hingga selesai. Jika sudah file silahkan cari file yang sudah dibackup tadi, nama file biasanya ‘wp-content.zip’.

    Download File Compress
    Download File Compress

  6. Silahkan klik kanan lalu download file tersebut dan tunggu sampai selesai prosesnya, semakin besar website Anda berarti file yang harus Anda backup ukurannya besar sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama.

Baca juga : Cara Migrasi Blogspot ke WordPress

Backup File htaccess WordPress

File htaccess berisi seting yang ada pada website WordPress Anda, jika Anda kesalahan seting bisa jadi website Anda tidak bisa diakses. Agar lebih aman dan tidak mengubah seting seperti awal, alangkah baiknya Anda perlu melakukan download file htaccess, berikut caranya:

  1. Untuk update file htaccess caranya hampir sama seperti backup file wp-admin WordPress, jika Anda masih di folder website silahkan scroll kebawah dan temukan file .htaccess.

    Download File htaccess
    Download File htaccess

  2. Jika sudah ketemu Anda bisa langsung download saja, klik kanan kemudian download. Tidak perlu dilakukan compress karena ukuran file tidak terlalu besar.

Backup Database WordPress

Nah proses backup WordPress yang terakhir adalah melakukan backup database WordPress. Database ini berisi informasi penting seperti postingan, kategori, tag, image dan file-file penting lainnya. Untuk melakukan backup silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Jika Anda sudah login akun cPanel, pada bagian ‘Files’ atas tadi carilah ‘Backup Wizard’, jika sudah ketemu silahkan dibuka.

    Backup Wizard cPanel
    Backup Wizard cPanel

  2. Kemudian akan muncul dashboard baru, klik pada bagian ‘Back Up or Restore’ kemudian pilih button ‘Back Up’.

    Pilih Pada Backup or Restore
    Pilih Pada Backup or Restore

  3. Jika sudah nantinya Anda akan diarahkan ke bagian ‘Full or Partial Backup’, pilih pada Select Partial Backup lalu pilih ‘My SQL Database’.

    Full Backup Database
    Full Backup Database

  4. Akan ada nama berbagai database yang sudah Anda buat, jika Anda tidak ingat apa nama database website Anda silahkan buka Files > File Manager > Public HTML > Folder Website Anda > wp-config.php. Berikut kami lampirkan contoh nama file database.

    Nama Database
    Nama Database

  5. Jika sudah ketemu silahkan klik pada bagian nama file tersebut, otomatis nanti akan download dan tunggu prosesnya hingga selesai.

    Download Database WordPress
    Download Database WordPress

Jika semua proses sudah Anda jalankan dengan benar, kini saatnya untuk menyimpan file-file backup tersebut siapa tahu nanti dibutuhkan atau bisa juga untuk migrasi ke server hosting yang lainnya. oh iya bagi Anda yang berencana migrasi hosting, kami merekomendasikan di Qwords, kami akan membantu proses awal hingga selesai migrasi website. Selain itu ada beberapa hal alasan kenapa Anda harus melakukan backup file:

  • Layanan penyedia hosting biasanya untuk backup dilakukan secara bulanan, jadi jika Anda kehilangan data pada saat tengah bulan bisa dipastikan tidak bisa dikembalikan seperti semula karena tidak ada backupnya. Jadi solusinya Anda perlu melakukan backup secara mandiri.
  • Dengan memiliki file backup sendiri, Anda bisa leluasa terhadap akses terhadap semua file Anda.
  • File backup akan lebih memudahkan Anda saat melakukan migrasi ke hosting lain, jadi tidak perlu download ulang.
  • Dengan memiliki file database WordPress, Anda bisa melakukan modifikasi secara offline pada computer local Anda.

WordPress menjadi CMS yang paling user friendly dan dalam proses backupnya juga sangat mudah. Jika Anda masih mengalami kebingungan dalam pembahasan tutorial cara backup WordPress diatas silahkan tuliskan dikolom komentar dibawah.

Terima kasih

One Reply to “Tutorial Cara Backup WordPress Dengan Mudah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *