Peran Brand Trust untuk Kesuksesan Bisnis Anda

4 min read

brand trust untuk kesuksesan bisnis Anda

Jika Anda adalah seorang pelaku bisnis, pastinya Anda selalu mencari strategi dan cara baru untuk membuat orang ingin membeli produk yang Anda tawarkan.

Nah, salah satu cara untuk menarik pembeli baru adalah melalui strategi marketing dan branding.

Branding sendiri adalah identitas sebuah bisnis, ini yang menentukan visi, misi, dan tujuan dari bisnis tersebut.

Untuk membangun branding yang baik, ada beberapa hal yang harus dipunyai sebuah bisnis. Brand awareness dan brand trust, contohnya.

Sebelumnya kami sudah pernah membahas apa itu brand awareness,  disini kami akan menjelaskan apa itu brand trust dan perannya untuk kesuksesan bisnis Anda.

Yuk mari langsung saja kita mulai!

Pengertian Brand Trust

pengertian brand trust

Berasal dari dua kata bahasa inggris brand (merek) dan trust (kepercayaan), brand trust adalah kepercayaan atau loyalitas pelanggan kepada sebuah merek.

Singkatnya, brand trust adalah tolak ukur kepercayaan pelanggan terhadap produk dan bisnis Anda. 

Banyak hal yang mempengaruhi brand trust, mulai dari reputasi online Anda, kualitas produk yang Anda jual, sampai seberapa jauhkah bisnis bisa memenuhi janji janji yang Anda buat. 

Apakah produk yang Anda jual mempunyai nilai nilai yang bisnis Anda terapkan? Apakah pelanggan akan tetap bisa mendapatkan kualitas yang sama dari produk Anda yang lainnya? Dan masih banyak lagi.

Banyak faktor yang akan mempengaruhi brand trust atau kepercayaan pembeli pada sebuah merek, beberapa di antaranya adalah saat brand:

  1. Memberikan produk dan layanan berkualitas.
  2. Menerima ulasan yang bagus.
  3. Memperlakukan pelanggan dengan baik.
  4. Mempunyai customer service yang ramah dan handal.
  5. Memberikan harga dan kualitas produk yang pas.

Peran Brand Trust untuk Bisnis Sukses Anda

peran brand trust

Sahabat Qwords pasti tahu kan seberapa pentingnya rasa kepercayaan pelanggan untuk bisnis Anda?

Dengan zaman yang semakin digital seperti sekarang ini, konsumen memiliki lebih banyak pilihan dalam memilih sebuah produk dan layanan. 

Dengan persaingan yang sangat ketat seperti ini, kepercayaan merek atau brand trust adalah pembeda yang sangat penting agar bisnis Anda bisa bersaing dengan kompetitor.

Bahkan, menurut Adage.com, 81% dari konsumer lebih memilih untuk membeli produk dari brand atau merek yang mereka kenal dan percaya.

Sebenarnya, ada banyak manfaat yang bisnis Anda bisa dapatkan dari brand trust, beberapa di antaranya adalah:

1. Mendapatkan pelanggan loyal

Saat brand ada dipercaya oleh orang lain, tentunya Anda akan mendapatkan banyak pelanggan loyal yang akan setia pada produk dan bisnis Anda. 

Brand Apple, contohnya. Brand ini terkenal dengan produk elektroniknya yang berkualitas dan bisa memberikan value yang besar untuk konsumennya.

Untuk itu, setiap kali brand ini mengeluarkan produk baru, banyak orang yang berbondong-bondong untuk menjadi orang pertama yang membeli produk tesebut. 

Jika orang-orang tidak tahu bahwa Apple adalah brand yang reliabel dan bisa dipercaya untuk selalu mengeluarkan produk yang berkualitas, hal ini tidak mungkin akan terjadi.

2. Mendapatkan brand advocate.

Apakah sahabat Qwords tahu bahwa 93% dari konsumen lebih mempercayai rekomendasi toko atau produk dari sahabat dan keluarga mereka? 

Nah, sekarang bayangkan jika pelanggan Anda mendapatkan pengalaman positif saat membeli dan menggunakan produk Anda. 

Pastinya, brand trust atau kepercayaan merek pada bisnis Anda akan tumbuh di pelanggan tersebut.

Nantinya, saat orang-orang terdekat pelanggan tersebut memerlukan produk dan layanan yang Anda tawarkan, pelanggan tadi pastinya akan merekomendasikan brand Anda kepada mereka.

Wah, sangat menarik kan sahabat Qwords? Jika terus seperti ini, Anda tidak akan perlu mengeluarkan budget marketing yang terlalu banyak!

3. Mendapatkan repeat sales.

Manfaat lain dari brand trust adalah peningkatan angka penjualan Anda. Repeat sales terjadi saat pelanggan lama kembali membeli produk dan layanan yang Anda berikan.

Hal ini hanya akan terjadi seorang pelanggan mempunyai kepercayaan yang besar terhadap sebuah merek, mereka akan merasa nyaman dengan apa yang Anda tawarkan.

Selain itu, brand trust juga merupakan salah satu hal yang mendorong pelanggan untuk terus kembali ke merek. Setelah Anda mendapatkan kepercayaan pelanggan, mereka akan terus mendukung bisnis Anda.

4. Mampu bersaing dengan kompetitor.

Dengan banyaknya brand dan bisnis lain yang ada pada pasar target Anda, membangun brand trust merupakan langkah penting untuk mampu bersaing.

Dengan meningkatkan brand trust, Anda akan mendapatkan pelanggan setia yang tahu kualitas produk dan layanan Anda. Meski dengan banyaknya pesaing, brand Anda akan tetap menjadi pilihan utama pelanggan tersebut!

Baca Juga:  Penerapan Brand Positioning Pada Bisnis

Cara Efektif Membangun Brand Trustcara membangun brand trust

Nah, setelah mempelajari pentingnya brand trust untuk bisnis Anda, pastinya sahabat Qwords ingin tahu bagaimana cara membangun brand trust dari bisnis Anda.

Sebenarnya, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk membangun brand trust. Kali ini kami akan membahas beberapa cara tersebut. Yuk langsung saja kita mulai!

1. Kenali Pelanggan Anda

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk membangun brand trust adalah untuk mengenali pelanggan Anda lebih jauh. Anda bisa melakukan ini melalui survei, maupun alat analitik seperti Google Analytics.

Anda juga bisa mencoba mengenali pelanggan Anda melalui feedback atau reviews. Cari tahu siapa saja pelanggan Anda, umur mereka, apa yang mereka harapkan dari brand Anda, dan lain sebagainya.

Setelah Anda mengetahui informasi ini, Anda akan bisa mengetahui ekspektasi dari pelanggan Anda dan juga hal-hal yang perlu di lakukan untuk meningkatkan kualitas dan layanan yang Anda tawarkan.

2. Ciptakan Customer Experience yang Baik

Mempunyai pelayanan yang baik juga salah satu cara membangun brand trust bisnis Anda. Saat pelanggan merasakan customer experience yang positif dari bisnis Anda, brand trust akan datang dari sendirinya.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memastikan pelanggan mempunyai pengalaman positif saat menggunakan bisnis Anda, beberapa di antaranya adalah:

  1. Customer service yang ramah dan handal dalam menyelesaikan masalah.
  2. Produk yang berkualitas dan sesuai dengan harga.
  3. Langkah pembelian yang mudah dan cepat.
  4. Pengembalian produk yang mudah.
  5. Poin unik yang membedakan bisnis Anda dengan yang lainnya.

Customer experience yang positif juga akan mendorong pelanggan Anda untuk melakukan word of mouth marketing tanpa mereka sadari!

3. Ciptakan Positive Online Presence

Saat ini, hampir semua orang menggunakan sosial media setiap harinya. Jika Anda adalah seorang pebisnis, pasti Anda sudah tahu bahwa sosial media marketing memang menjadi salah satu strategi marketing yang ampuh.

Namun, tidak hanya itu, sosial media marketing ternyata juga bisa digunakan untuk membangun brand trust, lho sahabat Qwords. 

Selain meningkatkan reputasi Anda, aktif di sosial media juga akan membantu Anda untuk berkomunikasi secara lebih personal degan pelanggan Anda.

Tentunya, reputasi yang baik dan hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan Anda akan membangun brand trust yang positif untuk bisnis Anda.

Untuk itu, sangat penting untuk mempunyai online presence yang positif di semua sosial media platform Anda. 

Berikut adalah hal-hal yang bisa  dilakukan untuk memastikan bisnis Anda mempunyai online presence yang positif:

  • Tentukan style dan voice dari brand Anda. Apakah gaya penulisan brand Anda lebih ke formal dan profesional ataukah casual dan santai?
  • Berinteraksi dengan pengikut Anda. Sosial media adalah platform yang cocok digunakan untuk komunikasi dua arah. Untuk itu, jangan bosan untuk selalu membalas komentar dan perntanyaan dari pengikut Anda.
  • Jaga konsistensi sosial media Anda. Bukan hanya gaya bahasa, Anda juga harus bisa menjaga konsistensi dalam hal seberapa sering Anda memposting, dan juga cara Anda berinteraksi dengan pengikut Anda.

Penutup

Brand trust adalah salah satu faktor penting dalam bisnis. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan membangun brand trust, salah satunya adalah mendapatkan pelanggan loyal dan repeat sales.

Di artikel kali ini, kami telah membahas apa itu brand trust dan perannya pada bisnis Anda. Tidak hanya itu, kami juga membahas cara-cara membangun brand trust yang mudah dan efektif. 

Sangat informatif kan sahabat Qwords? Nah, sekarang Anda hanya perlu menerapkan apa yang telah Anda pelajari pada bisnis Anda!

Jika Anda membutuhkan layanan web hosting terbaik untuk membuat website bisnis Anda, Qwords.com punya solusinya. Bangun brand trust yang kuat melalui website keren dengan banyak paket web hosting Qwords.

Mulai dari 44rb perbulan, Anda akan mendapatkan layanan hosting murah dengan unlimted bandwidth, 99.9% server uptime, dan 24 jam support!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *