Kelebihan & Kekurangan Blogging via Smartphone

4 min read

Kelebihan & Kekurangan Blogging via Smartphone

Belakangan ini aktivitas blogging identik dengan penggunaan laptop dan komputer. Namun, tahukah Anda jika blogging atau ngeblog bisa juga dilakukan melalui smartphone?

Seiring dengan perkembangan jaman, kini sahabat Qwords bisa menulis artikel, mengupload file, bahkan edit tampilan blog dengan mudah melalui smartphone.

Bahkan, WordPress sebagai platform CMS (Content Management System) terbesar, saat ini juga sudah memiliki aplikasi khusus guna memudahkan blogger untuk membuat konten secara mobile.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas secara khusus tutorial blogging via smartphone, mulai dari tips pembuatan konten, fitur-fitur pendukung, hingga berbagai manfaat yang bisa dirasakan.

Setelah membaca artikel ini, sahabat Qwords diharapkan dapat menentukan perangkat mana yang lebih cocok dan mampu memenuhi kebutuhan blogging. Selamat membaca!

Kelebihan Blogging via Smartphone

kelebihan blogging via smartphone
kelebihan blogging via smartphone

Ada beberapa kelebihan Blogging via smartphone, misalnya seperti lebih cepat ketika ingin update artikel, hingga bisa dilakukan kapan dan dimana saja disela-sela waktu luang.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Memulai Sebuah Blog

1.Fleksibel

Fleksibel artinya dapat dimanfaatkan dimana saja dan kapan saja tanpa kendala. Jika melalui laptop, kita harus mencari tempat untuk meletakkan laptop tersebut. Setidaknya meja atau bidang datar dan tempat untuk kita duduk. Melalui smartphone, kita dapat melakukannya dengan berdiri bahkan berjalan.

Blogging melalui smartphone juga tak serumit menggunakan laptop. Jika blogging menggunakan laptop, setidaknya kita harus mencari jaringan listrik agar laptop bisa menyala saat ingin digunakan. Dengan smartphone, kita cukup menyiapkan daya baterai yang cukup sebelum menggunakannya.

2.Akses internet mudah

Kelebihan blogging melalui smartphone adalah mudah terhubung dengan jaringan internet. Akses untuk online tidak rumit. Pengguna smartphone hanya perlu mengaktifkan paket datanya saja, lalu langsung terkoneksi ke internet. Berbeda ketika menggunakan laptop yang butuh sambungan kabel internet, wifi, dan juga modem.

3.Anytime update

Blogging melalui smartphone bersifat anytime update, maksudnya anda bisa update kapan saja tanpa batasan waktu. Anda bisa membalas komentar saat itu juga, edit artikel pun tidak akan tertunda. Jika suatu waktu anda mendapatkan ide, bisa dengan cepat menuliskannya di blog lalu posting.

Begitu pula ketika anda ingin mengunggah foto saat bepergian atau traveling. Tidak perlu menyimpan data terlalu lama lalu membukanya dari laptop. Anda dapat langsung mengunggahnya melalui smartphone. Mudah bukan?

4.Tersedia aplikasi blogging

Tahukah anda bahwa aplikasi khusus blogger kini disediakan untuk smartphone. Terdapat beberapa pilihan aplikasi yang dapat digunakan antara lain WordPress, Blogspot, Blogger, Evernote, dan lain-lain.

Perkembangan smartphone yang sangat pesat membuat aplikasi berbasis android semakin menjamur. Jika sahabat Qwords pada waktu tertentu merasa lelah memandangi layar laptop, aplikasi ini bisa menjadi pilihan loh.

Kekurangan Blogging via Smartphone

ngeblog via hp
ngeblog via hp

Ternyata dibalik berbagai kelebihan blogging via smartphone ada juga kekurangannya loh! Jika dibandingkan dengan laptop, PC, dan komputer. Apa saja kekurangannya? Yuk, lanjutkan membaca.

1.Typo/misspelling

Bagi orang Indonesia, typo adalah sebutan praktis untuk kesalahan eja (misspelling). Keyboard ponsel yang jauh lebih kecil dari keyboard laptop seringkali menyebabkan salah ketik. 

Jari kita seringkali menekan tombol yang tidak seharusnya. Bayangkan saja jika kita hendak menulis blog beberapa halaman tapi banyak terjadi misspelling.

Wah, pasti pembaca akan bingung ya. Jangan sampai hal ini terjadi pada Anda. Perhatikan dengan teliti sebelum Anda melakukan posting.

Tips dari kami, sahabat Qwords bisa menggunakan fitur spelling dari Google Docs yang bisa memberikan tanda kesalahan penulisan di tiap-tiap kata.

Menariknya, Google Docs sendiri juga memiliki aplikasi untuk smartphone, sehingga akan lebih memudahkan untuk proses penulisan dan proofreading.

2.Kendala saat ada telepon masuk

Fungsi utama ponsel adalah untuk berkomunikasi, baik telepon maupun pesan singkat. 

Sedangkan fitur tambahan lainnya dibuat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan penggunanya, seperti sosial media, game, aplikasi, dan internet. 

Blogging, dimana menggunakan akses internet adalah satu dari beberapa fungsi smartphone.

Apa yang terjadi jika Anda sedang serius ngeblog, tiba-tiba ada telepon masuk? Jika sekali atau dua kali, mungkin tak masalah, namun jika berulang kali akan mengganggu dan menguji kesabaran loh. 

Maka dari itu, laptop menjadi pilihan utama untuk blogging, terlebih guna menghindari hal-hal teknis seperti ini.

3.Tidak leluasa

Membandingkan smartphone dengan PC atau laptop tak jauh dari pembahasan mengenai ukuran layar. 

Namanya saja telepon genggam, dibuat agar mudah dibawa kemana saja dengan ukurannya yang kecil. 

Jika Anda memilih untuk ngeblog via smartphone, tampilan akan lebih kecil sehingga Anda tidak leluasa untuk melakukan editing dan posting

Pada saat ingin mengatur posisi gambar misalnya, layar laptop yang lebar akan menjadi keuntungan yang besar dibanding layar ponsel.

Baca juga: Cara Promosi Blog Untuk Meningkatkan Pengunjung

4.Baterai cepat panas

Betul tidak, bahwa ponsel akan cepat panas jika digunakan terlalu lama? Sebenarnya yang memanas adalah baterai di dalam ponsel akibat daya yang digunakan lebih cepat dari biasanya. 

Seperti pada saat streaming video, mengoperasikan GPS, dan bermain game yang terlalu berat. Sama seperti ketika sedang main game, blogging via smartphone yang terlalu lama akan mempengaruhi kinerja sistem.

Akibatnya, daya ponsel akan cepat habis dan suhu baterai meningkat. Selain pengaruh dari kualitas ponsel, suhu panas juga dapat disebabkan meningkatnya kerja CPU dan RAM. 

Jika sudah begini, kadangkala sistem akan “ngambek” kemudian mati. Anda tentu tidak ingin aktivitas blogging terhenti, bukan?

5.Kurang ergonomis

Dibandingkan menggunakan laptop, blogging via smartphone justru cepat menyebabkan pegal, terutama telapak tangan, jari tangan, dan otot leher. 

Bagaimana tidak, jika menggunakan laptop, jari yang bekerja adalah kesepuluh jari tangan, sedangkan pada ponsel hanya butuh dua jari saja.

Ketika menulis blog, pasti Anda memiliki standar sendiri yang harus anda penuhi. Nah, untuk memenuhi standar tersebut, mau tidak mau kita harus fokus mengetik. 

Konsentrasi juga tidak boleh terganggu. Akibatnya kepala akan tertunduk lama memperhatikan layar ponsel. Otot yang akan bekerja lebih keras adalah otot leher Anda. Hmm, pegal juga ya.

Aplikasi Penunjang Blogging via Smartphone

aplikasi blogging
aplikasi blogging

1.WordPress

Aplikasi WordPress bisa Anda dapatkan di PlayStore secara gratis. Pihak pengembang dari aplikasi ini juga dari Automatic, perusahaan resmi yang menaungi operasional WorddPress, jadi sangat aman.

2.Blogger

Sebagai salah satu anak perusahaan Google, blogspot atau blogger juga sudah memiliki aplikasi sendiri di Android. Anda bisa menemukannya di PlayStore secara gratis.

3.Browser

Ada banyak pilihan browser yang bisa Anda gunakan, mulai dari Google Chrome, Opera, Mozilla, hingga UC Browser.

Namun, untuk penggunaan smartphone kami sedikit merekomendasikan Google Chrome.

4.Google Docs

Google Docs adalah layanan aplikasi pengolah kata berbasis cloud. Cara kerja dan tampilan aplikasi ini mirip dengan Microsoft Word, tapi seluruh sistemnya berbasis cloud dan bisa didapatkan secara gratis.

5.VPN (Virtual Private Network)

Pasti sahabat Qwords banyak yang bertanya-tanya mengapa perlu menggunakan VPN (Virtual Private Network) untuk kebutuhan ngeblog.

Selain untuk menjaga keamanan jaringan, VPN juga berfungsi untuk memudahkan blogger dalam melakukan riset bahan artikel.

Pasalnya, beberapa website seperti vimeo, reddit, dan situs luar lain saat ini masih banyak yang diblokir oleh pemerintah.

Sebagai contoh, jika Anda merupakan blogger teknologi tentu akan banyak informasi dari situs seperti reddit dan weibo. 

Salah satunya ketika ingin mencari bocoran spesifikasi smartphone atau pergerakan saham seperti gamestop yang viral beberapa waktu lalu.

Anda bisa menggunakan Diego VPN dari Qwords untuk mengakomodir kebutuhan blogging. Layanan ini bisa didapatkan mulai dari Rp22 ribu saja perbulan, sudah bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Kesimpulan

Artikel di atas telah mengulas kelebihan dan kekurangan blogging via smartphone lengkap dengan tips yang bisa diterapkan.

Setelah membacanya, Anda kini dapat mencoba membandingkan keduanya lalu menentukan perangkat mana yang lebih nyaman untuk menjalankan aktivitas blogging. 

Sebagai informasi, di Indonesia sendiri ada banyak blogger terkenal yang memulai karir ngeblog dari smartphone. 

Salah satunya yakni Mas Sugeng, seorang blogger pembuat template blogspot yang memulai karir blogger dari ponsel nokia jadul.

Di era modern seperti sekarang, kehadiran smartphone sendiri sangat membantu para blogger. Terutama ketika sedang berpergian lalu ada klien yang minta revisi artikel, kita bisa dengan mudah mengedit melalui smartphone.

Semoga artikel di atas bermanfaat ya. Jangan lupa tinggalkan komentar dan bagikan ke teman-teman lain yang membutuhkan. 

Jika butuh domain dan web hosting murah untuk menunjang aktivitas blogging, Anda bisa langsung mengakses website qwords.com untuk memilih layanan yang sesuai kebutuhan.

Selamat melanjutkan aktivitas, sahabat Qwords! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *