Menilik Pasar Bisnis Syariah di Indonesia

2 min read

Pengertian Bisnis Syariah

Peluang bisnis syariah di negara dengan mayoritas penduduk muslim memang sangat menjanjikan.

Apalagi saat geliat ekonomi tengah menunjukkan tren positif.

Salah satu contohnya adalah Indonesia yang memiliki penduduk muslim terbesar di dunia dengan potensi ekonomi yang luar biasa.

Sangat wajar apabila geliat bisnis berbasis syariah di Indonesia semakin meningkat dan pasarnya telah menyebar ke berbagai sektor usaha.

Salah satu alasannya adalah prinsip dasar bisnis ini yang menguntungkan untuk semua orang, sehingga membuat banyak pihak tertarik untuk menggelutinya.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menekuni bisnis syariah, sebelum terjun secara langusng, sebaiknya simak dahulu informasi berikut ini.

Baca juga: Tips Mencari Inspirasi Bisnis

Pengertian Bisnis Syariah

bisnis syariah
bisnis syariah

Sebuah bisnis atau usaha jual beli yang dilakukan dengan menggunakan aturan dan tata cara Islam disebut bisnis berbasis syariah.

Dua kata yang ada di dalamnya, yaitu bisnis dan syariah, mengandung arti: bisnis yaitu sebuah tindakan jual beli atau dagang sedangkan syariah yaitu sumber jalan yang lurus atau baik.

Bisnis berlandaskan syariat Islam ini menggunakan konsep halal di dalam praktik bisnisnya.

Bukan hanya menyangkut jual belinya, tapi juga dalam akhlak berbisnis, barang yang diperjualbelikan, pakaian yang digunakan, ibadah dalam bisnis, maupun muamalah.

Jika dilihat secara kasat mata jenis bisnis seperti ini mungkin terlihat ribet dan memusingkan, tapi ketika dijalankan Anda akan mengerti bahwa setiap aspek di dalamnya akan memberikan ketenangan batin bagi mereka yang menjalankannya.

Contoh Bisnis Syariah

Contoh Bisnis Syariah
Contoh Bisnis Syariah

Ada banyak sekali contoh bisnis yang sudah menggunakan syariah Islam di dalamnya dan sebagian besar sudah dapat berjalan dengan sangat baik dan memberikan keuntungan bagi semua pelaku di dalamnya.

Beberapa contohnya adalah:

1. Bisnis penjualan pakaian muslim dan muslimah

Pakaian muslim dan muslimah saat ini banyak dicari oleh masyarakat Indonesia, karena semakin banyak orang yang sadar bahwa berpakaian sesuai syariat dapat membantu melindungi diri seorang muslim.

Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang mendapatkan penghasilan.

Jalankan sesuai syariat bisnis berbasis syariah agar menjadi berkah dalam hidup.

Baca juga: Contoh Bisnis Anak Muda Yang Menjanjikan

2. Ojek online berbasis syariah

Peluang bisnis satu ini juga sangat menjanjikan. Selain penggunaan transportasi dengan menerapkan basis syariah nyaman juga bisa memberi keamanan bagi penggunanya.

3. Pembuatan dan penjualan kosmetik halal

Kebutuhan akan kosmetik bagi kaum wanita muslimah cukup tinggi sehingga Anda bisa menyediakan berbagai kosmetik halal untuk membantu memenuhi kebutuhan kaum muslimah ini.

Bukan hanya memberi keuntungan pada diri sendiri, tapi dapat bermanfaat untuk orang lain.

4. Bisnis travel haji dan umroh

Pergi ke tanah suci merupakan impian setiap muslim sejati sehingga hal ini bisa dimanfaatkan sebagai cara memperoleh keuntungan secara halal dan sesuai syariat.

Dengan menyediakan layanan bisnis travel pemberangkatan haji dan umroh menggunakan sistem sesuai hukum syariah, tanpa dana talangan/riba di dalamnya.

Tips Bisnis Syariah

Pengertian Bisnis Syariah
Pengertian Bisnis Syariah

Memulai bisnis sesuai syariah agama Islam merupakan hal yang baik sehingga pantas apabila dimulai dengan hal baik pula.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebelum memulai bisnis tersebut:

  • Pastikan segala dana yang digunakan terbebas dari unsur riba dan gharar.
  • Adanya akad jual beli kala melakukan penjualan dalam bentuk offline maupun online.
  • Produk yang dijual harus halal dengan memastikan semua bahan pembuatnya halal. Begitupula kala Anda menjual produk jasa, pastikan semua prosedurnya sesuai syariat Islam.
  • Setiap keuntungan yang didapat harus dibagikan secara adil dan terbuka kepada setiap rekanan yang bergabung dalam bisnis tersebut.

Memulai bisnis syariah di negara dengan mayoritas penduduk muslim sangatlah mudah dilakukan.

Namun, ketika mengaplikasikan jenis bisnis seperti ini pastikan dahulu Anda mengerti dasar hukum dan apa saja yang harus dilakukan sehingga tidak bertentangan dengan syariat agama Islam.

Selain itu, agar bisnis Anda semakin berkembang dan dikenal banyak orang,  jangan lupa untuk mengoptimalkan strategi pemasaran.

Di era modern seperti sekarang, Anda bisa memanfaatkan website atau media sosial sebagai bagian dari sistem pemasaran digital.

Gunakan layanan hosting terbaik Indonesia dari Qwords.com yang sudah dipercaya leh belasan ribu pengguna di seluruh Indonesia, dan dapatkan bonus domain .com untuk setiap pembelian paket hosting bisnis selama 1 tahun.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera pesan layanan hosting Qwords sekarang!

Semoga bermanfaat.

Belajar Search Intent dan Pentingnya Untuk…

Memahami search intent pengguna menjadi kunci utama bagi pelaku marketing online dengan Search Engine Optimization.  Search intent mengacu pada tujuan dan motivasi di balik...
Eril Obeit Choiri
3 min read

Waktunya Pondok Pesantren Tampil Keren dengan…

Berbicara mengenai domain memang seolah tiada habisnya. Saat ini, Sahabat Qwords dapat menemukan lebih dari 1000+ ekstensi domain di internet dengan keunikannya masing-masing. Pemilihan...
Jordy Prayoga
3 min read

Daftar 100 Website dengan Pengunjung Terbanyak…

Lebih dari 1,9 miliar website saat ini tersedia di internet. Namun, hanya beberapa yang bisa mendapatkan kunjungan bulanan yang tinggi. Kira-kira website sahabat Qwords...
Eril Obeit Choiri
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *