Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Berencana Berkarir Jadi Web Designer? Cek Ini Dulu

2 min read

Berkarir Jadi Web Designer

Saat ini berkarir jadi Web Designer masih sangat menjanjikan. Terbukti sekarang ini website masih menjadi kebutuhan penting untuk berbagai kalangan mulai dari keperluan pribadi, bisnis, perusahaan dan juga pemerintahan. Base on data, kebutuhan website setiap tahunnya semakin meningkat, seiring dengan laju perkembangan teknologi di Indonesia.

Untuk bisa menjadi seorang Web Designer, Anda perlu menguasai beberapa skill penting yang bisa menunjang karir menjadi seorang Web Designer entah itu freelance atau onsite di kantor. Nah pada artikel ini kita akan membahas mengenai berkarir menjadi seorang Web Designer handal dan apa saja yang perlu dibutuhkan.

Namun sebelumnya Anda perlu tahu dulu bahwa Web Designer tugas utamanya berhubungan dengan tampilan dari suatu website saja. Perlu diketahui Web Design adalah perpaduan antara design dan sedikit programming. Nah untuk lebih jelasnya mari kita bahas secara lengkap tentang pekerjaan seorang Web Designer.

Apa Itu Web Designer

Web Designer adalah pekerjaan yang berhubungan dengan kemampuan untuk mendesain tampilan website menjadi lebih menarik. Tugas seorang Web Designer meliputi memilih warna, memilih font dan membuat icon, menentukan lebar konten, membuat logo, membuat animasi, transisi dan mendesain layout.

Untuk bisa mengerjakan semua itu, seorang Web Designer diharuskan menguasai software desain grafis, untuk software berbayarnya seperti Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator. Untuk aplikasi desain versi gratisnya Anda bisa menggunakan GIMP atau Inkscape.

Skill Untuk Berkarir Web Designer

Untuk memulai menjadi seorang Web Designer, ada beberapa skill yang perlu Anda kuasai. Berikut list skill yang diperlukan oleh seorang Web Designer:

  • Desain grafis

    desain grafis
    desain grafis

Skill pertama seorang web desain yang harus dikuasai adalah desain grafis. Pekerjaan utama seorang web desain adalah bagaimana membuat desain yang menarik sehingga meningkatkan user experience pengunjung website. Paling tidak seorang desainer memiliki pengetahuan tentang teori warna, tipografi, layout. Nah untuk bisa menguasai skill seperti ini Anda perlu banyak latihan dengan belajar desain.

  • HTML

Tidak hanya desain saja, seorang Web Designer juga diharuskan menguasai pemahaman dalam hal HTML. HTML adalah bahasa markup yang biasa digunakan dalam pembuatan website. Untuk pembahasan lebih lengkapnya tentang HTML, Anda bisa membuka artikel kami sebelumnya tentang Apa Itu HTML, Pengertian dan Sejarahnya

  • CSS

CSS (Cascading Style Sheet) dalam website berfungsi untuk memisahkan konten dari tampilan visual dalam sebuat website. CSS dan HTML memiliki kaitan yang erat, HTML menjadi bahasa markup sedangkan CSS berurusan dengan style website. Untuk penjelasan lengkap tentang Apa Itu CSS, Cara Kerja, Jenis dan Kelebihannya bisa Anda buka pada artikel sebelumnya.

  • JavaScript

    Bahasa Pemrogaman JavaScript
    Bahasa Pemrogaman JavaScript

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang memiliki fungsi untuk membuat website menjadi lebih interaktif dan menarik. Jadi untuk menunjang tampilan website agar lebih menarik Anda perlu menguasai skill JS.

  • Bootstrap

Bootstrap adalah library framework CSS yang membantu tugas seorang front end website. Bagaimana tidak dalam Bootstrap sudah terdapat framework CSS, HTML, JavaScript yang mempercepat Anda dalam mendesain website. Jika skill basic Anda sudah ada, tugas Anda selanjutnya Andalah belajar framework Bootstrap.

Baca juga : Rekomendasi Pekerjaan Bidang IT Paling Menjanjikan

  • Dasar PHP

Seorang Web Designer paling tidak menguasai dasar-dasar pemrograman PHP, karena nantinya akan bertemu dengan syntak-syntak PHP dasar yang ada pada HTML.

  • Dasar SEO

SEO WordPress
SEO WordPress

Karena sekarang ini kecepatan website menjadi salah satu faktor penentu peringkat website, maka Anda perlu mempelajari dasar-dasar SEO.

  • Dasar User Experience

Terakhir, seorang web design perlu menguasai skill User Experience. Desain boleh saja bagus dan menarik, tetapi jika unsur experience dari pengunjung website belum terpenuhi maka Anda perlu belajar lagi tentang UX website.

Tugas Web Designer

Setelah membahas mengenai skill seorang web desain, sekarang kita akan membahas mengenai apa saja jobdesk seorang Web Designer, jadi jika Anda bekerja sudah diluar list dibawah ini berarti sudah bukan menjadi jobdesk utama. Berikut pembahasannya:

  • Membangun halaman depan website beserta semua fiturnya
  • Mendesain gambar untuk keperluan website
  • Setting layout website dengan desain menarik
  • Konversi layout dalam bentuk HTML dan CSS agar bisa dijalankan pada website
  • Slicing desain sesuai dengan tampilan
  • Mengatur konten website sesuai dengan kategori
  • Testing halaman dan cek error penulisan HTML, CSS dan lainnya
  • Memastikan validasi untuk cek tidak ada error pada tampilan halaman website

Nah jika skill dan tugas seorang Web Designer sudah Anda ketahui, mulai sekarang Anda bisa mempersiapkannya dengan memperdalam semua ilmunya. Anda bisa memulai dengan project kecil-kecilan seperti website pribadi, company profile dan dilanjutkan website skala besar lainnya. Carilah referensi website-website yang memiliki desain yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan sekarang ini.

Agar skill Web Designer Anda diketahui banyak orang, Anda perlu memiliki domain dan hosting sendiri untuk membuat website portfolio. Jadi semua orang bisa melihat hasil-hasil karya yang Anda buat selama menjadi seorang web desainer handal. 

Rekomendasi kami Anda bisa membeli paket nama domain dan hosting unlimited murah dari Qwords.com. Sudah ada puluhan ribu pelanggan yang sudah menggunakan layanan dari Qwords sejak lama, dari segi uptime server Qwords memiliki uptime server 99,99% dan pelayanan customer support selama 24 jam nonstop. 

Bagaimana? jadi tertarik untuk berkarir menjadi seorang Web Designer? Silahkan tulis pada kolom komentar di bawah tentang suka dukanya.

Terima kasih

Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Value Proposition: Definisi, Komponen Utama dan…

Value proposition adalah elemen penting suatu bisnis agar barang produksi selalu laku dibeli oleh para pelanggan. Proposisi nilai atau value proposition menjelaskan mengapa pelanggan...
Nadia Agatha
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *