Tips Membeli Sertifikat SSL Sesuai Kebutuhan Website

2 min read

Tips Beli SSL

Bagi para pengembang ataupun pemilik website, penting sekali beli SSL certificate, agar koneksi antara server dan user bisa berjalan optimal tanpa adanya gangguan dari faktor eksternal.

Lantas, apa sih sebenarnya sertifikat SSL itu? SSL sendiri adalah kepanjangan dari Secure Socket Layer yang berfungsi untuk mengenkripsi data pribadi pengguna agar tidak bocor dan disalahgunakan oleh pihak lain.

Adanya SSL certificate ini sangat berguna dalam mengamankan pembayaran digital, termasuk proses transaksi jual-beli di toko online dari website perusahaan level unicorn hingga UMKM.

Maka dari itu, sudah sepantasnya jika Anda memiliki website yang sudah dilengkapi sertifikat SSL, sehingga ketika ada orang yang mengunjungi situs Anda informasi mereka akan sepenuhnya terenkripsi.

Untuk bisa membeli sertifikat SSL saat ini sudah sangat mudah, Anda pun tidak perlu mengeluarkan harga fantastis, nanti dibagian bawah akan kami cantumkan daftar harga SSL di Qwords, sehingga Anda bisa bebas memilih dan beli SSL sesuai budget dan kebutuhan.

 

Jenis-Jenis Sertifikat SSL

jenis jenis sertifikat SSL
jenis jenis sertifikat SSL

Ada dua jenis sertifikat SSL yang perlu sahabat Qwords ketahui, pertama yaitu Self Signed Certificate SSL dan yang kedua adalah Trusted Certificate Authority (Very-Signed SSL). Kami menyarankan untuk menggunakan jenis yang kedua karena lebih aman.

Baca juga: Jenis Sertifikat SSL: Single Domain, Wildcard, Multi Domain

Untuk kombinasinya, sertifikat SSL ini memiliki dua kunci kombinasi, yang pertama adalah public key dan yang kedua adalah private key.

1.Jenis SSL public key penggunaanya lebih bertujuan untuk mengamankan data yang akan dikirim kepada penerima data.

2.Jenis private key adalah pengamanan pada data yang sudah dikirim suatu web kepada penerima, private key juga berfungsi sebagai alat deskripsi data ke format yang digunakan oleh penerima data.

 

Manfaat Sertifikat SSL

manfaat sertifikat SSL
manfaat sertifikat SSL

Ada banyak sekali manfaat ketika Anda memutuskan untuk memasang teknologi SSL pada website yang Anda buat. Berikut merupakan beberapa contoh manfaat sertifikat SSL yang perlu Anda ketahui:

 

1.Menambah Reputasi Website

Jika Anda menggunakan sertifikat SSL, maka website yang dikelola tentu akan jauh lebih aman. Dampaknya, semakin banyak orang yang lebih memilih menggunakan website Anda dari pada website kompetitor yang belum menggunakan sertifikat SSL.

2.Meningkatkan Peringkat di Mesin Pencari

Bagi Anda yang ingin menaikkan peringkat website di mesin pencari, maka memasang sertifikat SSL sudah tidak bisa dinegosiasikan lagi. Hal ini terjadi karena sejak tahun 2014 Google mengeluarkan semacam fatwa bahwa mereka akan lebih mementingkan website dengan sertifikat SSL di dalamnya untuk ditampilkan di halaman pertama.

3.Mengamankan Data

Banyak pemilik website yang sudah membeli sertifikat SSL karena merasa perlu mengamankan beberapa hal yang ada di dalam website mereka.

Jadi, tidak ada alasan bagi para pengembang website atau blogger pemula untuk tidak beli SSL, karena saat ini sertifikat SS sudah murah dan mudah didapatkan. Tidak perlu harga yang mahal, Anda sudah bisa membeli SSL dan menggunakannya agar website Anda LEBIH aman.

 

Tips Beli SSL Certificate

Tips Beli SSL
Tips Beli SSL

Tentu semua orang yang bergelut dalam dunia website harus memiliki sertifikat SSL agar tidak terjadi penyalahgunaan atau pencurian data.

Berikut akan kami jelaskan beberapa tips jika Anda ingin membeli sertifikat SSL:

 

1.Menentukan Level SSL Certificate

Jika Anda ingin membeli SSL certificate, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan terlebih dahulu seberapa besar validasi yang Anda butuhkan.

Ada tiga tingkatan yang perlu diperhatikan. Pertama, yakni Domain Validation (DV SSL) teknologi ini dibuat untuk website level kecil, misalnya berupa blog pribadi.

Kemudian ada Organization Validation (OV SSL) untuk level keamanan yang lebih tinggi dari DV SSL, teknologi ini biasanya digunakan untuk kebutuhan organisasi.

Tingkatan yang terakhir adalah Extended Validation (EV SSL). Jenis SSL ini merupakan keamanan tertinggi, sehingga baik untuk digunakan bagi website jual-beli, e-commerce dan lain sebagainya.

2.Pilih Berdasarkan Jumlah Domain

Sebelum proses beli SSL Indonesia maka perhatikan terlebih dahulu website yang Anda kelola, jika Anda hanya memiliki satu website, maka pilihlah SSL certificate yang diperuntukkan untuk satu domain saja.

Akan tetapi jika Anda memiliki lebih dari satu domain maka Anda bisa memilih menggunakan SSL certificate untuk lebih dari satu domain.

3.Otoritas Sertifikat SSL

Ada banyak sekali otoritas sertifikat SSL, tidak hanya satu atau dua perusahaan saja. Anda bisa memilih mana yang terbaik di antara otoritas tersebut. Di antaranya adalah, Entrust Datacard, Symantec, GlobalSign, AlphaSSL dan juga GeoTrust. Dengan memilih entitas yang terbaik maka Anda akan terhindar dari penipuan.

Baca juga: Keuntungan Menggunakan SSL Certificate Berbayar

Itulah penjelasan mengenai pentingnya SSL Certificate dan tips yang bisa diterapkan sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Beli SSL harus Anda lakukan agar koneksi website Anda aman. Sehingga pembaca, pembeli atau pengguna website bisa semakin betah menjelajahi isi konten.

Nah, untuk mendapatkan penawaran sertifikat SSL yang sesuai budget dan kebutuhan, salah satunya Anda bisa mengunjungi website Qwords.com. Dapatkan penawaran harga SSL mulai dari Rp127 ribu pertahun.

Tertarik untuk mencoba?

2 Replies to “Tips Membeli Sertifikat SSL Sesuai Kebutuhan…”

  1. untuk sekarang ssl itu sangat penting, blog dari blogspot saja kalau tidak mengaktifkan https bakal susa di index sama google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *