Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Belajar SEO: Panduan Lengkap & Mudah bagi Pemula

9 min read

Belajar SEO Panduan Lengkap & Mudah untuk Pemula

Jika sahabat Qwords sedang mencari panduan belajar SEO terlengkap dan termudah, Anda berada di tempat yang tepat!

SEO (Search Engine Optimization) memang salah satu teknik penting yang wajib dipelajari para webmaster. Tujuan utamanya untuk mendapatkan ranking yang tinggi pada halaman mesin pencari.

Tentunya sahabat Qwords tahu kan bahwa semakin tinggi ranking website Anda di halaman pencarian, semakin banyak traffic dan leads yang akan didapatkan? 

Sekilas, materi SEO mungkin terdengar rumit karena adanya banyak istilah teknis yang pastinya cukup asing bagi pemula. Tapi tenang saja!

Pada tutorial belajar SEO untuk pemula ini, kami akan membahas semua hal yang perlu Anda ketahui untuk memulai optimasi SEO pada website dan bisnis Anda.

Mulai dari konsep dasar SEO sampai tips praktis dan mudah untuk mendapatkan top ranking pada halaman pertama Google. 

Yuk langsung saja kita mulai!

Tutorial Belajar SEO Terbaru

belajar SEO

Mengingat algoritma Google yang seringkali berubah, strategi optimasi SEO pun memang harus selalu mengikuti trend yang ada.

Namun, jangan panik! Ada beberapa komponen utama optimasi SEO yang tetap masih relevan digunakan sampai saat ini kok sahabat Qwords!

Untuk memudahkan Anda belajar SEO,  pada artikel ini kami akan membahas semua komponen SEO tersebut secara detail dalam beberapa bagian, yaitu:

  1. Konsep Dasar SEO
  2. Riset Keyword
  3. Membuat Konten Berkualitas
  4. On-page SEO
  5. Off-page SEO 
  6. Technical SEO
  7. Meningkatkan EAT Website

Nah sekarang langsung saja kita lihat semua penjelasannya yuk sahabat Qwords!

1. Konsep Dasar SEO

Sebelum memahami materi belajar SEO lebih dalam lagi, sahabat Qwords tentunya harus memahami konsep dasar dari search engine optimization itu sendiri.

Secara singkat, SEO adalah upaya dan langkah optimasi sebuah website atau konten untuk mendapatkan peringkat atas di halaman pencarian Google (search engine result pages).

Konsep Dasar Belajar SEO

Perbedaan utama antara SEO dan iklan berbayar adalah bahwa SEO melibatkan trafik organik. Ini berarti Anda tidak perlu membayar untuk berada di halaman pertama mesin pencarian.

Nah ini berarti website yang mendapatkan peringkat teratas pada halaman pertama Google akan mendapatkan trafik organik berkualitas secara gratis. 

Mengingat bahwa hampir 70% dari pencarian di internet itu dimulai dari Google, bisa dipastikan bahwa optimasi SEO akan sangat menguntungkan untuk bisnis dan website Anda.

Cara kerja SEO sendiri pun sebenarnya cukup sederhana. Google dan mesin pencarian lainnya mempunyai algoritma tertentu untuk menentukan konten yang layak mendapatkan rank tinggi.

Nantinya, search engine bot atau yang sering juga disebut dengan crawler akan menelusuri internet untuk mencari konten dan website yang memenuhi algoritma tersebut.

Sayangnya, sampai sekarang Google tidak pernah mengumumkan secara publik faktor-faktor apa saja yang terlibat dalam proses perangkingan sebuah website.

Namun jangan panik! Banyak SEO komunitas yang menemukan beberapa indikator utama yang wajib diterapkan sebuah website untuk optimasi SEO.

Faktor seperti kecepatan website, kualitas konten, penggunaan SSL, keyword yang digunakan, seo on-page, seo off-page, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untungnya, di artikel ini kami akan membahas semua indikator tersebut secara lengkap dan singkat agar Anda bisa belajar SEO dengan lebih mudah.

Baca juga: Perbedaan SEO & SEM Untuk Digital Marketing, Pilih Mana?

2. Riset Keyword

Keyword research adalah salah satu indikator utama dalam SEO. Tujuan utama dari mesin pencarian adalah untuk menampilkan semua pencarian relevan yang diminta oleh user. 

Untuk bisa masuk ke hasil pencarian yang relevan tersebut, konten dan website Anda harus mempunyai niche dan juga keyword yang tepat sesuai dengan target audience.

riset keyword

Selain itu, Anda tidak hanya dituntut untuk mencari semua keyword yang berhubungan dengan bisnis lho sahabat Qwords. Anda juga perlu memahami search intent dan juga daya saingnya. 

Berikut adalah beberapa elemen terpenting yang perlu diperhatikan saat belajar SEO dan melakukan riset keyword:

  • Search Volume

Search volume atau volume pencarian dalam keyword research menunjukan beberapa banyak sebuah kata kunci dicari pada Google dalam kurun waktu yang sudah ditentukan.

Jika sebuah keyword menampilkan search volume dengan angka 10,000 pada tool Anda,  artinya keyword tersebut dicari sebanyak 10,000 kali dalam satu bulan terakhir.

Semakin tinggi search volume yang dimiliki sebuah keyword, semakin tinggi pula trafik yang akan Anda dapatkan jika website berada pada halaman pertama pencarian.

  • Keyword Difficulty

Seperti namanya keyword difficulty atau tingkat kesulitan keyword menunjukan tingkat kesulitan yang dimiliki sebuah kata kunci.

Semakin tinggi keyword difficulty (KD) yang dimiliki oleh sebuah keyword, semakin sulit untuk website dan konten Anda ranking pada halaman pertama SERPs.

Umumnya, alat riset keyword populer seperti Ahrefs menggunakan skala nomor 0-100 untuk menunjukan tingkat kesulitan sebuah keyword.

Selain itu, biasanya alat riset keyword juga akan menampilkan berapa banyak backlink yang Anda butuhkan agar website dan konten bisa ranking dengan baik.

Tentunya semakin tinggi KD yang dimiliki sebuah kata kunci, semakin banyak backlink yang dibutuhkan untuk bisa berada di halaman pertama pencarian.

  • Keyword Suggestions

Setelah memutuskan kata kunci yang tepat dan sesuai dengan bisnis dan konten Anda, jangan lupa untuk mencari keyword lain yang berkaitan sahabat Qwords!

Sesuai dengan namanya, keyword suggestions adalah kumpulan kata kunci yang relevan dengan kata kunci utama. Kata kunci tambahan ini sering juga disebut long tail keyword.

Intinya, long tail keyword adalah kata kunci yang lebih panjang dan berkaitan dengan keyword utama. Long tail keyword juga biasanya mempunyai search intent yang lebih detail

Jika kata kunci utama adalah “belajar SEO”, long tail keyword yang akan muncul biasanya akan menyediakan informasi lebih lengkap seperti “belajar SEO untuk pemula, panduan belajar SEO, belajar SEO WordPress” dan sebagainya.

Anda bisa menggunakan keyword suggestion untuk membantu konten dan website Anda mendapatkan ranking yang lebih tinggi pada halaman pencarian.

  • Tools untuk Riset Keyword

Kabar baiknya, saat ini ada banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset keyword, beberapa diantaranya adalah:

    • Google trends — gratis.
    • Google related search — gratis.
    • KWFinder — freemium.
    • Keywordstool.io — gratis.
    • SEM rush — freemium.
    • Keyword surfer — gratis. 

3. Konten SEO Berkualitas

Setelah memilih kata kunci yang tepat, langkah belajar SEO selanjutnya adalah untuk membuat konten website yang berkualitas.

Jika Anda ingin website dan konten berada pada peringkat pertama halaman Google, Anda harus tahu bagaimana cara membuat konten berkualitas.

Mengapa harus demikian? Intinya, Google memang lebih menyukai konten-konten yang relevan dan berkualitas pada sebuah kata kunci.

Saat seseorang mencari sebuah keyword pada Google, mesin crawler akan mencari konten yang dirasa memenuhi search intent dari pencarian tersebut.

Google akan selalu berusaha untuk memberikan penggunanya pengalaman terbaik dengan mengarahkan mereka ke konten terbaik yang dapat ditemukannya.

Oleh karena itu, mengetahui cara membuat konten SEO berkualitas adalah salah satu langkah terpenting dalam belajar SEO. 

Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan saat membuat konten berkualitas, berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Kualitas konten

Ada masanya dimana sebuah konten hanya membutuhkan banyak keyword untuk bisa mendapatkan ranking teratas pada Google.

Namun karena algoritma Google terus diperbarui setiap saat, teknik yang bernama keyword stuffing ini sudah tidak bisa lagi dilakukan. 

Saat ini website yang mendapatkan ranking teratas pada Google umumnya memiliki konten yang berkualitas dan relevan dengan pencarian.

Menghasilkan konten yang berkualitas memang tidak mudah. Untungnya, saat ini Anda tidak perlu memikirkan isi dan struktur konten dari awal.

Anda hanya perlu membaca konten-konten yang sudah ranking pada kata kunci terpilih. Lalu tambahkan nilai lebih dan buat konten Anda lebih menarik.

Beri judul konten yang menarik dan tambahkan gambar atau video untuk menarik minat pembaca dan pengunjung.

  • Search intent 

Hal lain yang perlu diperhatikan saat membuat konten berkualitas adalah search intent. Search intent membantu Anda mengerti maksud dari pencarian sebuah keyword.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Google akan menelusuri internet dan mencari konten yang tepat untuk memenuhi pencarian penggunanya.

Oleh karena itu, sebagai pembuat konten Anda harus mengerti apa yang sebenarnya dicari oleh pengguna melalui keyword tersebut.

Cari tahu apakah pengguna menginginkan penjelasan lengkap, harga dari keyword yang dicari, maupun sekedar jenis-jenisnya.

Saat Anda memahami search intent pengguna, tentunya Anda akan bisa menyediakan konten yang sesuai dengan harapan pengguna dan mendapatkan rangking tinggi dari Google.

  • Konsistensi

Salah satu rahasia optimasi SEO melalui konten adalah seberapa sering website Anda menerbitkan sebuah postingan dan konten baru.

Google memang sangat menyukai konten yang up-to-date. Oleh karena itu website dengan blog umumnya akan mendapatkan rank yang tinggi pada SERPs.

Nah jika Anda ingin mendapatkan ranking pada halaman pertama Google, sangat disarankan untuk mempunyai jadwal posting yang konsisten, sahabat Qwords!

4. On-Page SEO

Setelah berhasil menulis konten berkualitas, yang selanjutnya perlu Anda ketahui saat belajar SEO adalah on-page SEO.

Intinya, on-page SEO adalah langkah-langkah optimasi yang berfokus pada faktor-faktor internal sebuah website dan konten.

On-Page SEO

Optimasi ini bisa melibatkan pemeliharan konten website, optimasi kata kunci, sampai perbaikan struktur HTML.

Cara optimasi website dengan on-page SEO memang tidak mudah. Banyak hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut adalah beberapa upaya optimasi SEO on-page yang bisa Anda terapkan pada website:

  • Gunakan title tags HTML yang tepat. Title tag adalah judul yang ditampilkan saat halaman Anda muncul di halaman penelusuran Google. Oleh karena itu, pastikan konten Anda mempunyai title tags yang dapat menarik minat pengunjung.
  • Isi meta description halaman Anda. Meta description adalah kolom deskripsi di bawah title tags yang memberikan ringkasan singkat tentang konten tersebut. Optimalkan kata kunci dan pastikan ringkasan tersebut tidak melebihi 160 karakter.
  • Gunakan struktur permalink yang sederhana. Google lebih menyukai website dan konten yang mempunyai struktur link yang straight-forward tanpa banyak sub-folders.
  • Optimasi alt text gambar. Alt text berfungsi untuk mendeskripsikan gambar yang ada di konten Anda. Tujuannya agar mesin pencari tahu maksud dari gambar tersebut.
  • Gunakan URL slug yang relevan. Tugas URL slug adalah memberitahu mesin pencari tentang inti dari konten Anda. URL ini nantinya juga akan muncul pada halaman mesin pencarian di atas title tags. Gunakan kata kunci utama untuk hasil optimal.
  • Pilih subheadings yang tepat. Subheadings juga memberitahu Google apa isi konten Anda. Selain itu, headings juga digunakan untuk menarik minat pembaca saat mereka membuka konten tersebut.

Nah jika Anda ingin belajar SEO on-page lebih dalam lagi, kami juga sudah pernah menulis artikel tentang 14 faktor SEO on-page yang perlu diperhatikan lho sahabat Qwords!

5. Off-Page SEO

Sesuai dengan namanya, off-page SEO adalah langkah-langkah optimasi yang berfokus pada faktor eksternal sebuah website.

Tujuan utama dari off-page SEO adalah untuk mendapatkan backlink atau link dasar yang menjadi salah satu faktor utama ranking Google.

Off-Page SEO

Cara tersebut biasa juga disebut dengan link building. Ada beberapa cara dan upaya yang bisa dilakukan saat link building, berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Guest Post & Outreach

Salah satu cara meningkatkan SEO melalui link building yang pertama adalah melalui metode guest post atau outreach. Ini dari keduanya sebenarnya hampir sama. 

Outreach link building mengharuskan Anda untuk menghubungi web owner dengan niche yang relevan dan bekerja sama untuk saling memberikan backlink ke website keduanya.

Sedangkan guest post link building pada dasarnya adalah menulis konten untuk blog orang lain. Nantinya Anda bisa memberikan backlink ke website Anda melalui konten tersebut.

  • Social Signal Boost

Faktor SEO off-page lainnya adalah social signal yang merupakan penilaian sebuah website melalui seberapa sering website tersebut dibagikan ke sosial media platform.

Cara melakukannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu sering-sering membagikan konten dan artikel website ke berbagai social media platform.

Selain itu, Anda juga bisa membeli jasa social buzzer yang akan membagikan konten dan website Anda ke sosial media dan meningkatkan social signal website tersebut.

Namun ingat sahabat Qwords, ada beberapa aturan yang harus diperhatikan saat melakukan link building. Mulai dari kualitas link, anchor text, sampai relevansi domain pemberi link.

Anda tidak sarankan untuk meminta backlink dari alamat domain sembarangan. Beberapa faktor dari domain berkualitas termasuk DA (domain authority) dan juga DR (domain rating).

Nah jika Anda ingin belajar lebih dalam tentang apa itu domain authority dan cara mengeceknya, langsung saja buka cara cek DA/PA Website ya sahabat Qwords!

6. Technical SEO

Strategi selanjutnya yang wajib dikuasai para webmaster saat belajar SEO adalah technical SEO. Intinya, technical SEO adalah proses optimasi berbagai aspek teknis dalam sebuah situs.

Fungsi dari optimasi technical SEO adalah untuk membuat website lebih mudah untuk ditelusuri mesin crawler dan meningkatkan peringkat website tersebut pada halaman pencarian. 

Technical SEO

Banyak faktor yang masuk dalam strategi technical SEO seperti optimasi kecepatan website, keamanan situs, mobile responsif, penggunaan ssl, dan juga user experience.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk melakukan optimasi technical SEO dan membuat website Anda lebih SEO-friendly:

  • Pastikan Website Easy to Crawl

Crawling adalah proses dimana Google bot menelusuri website dan konten Anda untuk proses indexing pada halaman pencariannya.

Google crawler akan mengidentifikasi keyword dan masalah teknis yang ada dan menggunakan faktor-faktor tersebut untuk menentukan peringkat website Anda.

Oleh karena itu, sangat penting rasanya untuk memastikan bahwa website Anda bisa dengan mudah ditelusuri oleh Google bot atau crawler.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu membuat sitemap situs Anda melalui sitemap WordPress plugin atau melalui online XML sitemap generator.

Selanjutnya Anda hanya perlu mengajukan sitemap tersebut kepada Google melalui search console agar proses crawling dan indexing bisa lebih mudah.

Baca juga: Mengenal Fungsi Sitemap HTML Pada Website

  • Pastikan Website Mobile Friendly

Salah satu faktor ranking SEO adalah website yang bisa bekerja secara optimal pada mobile. Oleh karena, sangat penting untuk mengetahui cara membuat website yang mobile friendly.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah website Anda bisa bekerja dengan baik pada perangkat mobile. Salah satunya adalah melalui tool online mobile friendly dari search console ini.

Nah jika hasil mobile responsive website Anda kurang baik, silakan gunakan artikel artikel berikut ini sebagai panduan untuk membuat website Anda lebih mobile friendly.

  • Optimalkan Kecepatan Website

Google sangat memperhatikan core web vitals dari sebuah website. Ini berarti kecepatan website dan user experience sangat penting untuk meningkatkan SEO.

Jika Anda tidak tahu bagaimana cara mengecek kecepatan website saat ini, Anda bisa menggunakan tool seperti Google PageSpeed Insights.

Setelah mengetahui kecepatan website Anda saat ini, langkah selanjutnya adalah untuk mempelajari cara optimasi kecepatan website dengan Google PageSpeed Insights.

  • Gunakan SSL dan HTTPS

Website security juga merupakan salah satu faktor penting ranking SEO. Umumnya, Google tidak akan mengindex website tanpa langkah-langkah keamanan yang tepat.

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keamanan website Anda adalah melalui penginstalan SSL (secure socket layer) certificate dan juga HTTPs.

Nah sahabat Qword tidak tahu apa itu SSL certificate dan apa saja manfaatnya, jangan khawatir! Langsung saja baca artikel panduan lengkap SSL certificate berikut ini!

7. Meningkatkan EAT Website

EAT dalam proses belajar SEO adalah singkatan dari Expertise (E), Authority (A), dan Trustworthiness (T) yang merupakan salah satu faktor ranking Google.

EAT adalah faktor yang penting diperhatikan untuk segala jenis website dan juga query. Terutama jika website Anda memberikan informasi dan konten penting.

Nah berikut ini adalah cara mengevaluasi dan meningkatkan faktor EAT website Anda untuk search engine optimization:

1. Expertise

Expertise adalah tingkat pengetahuan atau keterampilan yang tinggi dalam bidang tertentu.  Google menyukai konten yang dibuat oleh seseorang dengan expertise pada subjek tersebut.

Oleh karena itu, penulis konten website Anda harus menjadi ahli dalam topik yang mereka bahas. Menurut Google search guidelines, ada dua tipe expertise yaitu: 

  • Formal expertise. Konten yang dibuat oleh individu profesional yang memiliki akreditas resmi. Formal expertise sangat penting untuk website yang berfokus di bidang penting seperti kesehatan, keuangan, dan juga hukum.
  • Everyday expertise. Dimana individu mempunyai keahlian dan expertise berdasarkan pengalaman yang didapat dari kehidupan sehari-hari dan juga pekerjaan. Anda bisa mendapatkan expertise ini secara otodidak tanpa memerlukan akreditas resmi.

2. Authority

Google menentukan Authority keseluruhan situs Anda melalui dua jenis otoritas:

  • Domain authority. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, domain authority menunjukan seberapa terkenal domain Anda. Semakin banyak orang yang berinteraksi dan mendengar tentang domain Anda, semakin tinggi otoritas domain tersebut.
  • Page authority. Sedangkan page authority menunjukan otoritas dari konten yang ada pada halaman website tertentu. Hal ini tentunya tergantung dengan jenis konten yang menjadi fokus website Anda.

3. Trustworthiness

Pada dasarnya, trustworthiness mengacu pada tingkat kepercayaan pengunjung website terhadap konten dan website itu sendiri.

Trustworthiness sebuah website dan konten bisa diukur melalui beberapa faktor seperti keamanan website, kontak informasi yang valid, konten yang bermanfaat, dan lain-lain.

Penutup

Nah itu tadi panduan belajar SEO terlengkap untuk pemula sahabat Qwords! Belajar SEO memang tidak mudah. Banyak faktor dan strategi yang terlibat di dalamnya.

Semoga dengan artikel ini, Anda berhasil mempelajari cara optimasi SEO dengan mudah dan cepat. Tunggu apalagi? Langsung saja terapkan semua strategi SEO ini pada website Anda!

Oh iya, untuk meningkatkan peringkat SEO tentunya Anda juga memerlukan fondasi web hosting terbaik yang kuat dan aman bagi website Anda.

Untungnya Qwords punya solusinya! Mulai dari 15 ribuan perbulan, Anda bisa mendapatkan hosting terbaik dengan 99,9% uptime, 24 jam support, dan juga unlimited bandwidth. 

Yuk langsung saja bergabung dengan Qwords!

Amera P. Safira With a newfound love of the IT world, Amera likes to turn complex topics into easy-to-read and comprehensive articles. In her spare times, Amera enjoys playing video games and reading every book she can find.

Value Proposition: Definisi, Komponen Utama dan…

Value proposition adalah elemen penting suatu bisnis agar barang produksi selalu laku dibeli oleh para pelanggan. Proposisi nilai atau value proposition menjelaskan mengapa pelanggan...
Nadia Agatha
3 min read

4 Replies to “Belajar SEO: Panduan Lengkap & Mudah…”

    1. Riset kak sesuai keyword yang dicari,
      bisa diliat dari artikel-artikel yang sudah perform.
      Trima kasih

  1. Mau tanya boss,, gmna caranya agar blogspot bisa super SEO seperti blog Qword ini?. Tiap saya ketik kata kunci tentang blogging atau Seo. Qword selalu muncul di page one.. dan selalu bersaing dengan niagahoster

    1. Ini bukan pakai blogspot kak, pakainya WordPress.
      Kalau mau lebih bagus dan optimasinya lebih mudah pakai aja WordPress, tapi kudu beli domain hosting dulu.
      Cek aja di Qwords kalau mau nyari.
      Makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *