Akibat pandemi virus corrona Covid-19, kewajiban belajar dari rumah harus ditempuh oleh para siswa. Sistem belajar online diterapkan agar seluruh pelajar tetap dapat menempuh pendidikan yang biasanya didapatkan di kelas tatap muka.

Belajar mengandalkan teknologi dan jaringan internet jelas menjadi hal baru. Para pelajar kini dapat mengakses materi pelajaran dengan mudah dan bahkan gratis dari aplikasi dan situs pembelajaran online.

Bukan hanya murid. Guru pun dapat mengakses situs yang menyediakan fasilitas pengajaran secara online. Situs ini akan membantu para guru saat melangsungkan praktik belajar mengajar.

Baca juga: Apa Itu ICT? Inilah Peran Penting ICT Dalam Dunia Pendidikan

Dengan segala kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran via online, ada beberapa cara agar belajar dari rumah tetap dapat berlangsung efektif dan menyenangkan.

 

Tips Belajar Online Efektif Saat Pandemi Covid-19

Tips Belajar Online Efektif Selama Masa Pandemi Covid-19
Tips Belajar Online Efektif Selama Masa Pandemi Covid-19

Proses belajar dari rumah tidaklah mudah. Di masa normal, akivitas belajar mengajar saja masih perlu dikondisikan agar dapat fokus mendengarkan guru dan mengerjakan tugas.

Kini di rumah, pelajar didorong untuk mampu mengondisikan dirinya secara mandiri. Berikut tips sederhana sehingga pelajar di mana pun tidak terjebak menjadi kaum rebahan.

  • Temukan ruang belajar yang tenang dan nyaman di rumah. Persiapkan meja dan kursi selayaknya tengah berada di dalam kelas. Usahakan untuk tidak belajar di atas kasur agar tidak kemudian menjadi mengantuk.
  • Siapkan alat tulis dan buku yang dibutuhkan selama proses belajar. Letakkan di posisi yang mudah dijangkau.
  • Pastikan jaringan internet tidak ada gangguan sehingga fokus belajar tidak terganggu. Selain itu, pastikan komputer atau laptop dalam kondisi sempurna.
  • Buatlah jadwal belajar sendiri selama di rumah. Bedakan antara waktu belajar di hari Senin sampai Jumat dengan hari Sabtu dan Minggu. Fleksibilitas waktu dikondisikan agar pelajar tidak mudah bosan.
  • Jauhkan smartphone selama belajar untuk meminimalisir gangguan. Jauhkan ponsel dari pandangan mata seperti dengan memberikannya kepada orangtua, sehingga konsentrasi belajar tetap terjaga.
  • Siapkan air putih dan buah-buahan untuk menemanimu belajar. Hindari camilan yang tidak sehat agar stamina selalu kuat untuk melakukan aktivitas lainnya.
  • Giatlah belajar sehingga ketika masa pandemi sudah selesai, kemampuan dan pengetahuan dapat terisi penuh. Berusahalah untuk mencari materi pelajaran tambahan melalui aplikasi dan situs belajar online gratis.

Aplikasi Penunjang Belajar Online

Aplikasi Belajar Online
Aplikasi Belajar Online

Pada masa normal, berkunjung ke perpustakaan sangatlah memungkinkan. Begitu juga dengan mengikuti bimbingan belajar untuk menambah ilmu yang diperoleh dari guru di sekolah.

Namun, dalam kondisi pandemi, mengunjungi fasilitas publik tidak senyaman dan seaman seperti sebelumnya. Untuk mengatasinya, sahabat Qwords bisa menggunakan aplikasi penunjang belajar online yang dapat memperlengkapi sumber pembelajaran dari sekolah.

Berbagai perusahaan teknologi berbasis edukasi bahkan telah menyediakan aplikasi belajar online gratis yang dapat diunduh melalui Google Playstore dan App Store. Apa saja aplikasi tersebut?

1.Ruangguru

Selain menyediakan materi pelajaran, aplikasi ini juga membuka Sekolah Online Gratis. Tiap Senin sampai Jumat, siswa kelas 1 SD sampai 12 SMA dapat mengikuti kelas online gratis yang diajari oleh tenaga pendidik dari Ruangguru.

2.Zenius

Zenius memiliki Program Belajar Mandiri. Fitur di dalamnya dilengkapi dengan puluhan ribu video pembelajaran, ratusan ribu latihan soal, kelas online dan rencana belajar harian.

3.Sekolahmu

Sekolahmu menyediakan materi untuk tingkat PAUD hingga SMA/SMK. Tiap materi dilengkapi dengan aktivitas yang menunjang kompetensi. Ada pula fitur Belajar Live! berupa kelas online yang menarik untuk diikuti.

4.Quipper

Selain menyediakan materi pelajaran sesuai kurikulum pemerintah, Quipper juga menyediakan Quipper School yang dapat diikuti secara gratis. Layanan kelas virtual ini memudahkan interaksi antara guru maupun siswa.

5.Cakap

Untuk siswa yang tengah berfokus belajar bahasa Inggris, Jepang dan Mandarin maka aplikasi ini sangat membantu. Tersedia pula kelas online yang memungkinkan terjadinya interaksi dua arah.

6.Kipin School

Ribuan video dan latihan soal, juga ratusan buku berada di dalam aplikasi ini. Kipin School juga memberi kemudahan kepada para siswa untuk menandai e-book (highlight) dan mengunduh video.

7.Kelas Pintar

Aplikasi ini menawarkan kemudahan proses pembelajaran bagi murid maupun guru. Orangtua pun dapat ikut memantau. Materi yang disajikan pun beragam baik dalam bentuk audio visual, video animasi dan e-book.

 

Contoh Website Belajar Online Gratis

contoh website belajar online
contoh website belajar online

Pemerintah menaruh perhatian pada sistem pembelajaran jarak jauh. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengembangkan portal pembelajaran bernama Rumah Belajar.

Baca juga: Mengenal Learning Management System & Manfaat yang Ditawarkan

Baik siswa dan guru tingkat PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK dapat memanfaatkan website belajar online Kemendikbud ini. Seluruh materi pelajaran dapat diakses secara gratis.

MejaKita juga termasuk salah satu contoh website belajar online gratis. Pelajar dapat memperoleh materi pelajaran SD, SMP dan SMA yang lengkap.

Mengusung slogan “dari siswa untuk siswa”, website ini menyediakan fitur menarik. Pelajar dapat mengikuti forum untuk berdiskusi tentang tugas sekolah dan berbagi catatan atau materi pembelajaran dengan pelajar lainnya.

 

Belajar Online Semakin Aman Dengan VPN

 

Demikian ulasan terkait tips belajar online efektif di rumah. Segera ikuti salah satu di antaranya dan tetap semangat belajar ya! Jangan lupa, agar koneksi internet tetap stabil gunakan juga VPN Murah dari DiegoVPN yang bisa didapatkan mulai dari Rp20 ribuan perbulan.

Tidak hanya bisa menstabilkan jaringan, VPN atau Virtual Private Network juga mampu meminimalisir celah keamanan yang berpotensi terjadi pencurian data pribadi. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi pada si buah hati bukan?

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *