Wifi publik, fasilitas yang satu ini memang semakin populer di era perkembangan teknologi. Dengan memanfaatkan jaringan atau koneksi Wifi yang dibagikan secara gratis ini Anda bisa menjelajahi konten apa saja, mulai dari kebutuhan browsing, download, hingga upload. Bisa dibilang WiFi publik menjadi tujuan paling nyaman karena bisa digunakan sepuasnya tanpa harus menanggung biaya.

Saat ini kita bisa menemukan layanan wifi publik hampir di semua fasilitas umum. Mulai dari sekolah, kampus, warung kopi, bandara, hotel, bahkan di kawasan wisata populer seperti Malioboro atau Titik Nol kilometer di Yogyakarta. Tak heran memang, pasalnya di zaman yang serba instan ini kebutuhan akan koneksi internet sudah seperti keharusan di mana saja dan kapan saja kita berpergian.

Kendati demikian, meski menjadi cara mudah dan praktis untuk memperoleh jaringan internet gratisan. Sambungan Wifi publik yang dibuka pada tempat umum kerap kali menimbulkan masalah yang cukup pelik. Menurut beberapa pakar, jaringan ini sangat rentan untuk disalahgunakan oleh para hacker dan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil data pribadi pengguna.

Baca juga: Mengenal Lebih Lengkap Sistem Keamanan Jaringan Nirkabel

Sebagai masyarakat awam, Sahabat Qwords tentu tidak mau hal seperti ini terjadi bukan? Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa tips untuk mengamankan koneksi perangkat saat kepepet harus menggunakan wifi publik. Berikut selengkapnya.

6 Cara Mengamankan Koneksi Saat Menggunakan Wifi Publik

 

6 Cara Mengamankan Koneksi Saat Menggunakan Wifi Publik
6 Cara Mengamankan Koneksi Saat Menggunakan Wifi Publik

1.Mengktifkan Antivirus dan Firewall

Anda tentu sudah sangat familiar dengan antivirus komputer dan firewall yang secara default sudah terinstall di laptop maupun perangkat komputer. Firewall adalah sistem keamanan jaringan yang berperan dalam memonitor traffic atau lalu lintas data pada jaringan masuk dan keluar. Kehadiran firewall bukan tanpa alasan, fitur ini membantu Anda dalam mencegah hacker atau pihak ketiga yang ingin mengintip isi data pada komputer Anda.

Bagi Sahabat Qwords yang menggunakan sistem operasi Windows Anda bisa mengaktifkan sistem keamanan firewall melalui Control Panel > System and Security, kemudian pilih opsi Firewall.

Selain firewall, peran antivirus juga sangat fital untuk meminimalisir tindak pencurian data melalui jaringan wifi pubik. Jadi, antivirus bukan hanya akan membantu Anda dalam mencegah komputer terkena malware tapi juga berperan aktif dalam sistem keamanan jaringan.

2.MangaktifkanAplikasi Keamanan Enkripsi Data

Di negara maju privasi ketika kita online sudah diatur sedemikian rupa sehingga keamanan data lebih terjaga. Adapun untuk mengatasi celah keamanan koneksi ketika menggunakan wifi publik Anda bisa memastikannya dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti Tor browser, DoNotTrack, dan juga VPN (Virtual Private Network). Ketiga fasilitas tersebut bisa Sahabat Qwords manfaatkan untuk membantu melakukan enkripsi data pada situs-situs yang tidak diproteksi secara default.

Bagi yang belum tau, enkripsi adalah suatu cara atau metode untuk memecah data kedalam kode khusus sehingga tidak mudah dikenali oleh pihak ketiga. Menariknya, meskipun data hasil enkripsi  masih bisa disimpan oleh hacker, namun data yang sudah dienkripsi tersebut hanya bisa dibaca oleh penerima spesifik yang sudah ditunjuk.

3.Menyambung WiFi Secara Manual

wifi publik
wifi publik

Cara selanjutnya untuk meningkatkan keamanan saat menggunakan jaringan wifi publik adalah dengan menyambungkan sendiri jaringan wifi di smartphone, laptop, atau tablet secara manual. Sebisa mungkin pastikan untuk meminimalisir koneksi wifi secara otomatis.

Anda bisa menerapkan cara ini dengan mengklik pilihan forget network atau lupa jaringan jika sudah selesai menggunakan wifi publik tersebut. Hal ini untuk menghindari pengambilan informasi perangkat saat Anda kembali menggunakan jaringan di tempat tersebut.

4.Memperhatikan Nama Jaringan

Kejahatan cyber yang dilakukan melalui teknik pemalsuan jaringan wifi adalah salah satu teknik yang sering terjadi. Para hacker biasanya memanfaatkan nama wifi yang mirip dengan nama wifi asli di tempat publik untuk mengelabuhi dan menjebak korban.

Jadi, agar informasi data pribadi Anda bisa lebih aman lebih baik untuk memastikan kepada teman atau penyedia wifi terkait tentang nama jaringan yang benar, terutama ketika Anda menemukan dua atau lebih nama wifi yang mirip.

5.Meminimalisir Login yang Membutuhkan Informasi Penting

Rasanya sudah belasan kali kami memberikan informasi bahwa tidak seharusnya Sahabat Qwords mengakses website penting yang memerlukan login ketika berada di jaringan publik. Beberapa contoh website sensitif yang harus dihindari adalah situs belaja yang memerlukan input informasi kartu kredit, mengakses email, transaksi perbankan online, dan lain sebagainya. Untuk meminimalisir potensi kejahatan di dunia maya, aktivitas semacam ini seharusnya dilakukan di rumah atau menggunakan akses internet pribadi yang jauh lebih aman.

Baca juga: Pentingnya Cyber Security di Era Revolusi Industri 4.0

Sementara jika memang terpaksa dan dalam keadaan mendesak, Anda bisa memanfaatkan VPN murah untuk membantu meng-enkripsi data penting. Anda bisa mempercayakan kebutuhan ini kepada layanan Diego VPN yang aman, super cepat, dan easy to use cukup dengan biaya mulai dari Rp35 ribu perbulan.

6.Selalu Mengakses Website yang Memiliki SSL

sertifikat SSL
sertifikat SSL

Sebagaimana kita ketahui, beberapa tahun terakhir Google telah menerbitkan kebijakan untuk para pemilik website agar menggunakan sertfikat SSL. Situs dengan SSL biasanya ditandai dengan awalan https dimana menunjukkan bahwa halaman website tersebut sudah di enkripsi guna meminimalisr potensi man in the middle attack atau MITM.

Itulah 6 cara mengamankan koneksi saat menggunakan wifi publik. Jaringan wiifi publik sebenarnya tergolong dalam teknologi yang rentan dan berbahaya. Namun, sayangnya mayoritas pengguna masih abai atau bahkan tidak mengetahuinya.

Jadi, lain kali jika Sahabat Qwords sedang menunggu antrian di bank atau sekadar iseng ingin bermain game ketika nongkrong di café, bantulah diri Anda sendiri dengan cara melapisi koneksi internet dengan VPN (Virtual Private Network) dan melakukan tindakan prefentif seperti penjelasan di atas. Saat ini, biaya berlangganan VPN itu masih tergolong murah kok, apalagi jika Anda menggunakan layanan Diego VPN dari Qwords.com.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *