Tutorial Auto Post Instagram, Bisa Atur Jadwal Suka-Suka

3 min read

Tutorial Auto Post Instagram

Membuat dan mengelola akun Instagram untuk keperluan bisnis berbeda dengan akun pribadi. Karena untuk memperkenalkan brand, membangun kedekatan dengan pelanggan dan hal-hal yang terkait dengan urusan bisnis lainnya butuh postingan secara konsisten. Untuk itulah auto post Instagram sangat diperlukan.

Lain halnya dengan akun Instagram untuk keperluan pribadi atau personal. Meskipun selama berhari-hari, berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan tidak mengunggah postingan baru, tidak akan memberikan dampak apapun kecuali tanda tanya besar dalam benak orang-orang yang Anda kenal.

Baca juga: Cara Agar Instagram Tidak Mudah di Hack

Lantas, bagaimana cara auto post Instagram, apa saja manfaatnya dan fasilitas apa saja yang dibutuhkan untuk dapat membuat postingan secara terjadwal di akun Instagram bisnis?

 

Cara Auto Post Instagram

Tutorial Auto Post Instagram
Tutorial Auto Post Instagram

Pada dasarnya, Instagram dibuat bagi pengguna mobile/smartphone dengan maksud agar pengguna dapat memonitor kejadian secara real time, sehingga interaksi yang berlangsung pun dilakukan pada saat kejadian berlangsung.

Metode pengarsipan secara real time ini di satu sisi memang bagus. Namun, kata ‘bagus’ tersebut belum tentu berlaku bagi semua orang. Karena tidak sedikit pengguna yang justru tidak merasa diuntungkan atau bahkan merasa kesulitan dengan sistem real time yang diusung Instagram.

Salah satu yang tidak merasa diuntungkan tersebut adalah pengguna Instagram untuk tujuan bisnis yang dalam bekerja lebih sering menggunakan desktop dan memerlukan fasilitas untuk memposting gambar dan video secara berkala.

Disinilah sisi kelemahan dari Instagram, karena untuk versi resmi Instagram di desktop, pengguna tidak dapat mengunggah apapun kecuali hanya bisa melihat konten dan berinteraksi dengan pengguna yang lain.

Untuk menyiasati kelemahan Instagram itulah dibutuhkan bantuan pihak ketiga agar pengguna dapat membuat postingan melalui desktop dan memposting gambar atau video secara rutin dan terjadwal.

Jadi, cara posting otomatis di Instagram adalah dengan memanfaatkan tools, website lain atau dengan menggunakan aplikasi yang oleh vendornya memang dibuat sebagai media untuk membantu pengguna melakukan posting otomatis di Instagram.

 

Manfaat Auto Post Instagram

auto post instagram
posting otomatis di Instagram

Bagi pemilik akun Instagram untuk tujuan bisnis, posting otomatis di Instagram sangat bermanfaat karena dapat menghemat banyak waktu.

Cukup dengan sekali duduk dan membuat serta menjadwal beberapa postingan, maka untuk beberapa hari ke depan gambar dan video akan terposting setiap hari sesuai dengan waktu yang diinginkan.

Auto Post Instagram juga sangat dibutuhkan oleh mereka yang memiliki pembawaan ‘angin-anginan’, dalam arti kadangkala antusias untuk membuat dan memposting konten hingga sekian banyak dalam sekali duduk namun dilain waktu enggan untuk membuka akun Instagram, apalagi membuat konten. Lewat auto post persoalan tersebut dapat teratasi.

Baca juga: 12 Cara Promosi di Instagram Untuk Pemula

Aplikasi posting otomatis di Instagram sangat diperlukan oleh pebisnis yang memiliki waktu terbatas sementara dia juga dituntut untuk membuat konten dan mempostingnya secara rutin di akun Instagram guna kepentingan promosi, membangun koneksi dengan pelanggan serta kepentingan lain yang terkait dengan urusan bisnis.

 

Aplikasi Auto Post Instagram

Aplikasi Auto Post Instagram
Aplikasi posting otomatis di Instagram

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, untuk dapat membuat Instagram auto post scheduler dibutuhkan bantuan pihak ketiga yaitu tools, website lain atau aplikasi yang dibuat untuk membantu pengguna melakukan auto post pada akun Instagramnya.

Bagi mereka yang menggunakan Android, memanfaatkan aplikasi yang tersedia di play store untuk membuat Instagram auto posting tentu menjadi pilihan pertama.

Untuk itu, berikut kami rekomendasikan pilihan aplikasi auto post Instagram yang bisa Anda gunakan.

 

1.Hootsuite

Hootsuite
Hootsuite

Inilah salah satu aplikasi paling populer dan powerful untuk media sosial, dimana salah satu fungsinya adalah untuk membuat postingan terjadwal.

Bukan hanya Instagram saja yang dapat memanfaatkan Hootsuite untuk membuat auto posting tapi juga media sosial yang lain seperti Facebook dan Twitter.

Selain auto posting, Hootsuite juga memiliki  fitur untuk melihat dan membaca komentar lewat dashboard serta terdapat statistik follower dan kiriman untuk mengetahui perkembangan akun media sosial Anda.

Hootsuite merupakan penyedia layanan auto post Instagram free (dengan fasilitas yang terbatas) serta menyediakan pilihan profesional (komersial) jika ingin memperoleh fasilitas ya komplit.

 

2.Later

Later
Later

Rekanan resmi Instagram ini awalnya bernama Latergramme sebelum akhirnya berubah nama menjadi Later. Bedanya dengan Hootsuite, Later hanya fokus pada Instagram sedang persamaannya adalah sama-sama memiliki fitur auto post Instagram.

Dalam memanfaatkan fitur auto post tersebut, pengguna diberi 2 alternatif untuk dipilih yaitu posting otomatis atau dengan pemberitahuan.

Layanan Later juga terbagi atas 2 jenis yaitu versi gratis dan versi bisnis. Kedua layanan tersebut dapat diakses dengan menggunakan aplikasi  mobile atau dengan menggunakan browser.

3.Buffer

Buffer
Buffer

Aplikasi media sosial lainnya yang juga populer dan powerful serta memiliki fitur auto post untuk Instagram, Facebook dan Twitter adalah Buffer.

Aplikasi yang bisa ditanamkan pada perangkat Android maupun iOS ini juga terdiri atas 2 versi yaitu versi gratis (terbatas) dan versi berbayar (komersial).

Perbedaannya dengan Hootsuite, Buffer lebih fokus pada pencarian dan pengelolaan konten. Kelebihan dari Buffer adalah adanya aplikasi tambahan bernama Pablo yang berfungsi untuk mengedit foto sehingga memudahkan pengguna dalam membuat ukuran foto yang sesuai untuk media sosial.

Itulah informasi singkat tentang Instagram auto post beserta aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat postingan otomatis dan terjadwal.

Anda bisa mmanfaatkan fasilitas tersebut untuk menunjang aktivitas branding, kemudian mengarahkan audiens ke website toko online yang sebelumnya sudah dibuat.

Nah, agar website tidak tambah lemot atau sering down ketika diakses banyak pengunjung, Anda bisa memanfaatkan paket Hosting Terbaik Untuk WordPress dari Qwords.com.

Dapatkan promo migrasi gratis 3 bulan pertama untuk setiap pembelian paket web hosting ini. Jadi, Anda bisa lebih menghemat dalam membayar biaya tagihan selama satu tahun kedepan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *