10 Rekomendasi Aplikasi WiFi Terbaik Untuk PC & Laptop

3 min read

Aplikasi WiFi Terbaik Untuk PC

Pada zaman serba canggih sekarang ini, semua orang sudah bergantung dengan koneksi internet. Hampir semua kegiatan seperti bekerja, belajar, bermain dan bersosial media sekarang ini selalu terhubung dengan jaringan internet.

Berbicara masalah internet, sekarang ini sudah serba menggunakan jaringan nirkabel atau WiFi. WiFi lebih dipilih karena kepraktisannya tanpa harus menggunakan kabel jaringan. Selain itu WiFi bisa connect banyak device yang sudah mendukung fitur WiFi. Sedangkan untuk kabel hanya device yang memiliki port RJ-45 saja dan jumlahnya terbatas.

Aplikasi WiFi Terbaik Untuk PC
Aplikasi WiFi Terbaik Untuk PC

Masalahnya saat ini belum semua tempat tersedia fasilitas jaringan WiFi. Hanya tempat-tempat tertentu saja yang menyediakan jaringan WiFi dan itu biasanya menggunakan password. Sementara pada saat yang bersamaan Anda membutuhkan koneksi internet untuk suatu keperluan.

Sebenarnya Anda bisa membuat WiFi dengan menggunakan aplikasi WiFi untuk PC ataupun laptop. Anda tidak perlu beli router atau access point untuk membuat jaringan, cukup memanfaatkan yang sudah ada saja untuk membuat jaringan sendiri, tentunya Anda bisa bebas mengontrolnya sendiri.

Aplikasi WiFi PC

Nah pada kesempatan kali ini Kami sudah mengumpulkan 10 rekomendasi aplikasi WiFi untuk PC dan laptop yang bisa Anda gunakan. Pastikan sebelum menginstalnya komputer Anda memiliki perangkat jaringan WiFi, karena nantinya akan dipancarkan lewat perangkat WiFi komputer.

Berikut 10 rekomendasi aplikasi WiFi untuk PC terbaik:

  1.   Connectify
Connectify
Connectify

Rekomendasi aplikasi WiFi pertama adalah Connectify. Software ini bisa Anda download secara gratis dan bisa Anda pasang pada komputer/laptop. Aplikasi WiFi ini memiliki tampilan interface yang simpel sehingga memudahkan saat proses setting WiFi.

Fitur lain yang dimiliki Connectify ini mampu memancarkan WiFi dari jaringan WiFi maupun kabel jaringan. Anda juga bisa memberikan nama WiFi dan password sendiri. Aplikasi ini bisa Anda gunakan hanya 30 menit saja, biasanya otomatis terputus dan harus connect lagi. Jika ingin tidak ada batasan waktu Anda bisa membeli Connectify versi berbayarnya.

  1.   mHotspot
mHotspot
mHotspot

mHotspot ini aplikasi yang benar-benar gratis bisa Anda gunakan mulai dari versi Windows 7 sampai 10. Anda bisa membuat router sendiri dengan aman dan berbagi dengan banyak user. Aplikasi ini ukurannya sangat kecil hanya 400 KB saja.

Tampilan aplikasi ini juga simpel, maksimal client yang bisa terhubung maksimal 10 orang saja. Tentu ini sudah lebih dari cukup dan juga terdapat detail pengguna jaringan, jadi jika tidak mengenal Anda bisa mematikannya. Terdapat juga fitur untuk mengetahui jumlah data yang terpakai, sehingga bisa menjaga agar kuota internet Anda tetap aman.

Baca juga : Cara Menghasilkan Uang Dari Internet

  1.   Virtual Router
Virtual Router
Virtual Router

Sama seperti mHotspot, Virtual Router ini aplikasi pembuat WiFi gratis yang tersedia untuk seri Windows 7, Windows 8, Windows Server 2012 dan juga generasi Windows terbaru. Jaringan WiFi yang digunakan virtual router ini sudah menggunakan enkripsi WPA2, sehingga aman tidak ada yang bisa membobolnya.

Aplikasi WiFi ini cocok untuk Anda gunakan di kostan, rumah, sekolah, taman, sekolah, kantor dan dimana saja yang tidak tersedia jaringan WiFi.

  1.   Baidu WiFi HotSpot
Baidu WiFi HotSpot
Baidu WiFi HotSpot

Pasti Anda sudah tidak asing dengan nama Baidu? Iya benar Baidu adalah search engine saingan Google yang berasal dari China. Tidak hanya itu ternyata Baidu memiliki aplikasi untuk membuat hotspot pada laptop. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat WiFi dari laptop dengan mudah dan gratis.

Aplikasi ini masih mensupport mulai dari Windows XP lama sampai Windows 10. Bagusnya lagi Baidu ini tersedia dalam versi bahasa Indonesia, jadi untuk Anda yang terkendala dengan bahasa asing ini sangat membantu. Untuk urusan keamanan Baidu Hotspot sudah menggunakan kata sandi pengaman dan juga fitur untuk blokir pengguna.

  1.   MaryFi
MaryFi
MaryFi

MaryFi menjadi rekomendasi aplikasi pembuat WiFi gratis dari Kami selanjutnya. Aplikasi ini mendukung versi Windows 7 ke atas. Pengguna dapat dengan mudah membuat jaringan wifi sendiri dengan aman menggunakan enkripsi WPA2.

Bahkan aplikasi MaryFi ini bisa Anda menggunakan proxy dan juga VPN. Untuk kebutuhan game dengan jaringan LAN, aplikasi ini juga bisa Anda gunakan. Jika tertarik langsung saja download MaryFi langsung pada websitenya.

  1.   Virtual Router Plus
Virtual Router Plus
Virtual Router Plus

Mirip dengan aplikasi WiFi nomor tiga, yang membedakannya ada tambahan plusnya saja. Aplikasi ini sama dengan kebanyakan aplikasi WiFi lainnya, untuk urusan keamanan sudah menggunakan enkripsi WPA2. Yang membedakannya aplikasi Virtual router Plus ini tidak perlu melakukan instalasi dan ukurannya yang ringan.

  1.   MyPublicWiFi
MyPublicWiFi
MyPublicWiFi

Anda bisa mengubah komputer, PC, laptop, netbook, tablet menjadi perangkat WiFi. Siapapun yang lokasinya berdekatan bisa langsung terhubung dengan aplikasi MyPublicWifi. Fitur yang membedakannya dengan yang lain adalah adanya fitur Firewall, pelacakan URL browsing, manajemen bandwidth dan fitur Adblocker.

Baca juga : Cara Menstabilkan Jaringan Internet

  1.   Hosted Network Starter
Hosted Network Starter
Hosted Network Starter

Aplikasi WiFi selanjutnya bernama HostedNetworkStarter, ini termasuk aplikasi WiFi lama yang masih support untuk pengguna mulai dari Windows 7 sampai versi terbaru. Untuk fiturnya tidak berbeda jauh dengan aplikasi sejenisnya.

Jika ingin mendownload aplikasi WiFi HostedNetworkStarter ini Anda bisa membuka websitenya di nirsoft.net/utils/wifi_hotspot_starter.html, selain itu masih ada aplikasi lain gratis yang bisa Anda unduh secara cuma-cuma.

  1.   OSToto Hotspot
OSToto Hotspot
OSToto Hotspot

OSToto adalah aplikasi hotspot sederhana yang bisa membuat jaringan WiFi dengan mudah. Aplikasi dengan warna dominan biru ini memiliki kontrol panel yang mudah digunakan, Anda bisa melihat perangkat mana saja yang terhubung dan juga bisa memblokir perangkat yang tidak dikenal.

Silahkan dicoba dan bandingkan dengan yang lainnya kira-kira bagus yang mana.

  1.   Antamedia
Antamedia
Antamedia

Antamedia menjadi rekomendasi aplikasi pembuat WiFi terakhir, tetapi perlu dibedakan karena Antamedia ini lebih menyasar ke bisnis WiFi. Anda bisa menggunakan WiFi Antamedia untuk akses WiFi tamu, WiFi hotel, Wifi warnet, pusat game dan tempat jaringan WiFi lainnya.

Jika dilihat memang aplikasi Antamedia ini lebih cocok untuk bisnis jaringan WiFi, bukan untuk pemakaian pribadi. Untuk lebih lengkapnya mengenai fitur dan harga langsung saja buka websitenya di antamedia.com.

Kesimpulan

Nah demikianlah pembahasan mengenai 10 rekomendasi aplikasi WiFi terbaik untuk PC dan laptop. Untuk rekomendasi dari Kami yang pernah dicoba sampai saat ini Connectify, mHotspot dan juga Baidu Wifi Hotspot. Untuk selain itu Kami belum mencobanya.

Untuk Anda yang sudah mencoba silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah tentang kelebihan dan kekurangannya apa saja.

Sahabat Qwords perlu tahu bahwa selain menyajikan artikel-artikel menarik tentang IT, Qwords juga memiliki layanan penjualan domain hosting murah untuk keperluan blog dan website Anda. Jika Anda membutuhkan langsung saja buka website Kami di www.Qwords.com.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *