Bagi Anda para pengguna PC atau personal computer tentu sudah tidak asing lagi dengan fitur screenshot. Fitur tersebut tentu bisa Anda manfaatkan untuk melakukan pengambilan screen pada layar PC. Namun demikian, masih ada saja banyak orang yang belum mengetahui aplikasi screenshot PC terbaik saat ini.

Jika Anda saat ini sedang bingung mencari aplikasi screenshot PC yang terbaik, maka Anda berada di saat yang tepat. Di bawah ini merupakan beberapa ulasan mengenai macam-macam aplikasi screenshot. Pastinya, aplikasi-aplikasi tersebut bisa Anda gunakan secara gratis dengan ukuran yang tidak terlalu besar pula.

Apabila Anda ingin melakukan screenshot tanpa aplikasi, Anda juga bisa menyimak beberapa cara screenshot PC tanpa aplikasi di bawah ini!

Cara Screenshot PC Tanpa Aplikasi

Aplikasi Screenshot PC
Aplikasi Screenshot PC

Sebenarnya, cara ini merupakan cara screenshot PC tanpa aplikasi termudah dan tercepat yang bisa Anda lakukan. Anda bahkan tidak memerlukan gabungan tombol untuk beberapa model keybord. Namun jika untuk laptop umumnya diperlukan sedikit kombinasi. Cara melakukan screenshot ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan keyboard PC.

Anda hanya perlu menekan tombol Print Screen SysRq yang umumnya berada di sisi kanan keyboard. Jika Anda memakai keyboard standar maka umumnya untuk melakukan screenshot Anda hanya perlu menekan tombol itu saja. Kemudian screenshot bisa Anda ambil sesuai keperluan.

Macam macam Aplikasi Screenshot PC

Saat ini, ada banyak aplikasi screenshot PC resolusi tinggi maupun aplikasi screenshot panjang di PC yang bisa Anda gunakan. Macam-macam aplikasi tersebut seperti:

  1.       Snipping Tools
  2.       Jing
  3.       TinyTake
  4.       Dan masih banyak lagi

Beberapa aplikasi untuk screenshot PC di atas bisa Anda ketahui lebih lengkap informasinya pada ulasan di bawah ini!

Aplikasi Screenshot Terbaik PC

Umumnya, aplikasi screenshot PC akan menawarkan berbagai fitur bukan hanya sekedar menangkap tampilan layar. Misalnya dengan tersedia fitur penanda wilayah, mengirimkan ke media sosial, hingga integrasi ke layanan penyimpanan cloud. Lantas apa saja aplikasi yang layak dicoba tersebut? Berikut diantaranya:

1. Snipping Tools

Snipping Tool
Snipping Tool

Aplikasi screenshot PC ini tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Meski terlihat ketinggalan zaman, aplikasi yang satu ini cukup bisa diandalkan dengan baik dalam menangkap tampilan layar. Terlebih bagi Anda pengguna Windows 7,8, dan 10 umumnya sudah tersedia pada perangkat secara otomatis.

Untuk mengoperasikannya sendiri tidaklah sulit, Anda hanya perlu membuka aplikasi Snipping Tools, kemudian klik New, pilih area yang ingin ditangkap, kemudian pilih Save. Cukup mudah bukan? Hanya saja pada aplikasi screenshot PC ini memiliki fitur yang cukup terbatas.

Sebagai aksesoris, aplikasi ini hanya memiliki garis sederhana serta highlight yang tidak bisa menambahkan teks. Kemudian tidak tersedia pula pilihan cropping maupun efek bluring. Bisa dikatakan bahwa aplikasi ini memang cocok bagi Anda yang ingin melakukan screenshot apa adanya saja. Terlebih bagi Anda yang sudah terlanjur malas untuk download aplikasi lainnya.

2. Jing

Jing Screenshots
Jing Screenshots

Aplikasi yang satu ini memiliki cara pakai yang cukup simple. Tentu saja sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin berlama-lama untuk bisa melakukan screenshot. Mode capturenya sendiri hanya ada satu yakni Region. Namun pada aplikasi ini juga bisa Anda manfaatkan untuk menangkap foto maupun video.

Uniknya, aplikasi ini memiliki bubble warna oranye yang nantinya akan menempel pada sisi kanan komputer. Lewat bubble tersebut, Anda bisa melakukan pengambilan screenshot pada layar komputer hingga mengakses menu History dan Setting secara cepat.

Jika Anda sudah melakukan seleksi, maka Anda  akan dibawa ke panel editor yang cukup sederhana. Pada panel tersebut, Anda bisa memakai beberapa fitur lain yang tersedia. Seperti menambahkan arrow, frame, ataupun teks yang diinginkan. Terakhir, Anda bisa menyimpannya pada PC dan mengunggahnya melalui Screencast.

Baca juga : Cara Optimasi Gambar WordPress Agar Ukurannya Kecil

3. TinyTake

TinyTake
TinyTake

Aplikasi screenshot PC yang satu ini tak hanya bisa digunakan untuk menangkap foto. Anda juga bisa menggunakan TinyTake untuk menangkap video. Menariknya lagi, pada aplikasi ini juga memiliki fungsi sebagai webcam yang dapat menangkap wajah Anda saat berada di depan layar.

Fitur TinyTake sendiri masih tergolong sangat standar. Seperti bluring, cropping, line, arrow, rectangle, text, dan ellips. Hanya saja pada fitur teksnya meninggalkan frame warna putih yang tidak bisa Anda hilangkan.

Adapun beberapa kekurangan dari aplikasi ini adalah mengharuskan Anda untuk daftar terlebih dahulu sebelum memakainya. Tentu saja hal ini cukup ribet dan memakan banyak waktu. Terlebih jika suatu saat Anda lupa dengan passwordnya tentu akan sangat sulit saat melakukan recovery. Otomatis Anda perlu melakukan pendaftaran ulang dengan akun baru untuk bisa memakai aplikasi tersebut.

Namun TinyTake juga memiliki beberapa keunggulan. Selain Anda bisa menyimpannya di PC, Anda juga bisa mengunggah screenshot lewat server pribadi milik TinyTake. Anda juga diberikan tautan berbagi bahkan embed code yang bisa ditempelkan pada blog yang Anda miliki.

Itulah beberapa aplikasi yang bisa Anda jadikan pilihan saat ingin mengambil screenshot di PC. Masing-masing aplikasi memang memiliki kekurangan dan kelebihannya. Untuk itu, Anda bisa memakainya dengan mempertimbangkan kebutuhan seperti apa yang diperlukan.

Perlu diketahui bahwa Qwords tidak hanya menyajikan berbagai macam informasi menarik tentang dunia IT saja, melainkan memiliki layanan penjualan domain hosting murah untuk keperluan website atau blog Anda.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *