Remote PC merupakan fitur yang tersedia pada Komputer Windows untuk mengontrol Komputer dari jarak jauh dengan berbagai keperluan. Fitur remote PC ini juga memudahkan pekerjaan karena bisa diakses dari mana saja asal terhubung dengan jaringan internet.

Aplikasi remote PC ini sangat berguna untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk meremote komputer dari jarak jauh, bahkan antar negara sekalipun. Remote Komputer ini memungkinkan Anda mengontrol mouse dan keyboard Komputer target yang terhubung dengan dari lokasi yang berbeda.

Untuk bisa melakukan remote PC, Anda perlu menginstall software tambahan pada Komputer yang Anda remote dan Komputer Anda sendiri. Jika semuanya sudah ada tinggal menyambungkan saja. Saat ini kebanyakan kita semua hanya mengenal TeamViewer sebagai salah satu aplikasi remote Komputer paling terkenal.

Tetapi tahukah Anda bahwa masih ada banyak jenis aplikasi remote PC yang bisa Anda gunakan dan fiturnya lebih menarik. Apa saja itu? silahkan simak daftar 10 aplikasi remote PC berikut ini.

Daftar Aplikasi Remote PC

  1.       TeamViewer

TeamViewer menjadi aplikasi remote PC terbaik dan terfavorit. Tersedia di berbagai platform seperti Windows, Mac, Linux, Android dan iOS. Aplikasi TeamViewer ini bisa Anda dapatkan secara gratis dengan mengunjungi websitenya di TeamViewer.com.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk berkolaborasi dengan pengguna lain secara realtime, selain itu Anda juga bisa melakukan chatting, panggilan suara dan juga video call. Fitur lainnya seperti melakukan transfer file, modifikasi file dan kegiatan lainnya. tercatat sudah ada 45 juta pengguna TeamViewer dalam website resminya dengan download harian mencapai 400.000 lebih. 

  1.       Chrome Remote Desktop

    Chrome Remote Desktop
    Chrome Remote Desktop

Aplikasi remote desktop kedua rekomendasi dari Kami adalah Chrome Remote Desktop. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis untuk mendukung pekerjaan Anda menggunakan browser Chrome. 

Sesuai namanya aplikasi ini masih milik Google Chrome, Anda bisa gunakan untuk melakukan remote antar platform yang berbeda secara aman. Chrome Remote Desktop ini mendukung untuk operating system Windows, Linux, Mac, Android dan iOS. 

Untuk mendownloadnya bisa langsung saja menulis di browser dengan kata kunci “Chrome Remote Desktop”, nanti paling atas akan muncul website remotedesktop.google.com.

Baca juga : 5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kerja Remote

  1.       Microsoft Remote Desktop

Aplikasi selanjutnya adalah Microsoft Remote Desktop. Aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk sistem operasi dari Microsoft Windows dan perangkat Android saja.

Untuk fitur yang tersedia tidak berbeda dengan aplikasi remote PC sejenis seperti transfer file, modifikasi file, chatting, call dan lainnya. Jika pada Komputer Anda belum ada silahkan download terlebih dahulu Remote Desktop Assistant  pada link tersebut.

  1.       Join.me
Join.me
Join.me

Aplikasi remote Join.me juga tidak kalah menarik dengan aplikasi lainnya. Aplikasi Join.me buatan dari LogMeIn ini bisa Anda download secara gratis untuk sistem operasi Windows maupun Mac OS.

Aplikasi ini selain bisa untuk Anda gunakan meremote PC, Anda juga bisa menggunakan untuk meeting bersama team berjumlah 10 orang untuk versi freenya. Join.me juga tersedia fitur basic aplikasi remote seperti chatting, call, video call. Selain itu Anda fitur menarik seperti kustomisasi URL, kualitas audio yang lebih baik dan on click sharing screen.

  1.       Remote Utilities

Aplikasi remote utilities ini memiliki kelebihan dibanding yang lainnya yaitu Two Factor Authentication untuk setiap pengguna, jadi dari segi keamanan remote utilities ini lebih baik dibandingkan yang lainnya.

Untuk cara menggunakannya cukup mudah, pastikan kedua Komputer sudah terinstall aplikasi remote utilities. Kemudian Anda tinggal memasukan user ID dan password, tunggu hingga proses remote PC berhasil.

  1.       Ammyy Admin
Ammyy Admin
Ammyy Admin

Ammyy Admin memiliki kelebihan dibanding yang lain yaitu kemudahan dalam setting. Aplikasi remote Komputer ini juga ringan sekali, hanya berukuran 0.5MB saja.

Anda tinggal memasukan ID dari PC yang akan diremote dan connect. Ammyy admin bisa Anda gunakan untuk melakukan remote banyak Komputer sekaligus dalam satu waktu.

  1.       UltraVNC

UltraVNC atau UVNC merupakan aplikasi remote pc full gratis. Anda tidak perlu melakukan upgrade versi berbayarnya untuk menggunakan semua fiturnya, UltraVNC juga mendukung berbagai sistem operasi dengan versi lama sekalipun.

  1.       AeroAdmin

Rekomendasi aplikasi remote PC terbaik nomor 8 adalah AeroAdmin. Aplikasi ini sepenuhnya gratis bisa Anda gunakan dan tidak memiliki batasan jumlah Komputer yang diremote.

Untuk dukungan sistem operasi AeroAdmin bisa digunakan pada Komputer Windows, Linux dan MAC. AeroAdmin cocok digunakan untuk kebutuhan perusahaan besar atau instansi dengan jumlah Komputer yang banyak.

  1.       AnyDesk
AnyDesk
AnyDesk

AnyDesk menjadi salah satu software remote PC baru dibandingkan yang lainnya. Fitur yang baru dari AnyDesk ini yaitu kolaborasi dengan pengguna lain untuk melakukan remote Komputer dari jarak jauh.

AnyDesk ini juga bisa untuk merekam pada saat sesi remote. Jadi dari rekaman remote akses ini bisa Anda jadikan sebagai report kepada atasan sebagai laporan pekerjaan. AnyDesk juga termasuk ringan untuk digunakan karena ukurannya hanya 3 MB saja, silahkan download langsung pada website anydesk.com.

  1.   Monect

Software untuk remote PC yang terakhir rekomendasi dari Kami adalah Monect. Software ini bisa Anda gunakan untuk melakukan remote PC games, membuat presentasi, multimedia sharing dan file akses. Jika berminat langsung saja membuka websitenya di monect.com

Cara Melakukan Remote PC 

Dari 10 aplikasi remote PC terbaik diatas, Kami akan mencontohkan bagaimana cara melakukan remote PC dengan TeamViewer. 

Kenapa Kami memilih TeamViewer? Karena aplikasi ini memiliki jumlah pengguna lebih banyak daripada yang lainnya dan paling familiar. Berikut langkah-langkahnya:

  • Silahkan download dulu aplikasi TeamViewer, silahkan pilih yang “Download for free”, jika sudah sekalian lakukan instalasi TeamViewer.
Download TeamViewer
Download TeamViewer
  • Silahkan buka aplikasi TeamViewer, silahkan buka pada Remote Control > kemudian lihat “Your ID” dan “Password”.
Memasukan ID dan Password
Memasukan ID dan Password
  • Untuk memulai melakukan remote silahkan masukan pada “Partner ID” kemudian pilih “Remote Control”, atau Anda bisa melakukan “File Transfer”, kemudian silahkan tekan “Connect”, Anda akan diminta untuk memasukan password, silahkan masukan dan tunggu prosesnya.
  • Selamat Anda berhasil melakukan remote Komputer.

Nah demikianlah pembahasan mengenai 10 aplikasi remote PC dan cara menggunakannya, jika Anda mengalami kendala silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah.

Perlu diketahui bahwa Qwords selain menyajikan informasi tentang bidang IT, Qwords juga memiliki layanan penjualan domain murah dan WordPress hosting untuk website Anda, silahkan buka website Kami di Qwords.com dan dapatkan penawaran promo menariknya.

Terima kasih

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *