Software Microsoft Office 365 bisa dibilang menjadi tools kerja pendukung produktifitas yang paling banyak digunakan saat ini. Tingginya aksesbilitas, fungsi, serta relatif terjangkaunya harga lisensi menjadi alasan kuat yang mendasari hal ini.

Popularitas Microsoft Office 365 juga kian melejit seiring kian masivenya trend bekerja secara mobile dan BYOD (Bring Your Own Device) dengan membawa perangkat kerja sendiri. Jadi, rasanya kurang afdol jika kita tidak mengetahui tips dan trik cara menggunakan software berbasis cloud ini untuk meningkatkan produktifitas sehari-hari.

Apa Itu Microsoft Office 365?

Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja dengan Office 365
Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja

Microsoft Office 365 adalah software atau aplikasi penunjang produktifitas kerja yang sepenuhnya menggunakan teknologi berbasis cloud. Berbeda dari cara kerja Microsoft Office biasa, Office 365 sepenuhnya terkoneksi ke jaringan internet sehingga mampu memberikan efisiensi kerja meskipun berada di tempat berbeda-beda.

Baca juga: 10 Tips Work From Home Yang Produktif

Penggunaan teknologi cloud juga memudahkan user untuk saling berbagi data. Tak perlu memindahkan lewat flashdisk atau mengupload secara manual melalui surel, untuk berbagi data Anda hanya perlu memberikan akses kepada sang penerima.

Software Microsoft Office 365 terdiri dari beberapa fungsi pengolah data, misalnya seperti Word, PowerPoint, Outlook, Excel, Onenote, Access dan Publisher. Sangat lengkap dan dapat diinstal ke beberapa perangkat sekaligus untuk memudahkan pengguna dalam mengolah data dimanapun berada.

Platform Microsoft Office 365 sejatinya memang dirancang untuk mengakomodir mobilisasi pengguna. Sehingga di masa pandemi corona covid-19 seperti saat ini sangat pas digunakan oleh perusahaan yang memiliki banyak karyawan.

Keunggulan Microsoft Office 365

 

  • Fungsi Lengkap

Dalam satu lisensi terdiri dari beragam aplikasi penglah data.

  • Cocok Untuk Pekerja dengan Mobilitas Tinggi

Trend anak muda yang hobi bekerja di warung kopi membuat aplikasi ini cocok dijadikan software pendamping untuk menunjang aktifitas kerjasehari-hari.

  • Sepenuhnya Terkoneksi Ke Cloud

Sebagai aplikasi modern, Microsoft Office 365 telah sepenuhnya terintegrasi dengan cloud tool seperti Microsoft Teams, Skype for Business, atau OneDrive sehingga memudahkan pengguna dalam melakukan proses penyimpanan maupun berbagi data antar sesama pengguna.

 

Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja dengan Office 365

1.Gunakan Fitur Asisten Penjadwalan (Scheduling Assistant)

 

Fitur Asisten penjadwalan adalah solusi terbaik untuk memangkas waktu tidak produktif ketika kita ingin mengatur jadwal rapat atau pertemuan dengan banyak orang. Di dalam Microsoft Office 365 untungnya terdapat fitur ini sehingga kita bisa mengetahui apakah seseorang sedang sibuk, bebas, atau sedang mengerjakan projek lain. Sebagai pihak yang mengatur dan menentukan jadwal, Anda tidak perlu menanyakan satu persatu karena kondisi mereka bisa dilihat dari status yang ada pada aplikasi Microsoft Office 365.

 

2. Non-Aktifkan Akun Lama

 

Tak diragukan lagi, Microsoft Office 365 mendorong tim Anda untuk menjadi kolaboratif dan fungsional. Akan tetapi, sangat penting bagi pengguna untuk tidak mengabaikan manajemen akun karena berisiko membahayakan informasi dan keamanan dokumen.

Salah satu tips manajemen akun yang baik adalah dengan menghapus akses akun yang tidak digunakan. Entah itu akun karyawan yang sudah resign, atau akun lama yang sudah tidak digunakan. Hal ini untuk memastikan agar aplikasi bisa bekerja secara optimal.

 

3. Tetap Nyalakan Sinkronisasi

 

Sebagaimana sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, salah satu keunggulan Office365 adalah ketersediaan teknologi cloud computing yang memungkinkan dokumen bisa diakses secara online. Agar hasil pekerjaan Anda bisa terintegrasi oleh karyawan lain, maka Anda harus tetap menyalakan mode sinkronisasi, sehingga data yang sudah dikerjakan bisa diakses oleh orang lain secara real time.

Fitur ini juga turut menghilangkan potensi kehilangan data akibat terlalu sering tukar email file dokumen. Jadi, tips ini sangat dianjurkan jika Anda merupakan salah satu pegawai yang setiap hari terbiasa memproses dokumen.

 

4. Gunakan Shortcut Pada Keyboard

 

Shortcut atau pintasan yang ada pada tombol keyboard merupakan jurus rahasia bagi para pekerja yang sehari-hari berkubungan dengan entry data. Anda bisa meniru tips ini sebagai senjata Anda ketika mengoperasikan Office365 karena tombol dan fungsi-sungsinya hampir sama.

Selain memangkas waktu untuk menuju ke menu tertentu, penggunaan shortcut juga mamu mengurangi intensitas dalam menatap layar yang tidak baik untuk kesehatan mata.

 

Cara Mudah Mendapatkan lisensi Microsoft Office 365

 

Kabar gembira bagi Anda, untuk mengakomodir kebutuhan produktifitas selama work from home (WFH) Qwords.com menyediakan paket lisensi Microsoft Office365 yang bisa Anda dapatkan mulai saat ini juga. Dengan menggunakan paket layanan Microsoft 365 dari Qwords.com, Anda otomatis akan mendapatkan layanan customer support prima serta berbagai pilihan paket pembayaran menarik yang bisa disesuaikan dengan budget serta kebutuhan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera nikmati kemudahan akses mengolah data secara kolaboratif yang sudah didukung dengan teknologi cloud computing sekarang juga.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *