Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Rekomendasi 10+ Aplikasi Desain Rumah Offline Terbaik

3 min read

Aplikasi Desain Rumah Offline

Anda sedang bingung mencari referensi desain rumah yang menarik tetapi tidak ingin menyewa seorang arsitek? Nah artikel ini sangat pas sekali. Anda bisa mendesain rumah sendiri dengan bantuan aplikasi desain rumah.

Jika zaman dulu untuk mendesain sebuah rumah diperlukan seorang arsitek yang berpengalaman untuk mendesain rumah. Zaman sebelum ada komputer semua arsitek mendesain pada bidang kertas, sehingga dari proses desain memakan waktu yang lama dan ini tidak mudah hanya bisa dilakukan seorang arsitek saja.

Namun sekarang ini dengan perkembangan teknologi komputer yang serba canggih, semua orang bisa mendesain rumah impian mereka sendiri dengan bantuan aplikasi desain rumah. Tidak perlu background pendidikan teknik Anda sudah bisa mendesain rumah, tinggal menggunakan software desain rumah untuk PC atau laptop saja.

Ada banyak sekali aplikasi desain rumah offline dan gratis yang bisa Anda gunakan. Tentunya setiap aplikasi satu dengan lainnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pastikan sebelumnya spesifikasi komputer atau laptop yang Anda gunakan sesuai dengan spesifikasi minimum software desain agar kinerjanya maksimal.

Aplikasi Desain Rumah Offline

Nah berikut kami memberikan rekomendasi aplikasi desain rumah offline terbaik yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber:

1. Google Sketchup

Google Sketchup
Google Sketchup

Google tidak hanya sebagai mesin pencari saja, Google ternyata memiliki aplikasi desain rumah bernama Google Sketchup. Pasti banyak yang belum mengetahui akan hal ini. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis untuk PC dan laptop, jika Anda tertarik bisa langsung saja mendownloadnya.

Untuk urusan fitur tidak perlu ragu lagi dengan aplikasi buatan google ini. Desain yang Anda buat dengan Google Sketchup ini baru sketchup mentah ya, Anda tidak bisa menambahkan berbagai furniture dan perabot lainnya dalam desain.

2. Sweet Home 3D

Sweet Home 3D
Sweet Home 3D

Sesuai namanya aplikasi ini menyediakan fitur 3D untuk desain rumah offlinenya. Aplikasi ini sudah banyak digunakan terutama bagi para kalangan desainer. Ada banyak sekali plugin dan fitur yang tersedia pada aplikasi Sweet Home 3D.

Manfaat fitur 3D ini Anda bisa membuat video room tour ruangan yang sudah Anda desain, sehingga Anda bisa seolah-olah masuk dalam rumah tersebut. Aplikasi ini menjadi salah satu desain rumah PC offline terbaik yang paling kami rekomendasikan.

3. Punch!

Punch
Punch

Aplikasi desain rumah ini memiliki kualitas yang terbaik bahkan bisa dibilang mirip dengan aslinya. Gambar yang ditampilkan bisa benar-benar nyata dan sempurna sehingga jika ada klien yang ingin melihat secara detail bisa merasa yakin.

Tetapi aplikasi desain rumah Punch! Ini tidak tersedia dalam versi gratis, harganya terbilang mahal tetapi sebanding dengan kualitas yang Anda dapatkan. Aplikasi desain ini mendukung untuk pengguna komputer dan laptop yang menggunakan OS Windows.

4. DreamPlan

DreamPlan
DreamPlan

Aplikasi desain rumah offline selanjutnya bernama DreamPlan. Aplikasi ini tersedia khusus untuk pengguna desktop computer Windows dan juga Mac OS. Anda bisa menambahkan berbagai hiasan interior dan eksterior rumah dengan gambar sehingga desain bisa terlihat lebih nyata. Untuk versi aplikasi desain rumah gratisnya bisa Anda gunakan secara bebas, asal bukan untuk keperluan komersial.

5. ArchiCAD

Archicad
Archicad

Selain Sweet Home 3D, banyak para arsitek profesional yang menggunakan software ArchiCAD ini. Software ini terbilang lebih rumit dalam penggunaannya tetapi fiturnya sangat lengkap. Makanya banyak para arsitek yang menggunakan software ini, bahkan untuk mahasiswa jurusan arsitek dalam praktek mendesainnya menggunakan software ini. Tertarik? Silahkan download langsung saja.

6. Energy3D

Energy3D
Energy3D

Sesuai namanya aplikasi Energy3D menyediakan fitur gambar rumah secara 3D. Aplikasi menyediakan berbagai komponen yang lengkap untuk keperluan desain rumah. Gambar yang dihasilkan hanya sebatas sketsa desain saja. Aplikasi ini mendukung fitur eksport gambar desain format PNG. Software ini tersedia secara gratis, Anda bisa bebas mendownloadnya  dengan support OS Windows, Mac dan juga Linux.

7. Home Designer Suite

Home Designer Suite
Home Designer Suite

Rekomendasi aplikasi desain rumah offline selanjutnya adalah home designer suite. Aplikasi ini menyediakan desain gambar dengan pilihan 2D dan 3D sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa mendesain interior dan eksterior dengan berbagai bahan dan motif yang sesuai dengan keinginan.

Home design suite juga menyediakan template desain rumahan, jadi Anda tinggal merubah tata letak dan desain saja menurut keinginan Anda. Jika tertarik Anda bisa mendownloadnya langsung dan mencobanya.

8. Softplan

Softplan
Softplan

Software desain selanjutnya bernama softplan. Software ini memiliki fitur lengkap yang cocok untuk kebutuhan seorang arsitektur. Selain untuk desain rumah kita juga bisa mengkalkulasikan biaya yang dikeluarkan, jadi Anda bisa mengkalkulasikan seluruh biaya yang akan Anda keluarkan.

Jadi bagaimana tertarik mencoba? Selain mendesain Anda juga bisa mengetahui biayanya. Aplikasi ini bisa Anda coba secara trial untuk mencoba semua fiturnya, silahkan langsung saja download ke website resminya.

9. Home Designer Architectural

Aplikasi nomor sembilan ini untuk pengguna Mac OS dan juga Windows, namanya Home Designer Architectural. Aplikasi desain offline ini tersedia dalam versi berbayar, tetapi tersedia juga versi trial untuk Anda yang ingin mencobanya.

Aplikasi ini cocok untuk semua kalangan, tidak hanya sebatas untuk kalangan professional saja, untuk yang masih belajar mendesain rumah juga cocok karena sudah tersedia modul pembelajaran yang lengkap dari pihak developer aplikasinya.

10. Microstation

Microstation
Microstation

Microstation menjadi aplikasi desain rumah dengan tampilan yang sederhana sehingga untuk Anda yang awam sekalipun pasti bisa menggunakannya. Anda bisa mendesain rumah secara offline dengan sketsa 3D dan juga menambahkan objek-objek pada desain. Tersedia banyak sekali komponen-komponen yang mendukung untuk desain interior maupun eksterior keperluan rumah.

Selain 10 aplikasi desain rumah offline diatas sebenarnya masih ada banyak aplikasi lainnya seperti Homestyler, MyVirtualHome, Chief Architecture, AutoCAD Architecture, AutoDesk Revit dan lainnya.

Selain offline, bagi Anda yang terkendala masalah spesifikasi komputer yang rendah, tersedia juga aplikasi desain rumah online tanpa harus install software pada komputer. Contohnya seperti Planner 5D, Houzz Interior Design Ideas, Home Design 3D, Design Home, Home Planner for IKEA dan lainnya.

Nah untuk menampilkan hasil karya desain rumah yang Anda miliki, coba promosikan dengan website. Anda bisa membuka jasa desain rumah, kost, apartemen dan kebutuhan properti lainnya.

promo domain .com
promo domain .com

Jangan lupa untuk urusan pembelian domain dan hosting percayakan pada Qwords yang sudah berpengalaman menangani puluhan ribu klien.  Tunggu apalagi pesan sekarang juga dan kembangkan bisnis jasa desain rumah mu sekarang juga.

Terima kasih

Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *