9 Aplikasi Database Terbaik, Mana yang Anda Pilih?

3 min read

Aplikasi database

Database atau basis data merupakan kumpulan data yang sudah terorganisir dengan baik dalam bentuk skema, tabel, objek, view, query, dan lain sebagainya. Saat ini sendiri ada beberapa aplikasi database terbaik yang bisa Anda gunakan. Beberapa aplikasi tersebut diantaranya menjadi yang paling populer. Meskipun umumnya memiliki tampilan serta tombol menu yang berbeda namun tetap memiliki fungsi yang sama.

Apa Itu Database

Aplikasi database
Aplikasi database

Apa itu database? Database (basis data) adalah kumpulan dari berbagai data maupun informasi yang sudah tersusun dan tersimpan dalam komputer secara sistematik dan dapat diolah/manipulasi menggunakan program komputer untuk memperoleh informasi dari data tersebut.

Umumnya, perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola database dikenal dengan sebutan database management system. Istilah database sendiri mengacu pada koleksi data yang semuanya saling terkait satu dengan yang lain. Tujuannya yakni bisa digunakan untuk mengelola data agar lebih efisien dan juga efektif.

Macam-macam Aplikasi Database

Ada beberapa aplikasi database yang bisa Anda gunakan. Beberapa aplikasi tersebut antara lain:

1.  MySQL

MySQL
MySQL

Merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer diantara aplikasi lain database. Aplikasi yang satu ini memiliki sifat open source serta bisa Anda gunakan untuk membuka platform dengan baik tanpa mengalami gangguan. MySQL sendiri bisa Anda gunakan sebagai sistem operasi dari Linux, Windows, mac OS X, dan masih banyak lagi. Terlebih, aplikasi ini juga bersifat network, sehingga Anda bisa menggunakannya dengan multi user.

2.  MariaDB

Merupakan sebuah aplikasi yang dikembagkan oleh sistem basis data yang sama dengan aplikasi MySQL. Mereka menyebutkan alasan mengapa mengembangkan aplikasi ini karena sebagai bentuk kekhawatiran pada Oracle Corporation. Adapun tujuan dikembangkannya MariaDB adalah mempertahankan dan menjaga kompatibilitas tinggi terhadap MySQL.

3.  Microsoft SQL Server

Microsoft SQL Server
Microsoft SQL Server

Aplikasi database yang satu ini tentu sudah Anda ketahui. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi basis data yang berasal dari Microsoft. Bahasa database yang digunakan tersebut adalah Transact-SQL yang merupakan gabungan dari SQL standar ISO/ANSI. Memang bahasa ini merupakan bahasa yang populer dan banyak digunakan oleh Sybase ataupun Microsoft.

Pada mulanya, Ms. SQL Server merupakan data yang digunakan untuk database skala menengah atau kecil. Namun saat ini Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk database dengan skala yang lebih besar. Adapun beberapa kelebihan jika Anda menggunakan aplikasi yang satu ini adalah dapat digunakan oleh banyak platform, mempunyai tipe data banyak, database cukup banyak, dan lain sebagainya.

Baca juga : Faktor Memilih Database Server

4.  Oracle Database

Aplikasi ini merupakan aplikasi database terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan data dengan skala besar. Anda bahkan bisa menggunakannya untuk menyimpan data hingga ukuran terabyte. Saat ini pun ada banyak orang yang menggunakan aplikasi ini. Alasannya karena dapat menyimpan dalam jumlah besar selain itu juga mudah didownload.

Pada aplikasi ini juga memiliki versi gratis serta tampilan yang sesuai dengan Anda yang baru saja terjun ke dunia database.

5. PostgreSQL

PostgreSQL
PostgreSQL

Aplikasi database selanjutnya adalah PostgreSQL. atau yang lebih sering dikenal dengan nama PostgreSQL. Aplikasi ini merupakan aplikasi basis data yang bersifat data relasional sehingga bisa digunakan untuk menyimpan hingga mengembalikan data dengan aman. Aplikasi ini sendiri mampu merespon perintah dari perangkat lunak atau aplikasi yang lain.

Anda pun bisa menggunakan aplikasi ini dengan lebih ringan, meskipun digunakan oleh banyak pengguna. Perlu diketahui juga bahwa pengguna yang mempunyai macOS Server, aplikasi PostgreSQL adalah database default. Hal ini berarti aplikasi basis data yang satu ini memang sudah terinstall dan bawaan dari OS tersebut.

6.  SQLite

Aplikasi database lainnya adalah SQLite. Aplikasi yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin mempunyai data yang terstruktur. Anda bahkan bisa memanfaatkannya sebagai caching serta menyediakan data dari cloud. Bagi Anda yang juga suka dengan data dalam bentuk kolom dan baris maka gunakan saja aplikasi yang satu ini.

7. DBeaver

DBeaver
DBeaver

Merupakan sebuah aplikasi yang mempunyai mode graphical atau GUI. Anda pun bisa mendapatkan versi Community Edition ataupun versi yang berbayar. Adapun beberapa fitur menarik yang disediakan adalah dukungan banyaknya platform serta kemampuan menulis berbagai file ekstensi (plugins).

8.  MongoDB

Aplikasi basis data yang satu ini memiliki cara kerja yang berorientasi pada open source serta cross platform. Tak hanya itu, aplikasi ini juga digolongkan sebagai aplikasi dengan basis data NoSQL sehingga cara kerjanya pun memakai prinsip yang hampir sama dengan JSON (aplikasi database lain).

9.  Apache Cassandra

Apache Cassandra
Apache Cassandra

Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi yang bersifat cluster. Aplikasi ini sendiri memiliki benchmark yang bisa digunakan dengan lebih baik jika dibandingkan dengan NoSQL lainnya. Aplikasi database yang satu ini juga dapat menjamin keamanan data saat perangkat Anda mati. Tak hanya itu, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan tim pendukung yang sangat profesional dalam keperluan enterprise.

Beberapa aplikasi di atas merupakan aplikasi database terbaik yang bisa Anda pilih. Kini Anda bisa memilih satu dari beberapa aplikasi di atas untuk menyimpan berbagai keperluan database yang Anda miliki.

Untuk mendukung database yang anda gunakan, kami memiliki rekomendasi layanan hosting terbaik dari Qwords dengan harga yang murah. Kapasitas hosting juga tersedia banyak pilihan terutama untuk Anda yang membutuhkan penyimpanan data yang besar. Tunggu apalagi miliki hostingmu sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *